Pengaruh Peer Academic Support Terhadap Academic Adjustment Pada Siswa SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M., Dardiri, A., & Handayani, A. N. (2016). Hubungan kemampuan penyesuaian diri dan pola berpikir dengan kemandirian belajar serta dampaknya pada prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1943-1951.
Baker, R. W., & Siryk, B. (1999). Student adaptation to college questionnaire:(SACQ); manual. Western Psychological Services.
Baro'ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063-1073.
Chen, J. J. L. (2004). Academic support from parents, teachers, and peers: Relation to Hong Kong adolescents' academic behavior and achievement. Harvard University.
Fajar, P., & Aviani, Y. I. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2186-2194.
Faqih, M. F. (2020). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa Malang yang bekerja (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa rantau dari Indonesia Bagian Timur di Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 491-501.
Ghufron, M. N. (2018). Penyesuaian akademik tahun pertama ditinjau dari efikasi diri mahasiswa. Konseling edukasi: journal of guidance and counseling, 1(1).
Inayah, L. (2015). Pengaruh dukungan teman sebaya dan self-efficacy terhadap penyesuaian akademik (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi, 2015).
Jaafar, F. M., Ariffin, T. F. T., Nordin, H., & Ibrahim, M. F. (2019). Adaptasi Pelajar Baharu Di Institusi Pengajian Tinggi. Practitioner Research, 1, 213-228.
Maimun, M. Y., Mahdiyah, A., & Nursafitri, D. (2021). Urgensi Manajemen Pendidikan Islamic Boarding School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1208-1218.
Maranressy, Y. A. A., & Rozali, Y. A. (2021). Pengaruh Self-Regulated Learning terhadap Penyesuaian Akademik Siswa SMK di Jakarta Selama Pembelajaran Online. In Psychommunity Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul (Vol. 1, No. 01).
Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh persepsi dukungan sosial terhadap burnout akademik selama pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi Mahasiswa, 8(02), 201-2011.
Nikmaturofiqoh, S., Yohana, C., & Fadillah, N. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Akademik Terhadap Penyesuaian Akademik Siswa Kelas X Bisnis Manajamen di SMKN 48 Jakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 608-622.
Nisa, K., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2018). Peran dukungan teman sebaya dan regulasi diri belajar terhadap penyesuaian akademis mahasiswa perguruan tinggi kedinasan berasrama xyz. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 318-328.
Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya guru dalam membangun interaksi siswa melalui metode belajar sambil bermain [teacher's efforts in building student interaction using a game based learning method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146-163.
Tresnawati, F., Yuliana, Y., & Isnaini, H. (2023). Problematika Pemahaman Teori Pembelajaran Sastra Bagi Siswa SMP dan SMA di Indonesia. Jurnal Humaniora Herisna Institute, 1(2), 29-37.
Widyawati, K., Sutja, A., & Sarman, F. (2023). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Penyesuaian Akademik Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 134-142.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.12977
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .