Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Digital Bermuatan Budaya Bangka Belitung Untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan siswa dan pembelajaran sebagai dasar pengembangan media pembelajaran digital bermuatan budaya Bangka Belitung dari aspek kurikulum, peserta didik, proses pembelajaran, dan studi literatur yang relevan pada peserta didik sekolah dasar berdasarkan analisis kurikulum, karakteristik peserta didik, dan analisis kebudayaan Bangka Belitung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan informasi dan data dalam bentuk pedoman observasi, wawancara dan studi literatur. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah dan peserta didik di SD Negeri Kecamatan Pangkalanbaru. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dokumentasi, terdapat kebutuhan yang jelas untuk pengembangan media pembelajaran berbasis digital, khususnya pengembangan media pembelajaran digital yang diperlukan dalam penyampaian materi budaya Bangka Belitung, seperti rumah adat, pakaian adat, dan makanan tradisional, yang diintegrasikan dalam pembelajaran dengan berbagai mata pelajaran di sekolah dasar. Dengan penggunaan desain yang menarik dan interaktif, media ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi peserta didik, serta memperkenalkan kearifan lokal kepada generasi muda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. (2016). Pengaruh mind map dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85-92.
Anjasti, A. D., Alawiyah, N., & Sari, W. K. (2024). Pengembangan Modul Digital Bermuatan Cerita Pendek Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Pokok Asam Basa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 37–47. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.356
Eka Wulandari Astriyanti, Mujahid Rayid, & Arif Hakim. (2023). Efektivitas Media Pop Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran PAI. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 143–148. https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i2.3058
Erian Fatria. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Menngkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 6(2), 71–84.
Haslinda, F., Maghfiroh, N., & Fadillah, S. R. (2022). Buku Digital Sebagai Media Pengembangan Literasi. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 576, 576–584.
Hendrik, M., & Pramesti, D. (2021). Kerja Sama Antara Guru dengan Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2b), 921-934.
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-48.
Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138-146.
Laksono, E. B., Suyoto, S., & Sulastri, S. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik DalamPenerapan Kurikulum Merdeka Di Kelas 4 SDN Pandean Lamper 1. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1534-1538.
Maitsa Sajidah, Mita Chairunnisa Rahman, Rinanda Achirani Dewi, Sofi Nur Kamilah, & Neneng Sri Wulan. (2023). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Melalui Literasi Digital. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 171–182. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.821
Marinda, Leny. 2020. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anaka Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Peremuan & Keislaman, 13(1).
Martahayu, V., & Yuanita, Y. (2021). Penyuluhan Kesehatan Di Masa Pandemi Dan New Normal Menggunakan Media Edukatif Berbasis Audio Visual. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 6-10.
Nasir, R., Nurjannah, S., Frensiska Amanda, N., Adria, & Nofianti. (2023). Buku Ilustrasi Digital sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa dalam Bahasa Inggris. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 394–404. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.336
Pornpimon, C., Wallapha, A., & Prayuth, C. (2014). Strategy Challenges the Local Wisdom Applications Sustainability in Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112(Iceepsy 2013), 626–634. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1210
Rizki, W., & Sulasmono, B. S. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081
Rizal, M. F., Rahmawati, C., Kristianto, H., Lazulfa, I., Salamah, E. R., Kristofer, T., ... & Kom, M. (2024, December). Aabata Berbasis Game Based Learning Sebagai Inovasi Peningkatan Bahasa Arab Generasi Alpha. In Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK) (Vol. 8, pp. 354-360).
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134-140.
Widyaningrum, A., Ghufron, S., Kasiyun, S., & Mariati, P. (2022). Efektivitas Pembelajaran Isi Cerita dengan Menggunakan Media Pop-Up Book Ceri pada Siswa Kelas IV SDN Medaeng 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 5325–5336.
Jannah, Feryana N. Miftahul, et al. "Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Dasar 11.1 (2023): 138-146.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i2.18094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .