ANALISIS PEMASARAN IKAN CAKALANG (KATSUWOUNUS PELAMIS) STUDI KASUS DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN LAPPA KABUPATEN SINJAI

Kamaruddin -, Femiliani Novitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran distribusi pemasaran, margin pemasaran, biaya pemasaran dan keuntungan pemasaran serta efisiensi pemasaran ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) di PPI Lappa.

Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Metode penelitian yang digunakan adalah survei yaitu mengumpulkan informasi dari suatu sampel dengan melakukan observasi dan wawancara. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster ramdom sampling (berkelompok) yaitu suatu metode pengambilan sampel dengan mengklasifikasikan sampel secara sederhana.

Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer tersebut didapat dari hasil observasi dan wawancara dengan nelayan dan lembaga pemasaran yang terkait dengan pemasaran ikan cakalang (Katsuwonus pelamis), sedangkan data sekunder diperoleh dari kantor Kelurahan, kantor Kecamatan Sinjai utara dan BPS kab. Sinjai.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 saluran pemasaran yang melibatkan nelayan, pengumpul, pengecer, pa’gandeng dan konsumen dimana margin tertinggi sebesar Rp 5.000,- terendah sebesar Rp 1.167,-, biaya terbesar sebesar Rp 2.004,- terendah sebesar Rp 145,- dan keuntungan tertinggi sebesar Rp 4.754,- terendah sebesar Rp 863,- serta efisiensi pemasaran sebesar 0.01 %. Hal ini menunjukkan bahwa ikan cakalang yang ada di PPI Lappa dinilai efisien berdasarkan dari margin biaya serta keuntungan yang diperoleh.

Full Text:

PDF

References


Akhmad Fauzi, 2010. Ekonomi Perikanan. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

DKP Provinsi Sul-Sel. 2011. Produksi ikan tangkap. Online [http://www.kabarbisnis.com.produksi-ikan-tangkap-sulsel]. Diakses pada hari sabtu 05 November 2022, jam 14.00

Dewayanti, Noviana Citra. 2003. Analisis Pemasaran Ikan Laut Segar di Kabupaten Cilacap. [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Galih, 2013. Prosedur Penelitian. http://wikipedia.org diakses pada hari minggu jam 14.00 tanggal 06 November 2022.

Hani, 2009. Pengertian Biaya Pemasaran. Diakses pada hari selasa tanggal 8 November

Kotler , P. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi kelima. Erlangga. Jakarta.

Pemda Kabupaten Sinjai. 2015. Potensi Ikan Tangkap. [www.kabupaten sinjai.go.id] Online diakses pada tanggal 10 Novemver 2022

Pieris, 2001. Teori Produksi dan produktifitas.

Prasettiyo, Bambang dan Lina Miftahul Janna. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Aplikasinya. PT. Grafindo Persada. Jakarta

Soekartawi, 2002. Analisis Usaha Tani. Universitas Indonesia Press. Jakarta

Sunyoto, 2014. Pengertian Pemasaran. Diakses pada tanggal 15 November 2022.




DOI: https://doi.org/10.26618/agm.v3i1.9757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats