Analisis Self-Efficacy Mahasiswa Dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka : Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, R. N. (2022). Motivasi Mahasiswa Untuk Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1106–1111.
Azwar, S. (1994). Seleksi aitem dalam penyusunan skala psikologi. Buletin Psikologi, 2(2), 26–33.
Bandura, A. (2010). Self-efficacy -Bandura. The Corsini Encyclopedia of Psychology.
Herizal, H., Mellyzar, M., & Novita, N. (2020). Literasi Numerasi Ditinjau dari Pengetahuan dan Self-Efficacy Calon Guru Matematika. CV. AA. Rizky.
Kemdikbud. (2022a). Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Resmi Dibuka. Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor: 238/Sipers/A6/V/2022. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/05/pendaftaran-pertukaran-mahasiswa-merdeka-angkatan-2-resmi-dibuka#:~:text=Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Resmi Dibuka 13 Mei 2022
Kemdikbud. (2022b). Sebanyak 12.420 Mahasiswa Ikuti Program Pertukaran di 138 Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia. Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor : 501/Sipres/A6/VIII/2022.
Kemdikbudristek. (2021a). Panduan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Program Sarjana Terapan. Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek.
Kemdikbudristek. (2021b). Panduan untuk Mahasiswa Panduan Pendaftaran. Kemdikbudristek Republik Indonesia.
Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Purwoko, R. Y., Chasanah, A. N., Setyawan, D. N., Sari, N. H. I., & Puspit, R. (2022). Apakah Penerapan Program MBKM dapat Meningkatkan Hard Skills Mahasiswa? Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3712–3722.
Mellyzar, M., Herizal, H., & Novita, N. (2022). Pre-service teachers’ belief to achieve scientific literacy. AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1).
Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi civitas akademik dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915.
Sugiyono. (2016). Methods of quantitative, qualitative and R & D research. Alfabeta.
Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Dirjendikti Kemdikbud.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i3.11869
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .