Evaluasi Program Pembelajaran Al Islam-Kemuhammadiyahan Model Cipp Di Prodi Pai Unismuh Makassar

Wahdaniya ., Sitti Mania, Muhammad Nur Akbar Rasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengevaluasi salah satu program di Unismuh Makassar yaitu program pembelajaran AIK dengan model CIPP (Context, Input, Process and Product).  Adapun Jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tempat penelitiannya di Prodi PAI Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar. (!). Hasil evaluasi dalam komponen konteks sudah memenuhi kriteria dengan adanya landasan hukum, dan adanya kesesuaian tujuan program dengan visi dan misi organisasi serta kebijakan pemangku kepentingan. (2). Evaluasi dalam komponen input (masukan) ditemukan bahwa, evaluasi terhadap tenaga pengajar sudah memenuhi kriteria dan syarat sebagai pengajar yaitu memiliki kualifikasi akademik jenjang S2 dan S3, memiliki pangkat akademik, sarana dan prasarana dari segi ruang kelas sudah terpenuhi, namun masiah perlu pengadaan perlengkapan pembelajaran pada beberapa ruang kelas.  Adapun evaluasi dari segi kurikulum sudah lengkap dan komprehensip. (3). Evaluasi program dalam komponen proses sudah terlaksana dengan baik. (4). Evaluasi program dalam komponen produk menunjukkan capaian pembelajaran dari penilaian kognitif sangat memuaskan, pada ranah afektif terdapat peningkatan dan pada aspek psikomotorik belum mencapai hasil yang memuaskan, masih perlu adanya perbaikan dan latihan.

 


Keywords


Evaluasi Program; Model CIPP; AIK

Full Text:

PDF

References


Ainikke Zakiyyatul Fitrianidengan. 2021, Evaluasi program E-Learning Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan Model CIPP, Maharaat, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol.3, No.2.

Abdul Kadir, Siti Syamsudduha, Muhammad Nur Akbar Rasyid. 2013, Evaluasi Program Tahfidz Dengan Model CIPP Di Sekolah Integral Al Bayan Makassar, ISLAMIKA, Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol.5, No.4.

Arikunto, S. (2018), Evaluasi Program Pendidikan (2 ed). Bumi Aksara.

Arifin, Syamsul, 2015. Rekonstruksi Al Islam Kemuhammadiyahan sebagai Praksis Pendidikan Nilai, Universitas Muhammadiyah Malang, Edukasi, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan Volume 13, Nomor 2.

Ananda. Rusydi, Tien Rafida, 2017, Pengantar Evaluasi Program Pendidikan, Cet. 1, Perdana Publishing, IKAPI.

Buku Pedoman. 2013, Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Yogyakarta.

Bella Kumalasari, Lusiana Idawati 2023. Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di SD Athalia Dengan model CIPP (context, input, procces, product), Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol.11, No.2.

Esti Wahyu Kurniawati. 2021, Evaluasi Program Pendidikan Persfektif Model CIPP (Conteks, Input, Procces, Product), Jurnal Ghaitsa, Vol. 1, Issue, 2.

Isep Djuanda. 2020, Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP, Al Amin, Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, Vol.3. No.1.

Istiningsih, Nur Rohman. 2022, Edupreneurship Berbasis Teknologi Digital Ditinjau Dari Evaluasi Program CIPP, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol: 11/No:1.

Imam Faizin. 2021, Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model CIPP, Jurnal Al-Miskawaih, Vol.2, No.2.

Kurikulum dan RPS Al-Islam dan Kemuhammmadiyahan. 2022, Lembaga Pengkajian, Pengembangan dan Pengamalan Al-Islam Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Luluu mukarromah, Misykat Malik Ibrahim, Saprin. 2023, Evaluasi Program Character Building Berbasis Model CIPP di Sekolah AlamInsan Kamil Kabupaten Gowa, Tarbawi, Jurnal Pendidikanagama Islam, Vol.8, No.2.

Miftahul Fikri, Neni Hastuti, Sri Wahyuningsih. 2019, Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan, Cet.2, Nulis Buku.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Mahmudi dkk. 2019, Urgensi Pendidikan Akhlaq Dalam pandangan Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, Jurnal Ta’dibuna, Vol. 8. No. 1.

Muh. Fitrah, Luthfiyah, 2017, Metodologi Penelitian, Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus, Cet.1, CV. Jejak, Jawa Barat.

Nurhayani, dkk. 2022, Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan, Jurnal Inovasi pendidikan, Vol. 2. (8), 2353-2361.

Onny Fitriana, Jamil Latief. 2019, Evaluasi Program PKL FKIP UHAMKA (Penelitian Evaluatif Berdasarkan CIPP), Jurnal Utilitas, Vol.5, No.1.

Risdoyok. 2021`, Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Tahfidz Selama Daring di SMP Islam Al Ishlah Bukit Tinggi, Jurnal IDEAS, Pendidikan Sosial dan Budaya, Volume 7. (3), 73-82.

Rahmawati, Muhammad Nur Akbar Rasyid, Siti Syamsudduha. 2023, Evaluasi Program PIPOCITA di UPT SD Negeri Tamalanrea Makassar Dengan Model Evaluasi CIPP, Jurnal Pendidikan Dasar, Fondatia, Volume 7, Nomor 3.

Redy, P., & Jaya, Partus. Ndeot, F. (2018). Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. PERNIK Jurnal PAUD, 1(1), 10–25.

Sitti Mania. 2008 Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran, Lentera Pendidikan, Vol. II. No.2, Desember.

Sitti Mania. 2018, Evaluasi Pelaksanaan Program Charakter Building Training Di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Vol.2 No. 1.

Siti Rahmah. 2021, Buku Ajar Akhlaq Tasawuf, Cet.1, Jawa Tengah, 2021.

Sugiyono. 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D, Cet. XII; Bandung: Alfabeta.

Syamsu S, Misran. 2019, Manajemen Kurikulum Pendidikan Al Islam Kemuhammadiyaha, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 4, No.2.

Tuti Awaliyah, Nurzaman. 2018, Konseo Pendidikan Akhlaq Menurut Sa’id Hawwa, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 6, No. 1.

Tanjung, R, (2023), Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah, Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42-52

Usman DP, Hj. Sitti Mania, Amirah. 2023, Evaluasi Program Dengan Menggunakan Responsive Model Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantran Selatan, Cendekia, Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 11 No.2.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, BAB II, Pasal 3, Tentang Sistem PendidikanNasional,https://stkipalitb.ac.id/wpcontent/uploads/2016/07/UU-No-20-2003-ttg Sisdiknas.pdf.

Zuriah, Nurul. 2008, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan; Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik, Cet. II; jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.15015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya