Resiliensi Keluarga Perantau dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga di Desa Mario Kabupaten Bone

Jusnawati ., Bahrul Amsal, Abidah R Delu

Abstract


Keputusan untuk pergi merantau tentu didasari oleh pertimbangan yang matang bagi sebuah keluarga karena berpotensi melahirkan persoalan dalam keluarga. Resiliensi keluarga sangat penting dalam menghadapi persoalan tersebut. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran persoalan yang dihadapi keluarga perantau dan faktor-faktor yang memengaruhi resiliensi keluarga perantau. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan melalui tahap: 1) reduksi data, 2) sajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan beberapa persoalan yang dialami keluarga perantau adalah persoalan ekonomi, beban ganda, kebutuhan pendidikan anak, dan isu orang ketiga atau perselingkuhan. Adapun faktor-faktor pendorong resiliensi keluarga perantau, pertama keyakinan yang dimiliki anggota keluarga dan telah ditanamkan sejak dini dalam keluarga, kedua pola organisasi dalam keluarga meliputi pola pengelolaan masalah dengan melakukan musyawarah dan curah pendapat untuk menemukan solusi yang tepat, keterhubungan antar anggota keluarga dan lingkungan sosial, serta pengelolaan ekonomi keluarga dengan memprioritaskan kebutuhan pokok keluarga, serta investasi masa depan melalui tabungan emas dan peliharaan hewan ternak. Ketiga pola komunikasi keluarga yang mencakup kejelasan informasi dan kebenaran, sikap terbuka atau jujur, dan ketiga penyelesaian masalah secara kolaboratif di mana setiap anggota keluarga memiliki tanggungjawab bersama dalam membantu menemukan solusi dan menjalankan solusi yang telah disepakati.

Keywords


Resiliensi; Keluarga Perantau

Full Text:

PDF

References


Tenri Awaru, A. O. (2021). Sosiologi Keluarga. CV Media Sains Indonesia

Dewi, Y. S., Alfaruq, M. F., Febriyanti, R. D., Auliasani, N. F., Biru, M. M. D. T., & Fitriani, A. R. (2022). Resiliensi Ibu Menghadapi Bencana Alam. Airlangga University Press.

Ekawati, N. A., & Erawati, D. (2022). Migration of The Bugis in Bapeang Village Of East Kotawaringin, 1977-2020 (Historical Review of Social Change Perspective). Syams: Jurnal Kajian Keislaman, 3(2), 115-128.

Herawati, T., Krisnatuti, D., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan fungsi keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(3), 213-227.

Herdiana, I. (2019, July). Resiliensi keluarga: Teori, aplikasi dan riset. In Proceeding National Conference Psikologi UMG 2018 (Vol. 1, No. 1, pp. 1-12).

Hermanto & Saleh, M. (2022). Dinamika Pasangan Suami Istri dalam Menjaga Keutuhan Keluarga (Studi Kasus Keluarga Perantau Desa Lambotto Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Macora, 1(2), 7-20.

Milta, D., & Abidin, S. (2023). Analisis Komunikasi Keluarga Antara Perantau dengan Orang Tua (Studi pada Perantau Sumatera Selatan di Kota Batam). SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(3).

Ningsih, D. S., Herawati, T., & Sunarti, E. (2023). Pengaruh Tekanan Ekonomi, Dukungan Sosial, dan Strategi Koping terhadap Ketahanan Keluarga Pekerja Informal di Pekanbaru pada saat Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 12(1), 156-167.

Omar, R., Tamrin, K. M., & Hussin, N. (2009). Sejarah kedatangan masyarakat Bugis ke Tanah Melayu: kajian kes di Johor. JEBAT: Malaysian Journal of History, Politics & Strategic Studies, 36, 41-61.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.14663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya