Implementasi Experiental Learning Pendidikan Progressive Oleh Kelompok Bermain Lentera Hati Untuk Mewujudkan Pendidikan Layak Anak
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan praktik Kelompok Bermain Lentera Hati dalam mewujudkan pendidikan layak anak pada usia dini dengan menggunakan analisis teori experiental learning pendidikan progressive John Dewey. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kekerasan yang masih ditemukan dalam pola asuh terhadap anak sehingga pemenuhan terhadap hak-hak anak tidak sempurna khususnya di Desa Kesuben, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara kepada pihak yang terkait, observasi partisipatoris, dan dokumentasi. Untuk mengambil sample dalam penelitian ini digunakan teknik purposive sampling. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukan kesesuaian data antara praktik pembelajaran yang dilakukan oleh Kelompok Bermain Lentera Hati dalam memenuhi pendidikan layak anak dengan teori experiental learning pendidikan progressive John Dewey. Pendidikan yang diberikan secara penuh memperhatikan perkembangan anak dari berbagai aspek. Kelompok Bermain Lentera Hati memberikan metode belajar diluar kelas dengan memberikan pengalaman bermakna yang sesuai dengan konsep dasar dari experiental learning itu sendiri.
Kata Kunci : experiental learning, hak-hak anak, pendidikan layak anak
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. L. (2018). Play-Based Learning Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perpektif Progresisme. Jurnal Al Athfal, 1(2)
Arifin, Nur. (2020). Pemikiran Pendidikan John Dewey. Jurnal Bimbingan dan Konseling As-Syari, 2(2), 204-219 https://doi.org/10.47467/as.v2i2.128
Aseleo, K,. Ufi, D, T,. Naisanu, M,. Nigha, J, M,. Rita. (2024). Trauma Healing Terhadap Anak Korban Kekerasan dengan Pendekatan Mental-Spiritual. Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora, 3(2), http://dx.doi.org/10.32938/jpsh.v3i2.7866
Dewey, John. (1998). Experience and Education. Indiana: Kappa Delpa Pi
Dewey, John. (2004). Experience and Education. Bandung: Teraju (terjemahan)
Hasan, M., Nasution., Sofyan., Guampe, F.A., Rahmah, N., Mendo, A.Y., dkk. (2023). Pendidikan dan Sumber Daya Manusia: Menggagas Peran Pendidikan Dalam Membentuk Modal Manusia. Tahta Media Group
Isnaini, M. (2022). Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Para Ahli Pendiidkan Islam dan Barat: Analisis Komparasi. Jurnal of Islamic Education, 3(2).
Karsidi, Ravik. (2005). Sosiologi Pendidikan. Surakarta: UNS Press
Maulidin, S. & Janah, S. W,. (2024). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Religius Pada Anak Usia Dini: Studi di PAUD Laskar Pelangi Srikaton. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Margareta, T, S,. & Melinda, P,. (2020). Kekerasan Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Anak Umur 6-7 Tahun di Kertapati). Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4386
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya
Pertiwi, A. D, & Triana, L. (2021). Dampak Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Yang Pernah Mengalami Kekerasan Dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1), 1860–1864.
Purwaningsih, C. & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439-2452
Ramdhani, M. Ali,. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal pendidikan Universitas Garut, 8(1) https://doi.org/10.52434/jp.v8i1.69
Reswita, & Bernadet Buulolo. (2023). Dampak Kekerasan Verbal di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan, 2(1), 9–22. https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i1.176
Simanjutak, J.N., Setyawati, E., Anakota, E., & Lesilolo, H.J. (2024). Membentuk Kedisplinan dan Motivasi Belajar Mahasiswa: Study Berdasarkan Pemikiran John Dewey. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran, 4(2) https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2826
Sugiyanto. (2012). Pengaruh Gaya Belajar Experiental Learning Dalam Peningkatan Prestasi Akademik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 14(2)
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Wahyuningsih, S. Endah, dkk. (2023). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga. Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 3(2), 147-167
Wasitohadi. (2014). Hakekat Pendidikan dalam Perspektif John Dewey. Jurnal Satya Widya, 30(1), 49-61 https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61
Wulandari, T. (2020). Teori Progressivisme John dewey dan Pendidikan Partisipatif dalam Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Kependidikan Islam At-Tarbawi, 5(1) https://doi.org/10.22515/attarbawi.v5i1.2221
Zahroo, F., & Herawati, N.R. (2022). Strategi Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Anak Di Kabupaten Tegal Tahun 2020. Jurnal Of Politik And Gonverment Studies, 11(2), 170-184 https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/33342
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i2.17958
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .