Pengaruh Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar di SMP Negeri 2 Surakarta
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Surakarta untuk mengatasi rendahnya motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan efektivitas penggunaan aplikasi Canva dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah kombinasi (Mixed Method) dengan pendekatan sekuensial menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas 7C (31 siswa) dan Kuasi Eksperimen dengan sampel 62 siswa, terdiri dari kelompok eksperimen (7E, 31 siswa) dan kelompok kontrol (7F, 31 siswa). Data dikumpulkan melalui observasi untuk PTK dan tes untuk Kuasi Eksperimen, lalu dianalisis menggunakan persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar pada PTK dari siklus I (1,80) ke siklus II (2,86) dan siklus III (3,80). Pada Kuasi Eksperimen, uji t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol (thitung = 5,443 > ttabel = 2,0024). Kesimpulannya, aplikasi Canva efektif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Surakarta
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, Sofwan dan Mujiyati. 2017. Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta didik di Indonesia: Kajian Meta-Analisis, Jurnal Konselor, Vol. 6, No 4.
Faujiah, Nursifa Dkk. 2022. Kelebihan dan kekurangan jenis- jenis Media, Jurnal Telekomunikasi, Kendali dan Listrik, Vol. 3, No. 2.
Fuady rizal, Abdul Muthalib Arifin. 2018. Audio Visual in learning, Juornal -k6em Vol. 1, No. 2.
Idris Harun. 2021. Efektifitas Penggunaan Audio Visual terhadap Pembelajaran PAI, Potensi Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2.
Khumaedi Muhammad. 2021. Evaluating the Impact of Audio-Visual Media on Learning Outcomes of Drawing Orthograpic Projections, International Journal of Education and practice, Vol 9, No 3.
Latifah, Miqro Fajari. 2020. Analisis Penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik Abad ke 21, Jurnal Pendidikan, Vol. 5, No. 2.
Maesaroh, Siti. 2012. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Kependidikan, Vol. 1, No.1.
Mansur Umar, Mahgfur Ramdlani. 2019. Aplikasi Canva dalam Pembelajaran PAI, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 5, No. 1.
Nabila. 2021. Tujuan Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 2, No. 5.
Nasir. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Penddikan Agama Islam (PAI) berbasis Web, Jurnal Akademika, Vol 9, No.1.
Noeraida, Modul Guru Pembelajaran: Modul-Modul Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dan Implementasinya, ( Jakarta: aplikasi Canva Kemendikbud, 2016), hlm.38.
Nur Annisa, Ayudia. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Peserta didik di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol. 2, No. 2.
Rachman, Ainur, Anita Dkk. 2023. The Effect of Audio-Visual Based Problem Based Learning on critical Thinking Ability of Elementary Student, Jurnal cakrawala Pendas, Vol. 9, No. 3.
Roshayanti, F., Wijayanti, A., Purnamasari, V., & ... (2022). Analysis of Understanding and Readiness of Elementary School Teachers on the Implementation of the STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics …. … Social Sciences. https://knepublishing.com/index.php/KnE-Social/article/view/11960
Sarwinda, Khairani Dkk.2020. The Development of Audio-Visual Media with Contextual Teaching Learning Approach to Improve Learning Motivation and Critical Thinking Skills. Psycology, Evaluation, and Technology in Education Researc, Vol 2..
Sheilawati, Azzahra Bunga, Enung Hasanah. 2022. Strategi Pembelajaran untuk meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik SMP, JIMP Jurnal Inovasi dan Manajemen Pendidikan, Vol. 2, No. 2.
Untay, Royana dan M. Lubis Iman Nugroho. 2021. Pengaruh penggunaan Aplikasi Canva terhadap minat belajar Peserta didik pada pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Widya Wastara: Vol. 1, No. 1.
Wastiani, R., Taufiq, M., & Wijaya, A. B. (2023). Pengaruh Pendekatan Steam Berbasis Project based learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa SMP …. Jurnal Konatif …. http://jurnalkonatif.labschoolcibubur.id/index.php/JKJIP/article/view/10
Winarno winarno, Dkk. 2020. Effectiveness the Use of Audio-Visual Media in Teaching Islamic Relegion Education. International Journal of Contemporary Islamic Education, Vol 2, No. 1.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i3.15733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .