Pengembangan E-Komik Berbasis Literasi Numerasi di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mendeskripsikan produk e-komik matematika berbasis literasi numerasi di kelas IV SD, mendeskripsikan kelayakan produk e-komik matematika berbasis literasi numerasi di kelas IV SD, dan mendeskripsikan respons siswa setelah menggunakan e-komik matematika berbasis literasi numerasi di kelas IV SD. Penelitian ini memakai pendekatan Research & Development (R&D), yang memanfaatkan 7 tahap telah diadaptasi dari model Borg and Gall. Siswa kelas IV dijadikan sebagai subjek penelitian. Penelitian menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini mencakup analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian ini mengarahkan pada pembuatan e-komik matematika berbasis literasi numerasi dengan pokok bahasan bilangan pecahan senilai. Hasil kelayakan e-komik matematika dari kedua validasi ahli media mendapatkan persentase 81,05% dengan kriteria “sangat layak”, sedangkan validasi dua ahli materi mendapatkan persentase 76,25% dengan kriteria “layak”. Respons siswa yang berjumlah 21 reponden mendapatkan persentase 86,50% dengan kriteria “sangat baik”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model media pembelajaran e-komik untuk SMA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 43-59.
Afandi, F., & Idris, M. (2021). Hubungan Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus II. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol. 5 (3), 425
Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809-820.
Anggraini, N., Bestari, H., & Mardia, A. (2022). Pengembangan Media Berbasis E-Komik Matematika Materi Statistik Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Batanghari (Doctoral dissertation, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi).
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019, November). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., ... & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi.
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media pembelajaran matematika konkret versus digital: Systematic literature review di era revolusi industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131-140.
Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Safitri, N. I., Tiana, F. A., ... & Pratama, A. A. (2022). Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan literasi numerasi peserta didik di sekolah dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 8-14.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18
Rachmawati, Dkk. (2019). Media Mobile Learning Pada Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Menunjang Revitalisasi SMK. Malang: Media Nusa Creative
Sudjana, N, & Rivai, A. (2015). Media Pembelajaran. Edisi Kedua Belas. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryani, N. dkk. (2018). Media Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Wati, E.R. (2016). Ragam Media Pembelajaran.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.13357
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .