Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Era Zonasi PPDB Di SMA Negeri 4 Karimun

Hikmatul Hidayah

Abstract


Kepala sekolah tentunya mempunyai strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas sekolah di era PPDB zonasi. Mutu suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh sistem kepemimpinan dan strategi kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di era PPDB Zonasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Karimun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan melalui wawancara kepada kepala sekolah dan guru, kemudian melalui observasi langsung dan penelitian dokumen. Data yang dikumpulkan dari hasil proses observasi kemudian dicatat dalam bentuk catatan lapangan dalam format teks transkrip wawancara sebelum diringkas dan disajikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPDB zonasi di SMA Negeri 4 Karimun tidak memberikan dampak negatif terhadap mutu pendidikan. Sedangkan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan menciptakan program unggulan bagi peserta didik seperti program keagamaan, akademik dan ekstrakurikuler, untuk meningkatkan prestasi dan akhlak peserta didik, serta menemukan bakat peserta didik untuk membekalinya setelah menjadi mahasiswa, alumni. dan melanjutkan pendidikannya. tingkat tinggi, dengan memperkuat kapasitas guru dan mengelola infrastruktur pendidikan dengan baik, berkolaborasi dengan dunia usaha dan selalu melibatkan orang tua dan pemangku kepentingan dalam mendidik siswa untuk memantau kemajuan kualitas sekolah.

Kepala sekolah tentunya mempunyai strategi yang tepat untuk meningkatkan mutu sekolah di era zonasi PPDB. Kualitas Lembaga pendidikan ditentukan oleh sistem kepemimpinan dan strategi kepala sekolah. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di era Zonasi PPDB. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Karimun. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan melalui wawancara kepada kepala sekolah dan guru, kemudian melalui observasi atau observasi langsung   dan penelitian dokumen. Data yang dikumpulkan dari hasil proses observasi kemudian dicatat dalam bentuk catatan lapangan dengan format teks transkrip hasil wawancara sebelum dipadatkan dan disajikan . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa zonasi PPDB   di SMA Negeri 4 Karimun tidak memberikan dampak negatif terhadap mutu pendidikan. Sementara itu, strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan menciptakan program unggulan bagi siswa seperti program keagamaan, akademik, dan ekstrakurikuler, untuk meningkatkan prestasi siswa dan akhlak yang baik, serta menemukan bakat siswa untuk membekali mereka setelah menjadi siswa, alumni dan   melanjutkan pendidikan tinggi, dengan memperkuat kapasitas guru dan mengelola infrastruktur pendidikan dengan baik, menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan selalu melibatkan orang tua dan pemangku kepentingan mendidik siswa menjadi pemantau kemajuan bersama sekolah.


Keywords


Strategy; Principal; Quality; Education; Zoning; PPDB

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2013). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

AN, D. N. (2022). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi. Jurnal Ecogen Universitas Negeri Padang, 5(3), 498–507.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Cetakan I. In Remaja Rosdakarya. Bandung. PT. Rineka Cipta.

Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157–168. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.314

Asmendri, A. (2014). The Roles of School Principal in the Implementation of Character Education at Boarding School. Al-Ta Lim Journal, 21(2), 104–111. https://doi.org/10.15548/jt.v21i2.87

Debi Nurhaepi , Dita Permata, Siti Idha Mahmudah, Yulistia Putri Utami, E., & Syarifuddin. (2023). TOTAL QUALITY MANAJEMEN DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Humantech Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(7), 938–943.

Dewi, Ida Ayu Putu Ruswita, D. (2019). PERSEPSI WARGA SEKOLAH DAN ORANG TUA SISWA TERHADAP SISTEM ZONASI. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 552–561.

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 3840–3848. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1068

Fauzan, F. (2019). Peran Agama dalam Pembentukan Karakter pada Lembaga Pendidikan. Fikrotuna, 9(1), 1106.

Hasnadi, H. (2021). Total Quality Management: Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.30998/sap.v6i2.9331

Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89–95. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131

Karmila, M., Syakira, N., & Mahir, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Mappesona, 2(1), 1–14. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/download/827/559

Kemendikbud, K. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Permendikbud, 1–25. https://lpmpkaltara.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/01/Permendikbud-Nomor-1-Tahun-2021.pdf

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Moleong, Lexi J, 2014. ” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung : Remaja Rosdakarya. In PT. Remaja Rosda Karya (Vol. 4, Issue 2).

Liu, W., & Gumah, B. (2020). Leadership style and self-efficacy: The influences of feedback. Journal of Psychology in Africa, 30(4), 289–294. https://doi.org/10.1080/14330237.2020.1777033

Mahardhani, A. J. (2016). KEPEMIMPINAN IDEAL KEPALA SEKOLAH. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 78–89.

Muh. Fitrah. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 175–183. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Cetakan ke-12. In Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdakarya.

Pradewi, G. I., & Rukiyati, R. (2019). Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 28–34. https://doi.org/10.17977/um025v4i12019p028

Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, M. (2020). Workshop Dan Pelatihan Pembelajaran Lesson Studi Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.31932/jpmk.v3i1.653

Sugiyono, D. (2016). Metode penelitian pendidikan kuantitatif , kualitatif dan R&D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.

Suhendar, N., & Suartini, S. (2021). Keadilan Pada Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Magister Ilmu Hukum, 6(2), 60. https://doi.org/10.36722/jmih.v6i2.838

Syakarofath, N. A. (2020). KAJIAN PRO KONTRA PENERAPAN SISTEM ZONASI PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnan Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 111–121.

Taufik, R. dan I. L. (2020). TRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMK SYNTAX BUSINESS SCHOOL (SBS) KUNINGAN. Equivalent: Jurnal Sosial Teknik, 2(2), 75–78.

Yudi, A. A. (2012). PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DITINJAU DARI SEGI SARANA DAN PRASARANA (SARANA DAN PRASARANA PPLP). 1, 1–9.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.12874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya