Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Memaksimalkan Pembelajaran Sikap Peserta Didik Perspektif STIFIN di SMP Islam Ibnu Hajar Bogor

Akhmad Shunhaji, Dinda Agnesia Al Amamu

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi pola kepemimpinan kepala sekolah dalam memaksimalkan pembelajaran sikap peserta didik melalui perspektif STIFIn di SMP Islam Ibnu Hajar Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gaya kepemimpinan yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai Islam dan sikap positif pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi pada komunikasi efektif, pengembangan kompetensi guru, kurikulum yang inklusif, serta kolaborasi dengan pemangku kepentingan berperan penting dalam mengoptimalkan pembelajaran sikap siswa. Disarankan untuk memperkuat kemitraan dengan orang tua dan masyarakat serta meningkatkan evaluasi berkelanjutan.


Keywords


principal leadership; attitude learning; STIFIn perspective; Islamic school.

Full Text:

PDF

References


Agustin, H., S., & Kartowagiran, B. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 119–132.

Anggraini, P., & Kusumaningrum, D. E. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum. Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum, 7(1), 23–32.

Anggraini, R., & Kusumaningrum, A. (2020). Pendekatan STIFIn dalam Kurikulum SMP Islam Ibnu Hajar: Upaya Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Pembelajaran Berorientasi Sikap. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1), 20–35.

Anwar, S., & Prihatin, T. (2020). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 101–110.

Arifin, I., Mustiningsih, & Kartowagiran, B. (2021). Konsep kepemimpinan STIFIN dalam konteks pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(3), 45–56.

Ariyanti, N. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 67–76.

Asmara, R., Supriyanto, A., & Sari, I. R. (2023). Keberlanjutan program sekolah dalam implementasi pembelajaran sikap perspektif STIFIn. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(1), 23–35.

Asmuni, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Sikap Perspektif STIFIn: Studi Kasus di SMP Islam Ibnu Hajar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 5(2), 45–58.

Asmuni, A., Supriyanto, A., & Isvandiari, A. (2020). Komunikasi efektif kepala sekolah dalam kepemimpinan pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 111–120.

Cahyono, B. (2023). Strategi Adaptasi Kepala Sekolah dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Pembelajaran Sikap Perspektif STIFIn di SMP Islam Ibnu Hajar. Jurnal Pendidikan Kepemimpinan, 9(1), 30–45.

Cahyono, D., Mustiningsih, & Zuchdi, D. (2023). Adaptabilitas kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi perubahan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(2), 56–68.

Hakim, L. (2021). Peran kepala sekolah sebagai pemimpin instruksional dan manajerial. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 23–32.

Hidayat, R., Supriyanto, A., & Susilawati, E. (2023). Manajemen sumber daya sekolah dalam implementasi pembelajaran sikap perspektif STIFIn. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(3), 45–58.

Husna, N., & Asmara, R. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 67–78.

Kusuma, A. P., & Hamidah, H. (2020). Peran kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 45–54.

Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Mustiningsih. (2020). Mengelola resistensi terhadap perubahan dalam kepemimpinan pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 23–34.

Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kulitatif. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, M., & Fauziah, Y. (2020). Iklim sekolah dan pengaruhnya terhadap pengembangan sikap peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 67–78.

Mulyani, D. (2021). Efektivitas Program Ekstrakurikuler dalam Mendukung Pembelajaran Sikap Perspektif STIFIn: Studi Kasus SMP Islam Ibnu Hajar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 65–78.

Mulyani, S., Supriyanto, A., & Isvandiari, A. (2021). Pengembangan budaya sekolah dalam mendukung pembelajaran sikap peserta didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(3), 45–56.

Murtiningsih, M., Arifin, I., & Mustiningsih. (2024). Kolaborasi dan jaringan dalam kepemimpinan pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(1), 23–35.

Nurhayati, E., & Supriyanto, A. (2021). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalkan pembelajaran sikap peserta didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 33–44.

Nurrahman, A., Zuchdi, D., & Mustiningsih. (2022). Iklim sekolah dan pengaruhnya terhadap pengembangan sikap peserta didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 45–56.

Prastyo, D. (2020). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, motivasi belajar siswa, dan pencapaian akademik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 23–32.

Putri, A. R., & Isvandiari, A. (2019). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan visi dan misi sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 45–54.

Putri, S., & Isvandiari, Y. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Pembelajaran Sikap Perspektif STIFIn di SMP Islam Ibnu Hajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 78–92.

Qomar, N., & Syamsudin, A. (2022). Konsep kepemimpinan STIFIN dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(1), 23–34.

Saputra, R., Supriyanto, A., & Asmara, R. (2023). Pengawasan dan evaluasi dalam implementasi pembelajaran sikap perspektif STIFIn. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 45–56.

Sari, Y. M., & Suryadi, K. (2021). Peran kepala sekolah dalam melakukan pengawasan dan evaluasi proses pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(3), 57–68.

Sari, Y. M., & Ulfah, M. (2022). Komunikasi efektif kepala sekolah dalam kepemimpinan sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 45–56.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Alfabeta.

Suharti, R., & Simatupang, E. (2020). Strategi Komunikasi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Sikap Perspektif STIFIn di SMP Islam Ibnu Hajar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 6(3), 112–126.

Suharti, S., & Simatupang, H. (2020). Peran kepala sekolah sebagai fasilitator pengembangan kompetensi guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 67–76.

Sumarni, W., Supriyanto, A., & Isvandiari, A. (2021). Pengembangan kurikulum dan program sekolah dalam mendukung pembelajaran sikap peserta didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(3), 69–80.

Supriyanto, A., Zuchdi, D., & Mustiningsih. (2021). Keberagaman peserta didik dalam implementasi pembelajaran sikap perspektif STIFIn. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 45–56.

Supriyanto, S. (2021). Inklusi dan Diversitas dalam Pembelajaran Sikap Perspektif STIFIn: Upaya Kepala Sekolah di SMP Islam Ibnu Hajar. Jurnal Pendidikan Inklusi, 5(2), 15–28.

Suryani, N., Arifin, I., & Mustiningsih. (2021). Implementasi berkelanjutan dalam kepemimpinan pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 23–34.

Susilawati, A., & Suyatno, T. (2022). Pengembangan Budaya Sekolah yang Mendukung Pembelajaran Sikap Perspektif STIFIn: Tindakan Kepala Sekolah di SMP Islam Ibnu Hajar. Jurnal Pengembangan Budaya Sekolah, 10(1), 40–55.

Susilawati, E., Supriyanto, A., & Asmara, R. (2022). Penciptaan iklim sekolah yang positif dalam implementasi pembelajaran sikap perspektif STIFIn. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 57–68.

Susilawati, E., & Suyatno, S. (2022). Pengembangan budaya sekolah dalam mendukung pembelajaran sikap peserta didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 79–90.

Syafi’i, I., Supriyanto, A., & Isvandiari, A. (2020). Keterlibatan orang tua dalam pembelajaran sikap perspektif STIFIn. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 33–44.

Wardani, I. G. A. K., Mustiningsih, & Zuchdi, D. (2022). Kebutuhan khusus peserta didik dalam implementasi pembelajaran sikap perspektif STIFIn. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(1), 45–56.

Widodo, H., & Supriyanto, A. (2023). Dampak kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 23–34.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.15110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya