Analisis Self-Efficacy Mahasiswa Dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka : Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Ali Imron Pasaribu, Mellyzar Mellyzar, Pipit Rahmah, Sri Rahayu Retnowulan, Islami Fatwa, Alda Sari, Zunawanis Zunawanis

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mengetahui self efficacy atau tingkat kepercayaan diri mahasiswa peserta program PMM 2. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 121 mahasiswa yang mengikuti program PMM 2 di seluruh Indonesia dengan rincian sebanyak 56 universitas asal dan 20 universitas penerima. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah survey menggunakan angket self efficafy yang disusun berdasarkan indikator Bandura. Data yang dikumpulkan kemudian dikategorikan dalam tiga klasifikasi, yaitu rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa peserta PMM 2 masuk dalam kategori sedang. Sebanyak 79,34% mahasiswa peserta program PMM 2 memiliki self efficacy kategori sedang. Sedangkan sisanya sebanyak 9,09% memiliki self efficacy ketegori tinggi dan 11,57% masuk kategori rendah.

Keywords


MBKM; PMM; Self-efficacy

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. N. (2022). Motivasi Mahasiswa Untuk Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1106–1111.

Azwar, S. (1994). Seleksi aitem dalam penyusunan skala psikologi. Buletin Psikologi, 2(2), 26–33.

Bandura, A. (2010). Self-efficacy -Bandura. The Corsini Encyclopedia of Psychology.

Herizal, H., Mellyzar, M., & Novita, N. (2020). Literasi Numerasi Ditinjau dari Pengetahuan dan Self-Efficacy Calon Guru Matematika. CV. AA. Rizky.

Kemdikbud. (2022a). Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Resmi Dibuka. Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor: 238/Sipers/A6/V/2022. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/05/pendaftaran-pertukaran-mahasiswa-merdeka-angkatan-2-resmi-dibuka#:~:text=Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Resmi Dibuka 13 Mei 2022

Kemdikbud. (2022b). Sebanyak 12.420 Mahasiswa Ikuti Program Pertukaran di 138 Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia. Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor : 501/Sipres/A6/VIII/2022.

Kemdikbudristek. (2021a). Panduan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi Vokasi Program Sarjana Terapan. Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek.

Kemdikbudristek. (2021b). Panduan untuk Mahasiswa Panduan Pendaftaran. Kemdikbudristek Republik Indonesia.

Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Purwoko, R. Y., Chasanah, A. N., Setyawan, D. N., Sari, N. H. I., & Puspit, R. (2022). Apakah Penerapan Program MBKM dapat Meningkatkan Hard Skills Mahasiswa? Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3712–3722.

Mellyzar, M., Herizal, H., & Novita, N. (2022). Pre-service teachers’ belief to achieve scientific literacy. AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1).

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi civitas akademik dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915.

Sugiyono. (2016). Methods of quantitative, qualitative and R & D research. Alfabeta.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Dirjendikti Kemdikbud.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i3.11869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya