Peran Guru Kelas dan Orangtua dalam Mencegah Cyberbullying di Sekolah Dasar

Mohammad Afif Jerusalem, Dian Hidayati

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ada di salah satu SD swasta di Kota Yogyakarta. Tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui Peran Guru Kelas dan Orangtua dalam pencegahan Cyberbullying di sekolah dasar. Cyberbullying di kalangan siswa sekolah dasar telah menjadi isu yang semakin meresahkan, memerlukan perhatian serius untuk pencegahan dan penanganan yang efektif. Penelitian ini mengeksplorasi peran penting guru kelas dan orang tua dalam upaya pencegahan cyberbullying di lingkungan sekolah dasar. Guru kelas memegang peran sentral dalam memberikan edukasi kepada siswa mengenai perilaku online yang sehat, etika digital, serta dampak negatif dari cyberbullying. Mereka juga berperan sebagai pengawas aktif di lingkungan sekolah, mengidentifikasi tanda-tanda potensial cyberbullying, dan memberikan sanksi yang sesuai. Di sisi lain, orang tua memiliki tanggung jawab untuk memantau aktivitas online anak-anak, menggunakan alat kontrol parental, dan terlibat langsung dalam kehidupan digital mereka. Dengan membuka saluran komunikasi yang terbuka, orangtua dapat menciptakan lingkungan di mana anak-anak merasa nyaman berbicara tentang pengalaman online mereka. Kerjasama erat antara guru kelas dan orangtua, dengan fokus pada pendidikan, pengawasan, dan dukungan, dianggap sebagai kunci utama dalam menciptakan lingkungan sekolah dasar yang aman dari ancaman cyberbullying. Studi ini bertujuan memberikan pandangan holistik terhadap peran keduanya dan mendukung implementasi strategi pencegahan yang berkelanjutan di tingkat sekolah dasar

Keywords


Cyberbullying; Sekolah Dasar; Orangtua; Guru Kelas

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D., & Rahmi, A. (2022). Pandangan Orang Tua Anak Usia Dini Terhadap Bullying atau

Perundungan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16808–16814.

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5217

Bauman, S., Toomey, R. B., & Walker, J. L. (2013). Associations among bullying, cyberbullying, and

suicide in high school students. Journal of Adolescence, 36(2), 341–350.

https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2012.12.001

Chakan, A., & Millenio, M. F. (2023). Protection of Cyberbullying Victims in Indonesia (An Overview of

Law and Victimology). Semarang State University Undergraduate Law and Society Review, 3(1),

–26. https://doi.org/10.15294/lsr.v3i1.53757

Contoh, B., Issa, J., Tabares, I., Objek, P. B. B., Hasil, L., Informasi, T., Aradea, Ade Yuliana, H. H.,

Pattiserlihun, A., Setiawan, A., Trihandaru, S., Fisika, P. S., Sains, F., Kristen, U., Wacana, S.,

Diponegoro, J., Jawa, S., Indonesia, T., Putra, R. L., Hidayat, B., … Adhitya Putra, D. K. T. (2019).

No Title. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.

http://www.ghbook.ir/index.php?name=گنهرف و هناسر یاه

B1949C9DE=khsahkhc&37=egap&05631=di_koob&enilnodaer=ksat&koobd_moc=noitpo&ن وی ن4&Itemid=218〈=fa&tmpl=component%0Ahttp://www.albayan.ae%0Ahttps://scholar.goog

le.co.id/scholar?hl=en&q=APLIKASI+PENGENA

Darmawan, N. H., Hilmawan, H., P, D. S., E, L. A., Hikmatullah, L., S, M. Z., Ramdan, M., Ridwan, M.,

Fahran, M. N., R, R. A., & K, R. S. (2023). Literasi Digital : Pemahaman Cyberbullying pada Siswa

Sekolah Dasar. 4(4), 1929–1935.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook,

Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Muhammad Fikri Salim, & Iman, T. (2022). Penggunaan Bahasa Kasar Oleh Remaja Laki-Laki Btn

Karang Dima Indah Sumbawa Dalam Pergaulannya. Kaganga Komunika: Journal of

Communication Science, 4(2), 87–101. https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v4i2.2054

Olweus, et al. (2019) Addressing Specific Forms of Bullying: A Large-Scale Evaluation of the Olweus

Bullying Prevention Program. International Journal of Bullying Prevention

https://doi.org/10.1007/s42380-019-00009-7.

Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama

Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 5(1), 1–19.

www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady

Rahmadhany, A., Aldila Safitri, A., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate

Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 30–43.

https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.182

Syahida Kurnia Dinda, & Christiana Elisabeth. (2020). Studi Kasus Perundungan Verbal Siswa Pada

Sekolah Dasar Ditinjau Dari Jenis Gender. Jurnal BK Unesa, 11, 274–287




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.14238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya