Pengaruh Pelatihan Finding Career Direction Terhadap Goal Setting Siswa SMA

Jihan Tika Putri, Latifah Nur Ahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan Finding career direction dalam meningkatkan keterampilan penentuan tujuan karier pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif dengan desain pre-test dan multiple post-test yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pelatihan dirancang berdasarkan teori penentuan tujuan dengan lima aspek utama, yaitu self-efficacy, importance, task complexity, goal commitment, dan feedback. Sebanyak 54 peserta dibagi rata menjadi dua kelompok dan diukur menggunakan skala penentuan tujuan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor yang signifikan pada kelompok eksperimen dari tahap pre-test ke tahap post-test, serta kestabilan skor pada tahap tindak lanjut. Sebaliknya, pada kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Perubahan skor tersebut menunjukkan bahwa pelatihan efektif dalam meningkatkan kesadaran diri, komitmen, dan motivasi siswa dalam menentukan tujuan karier. Temuan tersebut menunjukkan bahwa pelatihan yang terstruktur dan berbasis pengalaman dapat memperkuat aspek-aspek penting dalam proses penentuan tujuan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan Finding career direction efektif dalam meningkatkan penentuan tujuan pada siswa SMA.

Keywords


goal setting; pelatihan; siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Indonesia. (2023). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,45 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,94 juta rupiah per bulan. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/05/05/2001/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-45-persen.html

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2024). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan, 2021-2023. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/unemployment-rate-by-education-level.html

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy : The Exercise of Control. In The Routledge Handbook of the Psychology of Language Learning and Teaching (pp. 100–111). https://doi.org/10.1177/0032885512472964

Bangkit, J. R., Fitriana, S., & Widiharto, C. A. (2019). Mind Mapping untuk Pengembangan Perencanaan Karir. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.24905/jcose.v2i1.50

Fitriyani, R., & Sugiyo. (2022). Hubungan antara self-efficacy dan goal orientation dengan self-regulated learning pada siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 1–7. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.

Hirschi, A. (2012). The career resources model: An integrative framework for career counsellors. British Journal of Guidance and Counselling, 40(4), 369–383. https://doi.org/10.1080/03069885.2012.700506

Hurlock, E. (2004). Psikologi Perkembangan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penerbit Erlangga.

Johnson, D., & Johnson, F. (1991). Joining together: Group theory and group skills.

Laila Wahyuni, C., Nurdin, S., Program Studi Bimbingan Konseling, N., & Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, F. (2018). Kematangan Karir Siswa Sma Negeri 1 Bandar Dua Pidie Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(4), 10–18.

Locke, E. A., & Latham, G. (1990a). A Theory of Goal setting & Task Performance.

Locke, E. A., & Latham, G. (1990b). Goal SETTING.

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2002). Building a practically useful theory of goal setting and task motivation: A 35-year odyssey. American Psychologist, 57(9), 705–717. https://doi.org/10.1037/0003-066X.57.9.705

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2013). New Developments in Goal setting and Task Performance. In New Developments in Goal setting and Task Performance. https://doi.org/10.4324/9780203082744

Lutfianawati, D., Nugraha, R. S. P., & Rachmahana, R. S. (2013). Pengaruh Pelatihan Goal setting Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 5(2), 125–138. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art8

Martins van Jaarsveld, G., Wong, J., Baars, M., Specht, M., & Paas, F. (2024). Goal setting in higher education: how, why, and when are students prompted to set goals? A systematic review. Frontiers in Education, 9(January), 1–17. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1511605

Nanda Fitriastuti, Dewi Mustami’ah, & Lutfi Arya. (2021). Self-Efficacy, Goal Orientation Dan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Poseidon, 4, 47–61. https://doi.org/10.30649/jpp.v4i2.61

Noe, R. A. (2023). Employee Training and Development, 9th edition. In Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology.

Ramadani, D. N., & Muhid, A. (2022). Efektivitas pelatihan perencanaan karier untuk meningkatkan career decision self-efficacy pada fresh graduate: literature review. Jurnal Psikologi Tabularasa, 17(1), 56–63. https://doi.org/10.26905/jpt.v17i1.8107

Salas, E., Fowlkes, J. E., Stout, R. J., Milanovich, D. M., & Prince, C. (2017). Does CRM training improve teamwork skills in the cockpit?: Two evaluation studies. Crew Resource Management: Critical Essays, 41(2), 247–264.

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa-Hidup. Jilid 1. (N. I. Sallama (ed.)). Penerbit Erlangga.

Setiawan, N. A. (2017). Pengaruh Pelatihan Penetapan Tujuan (Goal setting) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Islam pada Mahasiswa. Al-AdYan, 12(1), 31–51.

Vasalampi, K., Salmela-Aro, K., & Nurmi, J. E. (2009). Adolescents’ self-concordance, school engagement, and burnout predict their educational trajectories. European Psychologist, 14(4), 332–341. https://doi.org/10.1027/1016-9040.14.4.332

Yan, Z., Xiang, Y., & Huang, Y. (2024). Social Life Simulation for Non-Cognitive Skills Learning. 1(1). http://arxiv.org/abs/2405.00273

Zakariyya, F., & Koentjoro, K. (2019). Pelatihan “Goal setting” untuk Meningkatkan Orientasi Masa Depan pada Siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 3(3), 136. https://doi.org/10.22146/gamajpp.44081




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i2.17886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya