Motivasi Pemuda Dalam Melanjutkan Perguruan Tinggi (Studi Pada Pemuda Yang Melanjutkan Studi Ke Perguruan tinggi Di Kampung Suka Jadi Desa Pangke Kabupaten Karimun)

Ferizone ., Endri Bagus Prastiyo, Alfi Husni, Rianto ., Desmayeti Arfa, Veny Melisa Arindini

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi pemuda dalam melanjutkan perguruan tinggi di Kampung Suka Jadi Desa Pangke Kecamatan Meral Barat Kabupaten Karimun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pemuda Kampung Suka Jadi yang baru lulus sekolah menengah di tahun 2022 yaitu sebanyak 28 jiwa, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dan diperoleh kriteria sampel tersebut yaitu pemuda yang lulus SLTA/Sederajat di tahun 2022 dan melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi sebanyak 8 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam teori Abraham Maslow, teori hierarki kebutuhan membentuk sebuah piramida yang dimana pemenuhan kebutuhan dasar atau kebutuhan fisiologis terdapat di level paling bawah. Adapun harapan informan mengenai motivasi mereka untuk melanjutkan pendidikan sebagaimana yang telah diuraikan seperti berharap adanya rasa aman karena mendapat gelar, merasa diterima di lingkungan, merasa di hargai, menambah relasi dan wawasan, hal tersebut merujuk kepada satu pemenuhan kebutuhan yaitu agar dapat dengan mudah mencari pekerjaan dengan penghasilan yang besar. Adanya motif pemenuhan kebutuhan ekonomi. Artinya, secara tidak sadar para informan berusaha untuk memenuhi kebutuhan fisiologis agar kehidupan mereka menjadi sejahtera dan berkecukupan.


Keywords


Motivasi, Pemuda, Perguruan tinggi

Full Text:

PDF

References


Andayani, T., Febryani, A., & Andriansyah, D. 2020. Pengantar Sosiologi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Andjarwati, T. 2015. Motivasi Dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan

Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori Xy Mc Gregor, Dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. JMM17: Jurnal Ilmu ekonomi dan Manajemen, 2(01).

Damsar. 2015. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Damsar. 2017. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Kencana

Laily, N. (2020). Teori Jaringan Sosial. Teori SoSial empirik, 161.

Maksum, Ali. 2016. Sosiologi Pendidikan. Malang: Madani.

Malelak, V.Y. 2022. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Muqsith, M. A; 2019; Pemuda, Globalisasi dan Perubahan Sosial; Jurnal ‘adalah : Buletin Hukum dan Keadilan; 3(4); Universitas Pembangunan Nasional Veteran: Jakarta.

Nasution. 2014. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Prihartanta, W. 2015. Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.

Riadi, M., Zaini, A., & Solina, W. 2021. Profil Motivasi Remaja Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Desa Pesajian Kecamatan Batang Peranap Riau. Mudabbir (Journal Research And Education Studies), 1(2), 21-27.

Soekanto, Soerjono & Sulistyowati, Budi. 2015. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Arip. 2021. Faktor Penyebab Rendahnya Minat Remaja Desa Untuk Melanjutkan Jenjang Pendidikan Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Desa Pangarengan Kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang). Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah : Jakarta

Susanto, N. H. 2018. Mengurai Problematika Pendidikan Nasional Berbasis Teori Motivasi Abraham Maslow Dan David Mcclelland. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(1), 30-39.

Susanto, N. H., & Lestari, C. 2018. Problematika Pendidikan Islam di Indonesia: Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David McClelland. Edukasia Islamika, 184-202.

Toenlioe, A. J. 2016. Sosiologi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Uno, H. B. 2021. Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Wahjono, S. I. 2022. Manajemen Motivasi. Universitas Muhammadiyah : Surabaya

UNDANG-UNDANGREPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2009 TENTANG KEPEMUDAAN; didownload dari

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38784/uu-no-40-tahun-2009

Website :

https://bprsku.co.id/pengertian-pemuda-lengkap/ ; didownload tanggal 10 Oktober 2022




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.14985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya