ANALISIS SWOT-AHP DALAM PENGEMBANGAN AGRIBISNIS KACANG TANAH DI SULAWESI SELATAN

Hasriliandi Halim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat model strategi terbaik yang bisa digunakan dalam pengembangan agribisnis kacang tanah di Sulawesi selatan. Penelitian ini berlokasi di Kabupaten Bantaeng, Jeneponto dan Bulukumba dikarenakan ketiga daerah tersebut merupakan daerah dengan luas lahan kacang tanah terbesar dan pertumbuhan tertinggi di Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan metode snowball sampling. Sampel dalam penelitian ini disebut sebagai informan kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan agribisnis kacang tanah di Sulawesi Selatan terdiri dari banyak strategi. Dimulai dari meningkatkan Produksi Kacang Tanah, Mengembangkan Wilayah Pemasaran, Mengoptimalkan Potensi sumber daya alam, Sumber Daya Manusia Dan Sumber Daya Peralatan yang Ada, Menciptakan Dan Mengembangkan Teknologi Produksi dan Pengolahan Kacang Tanah, Pembinaan Petani Dan Penyuluh untuk Budidaya dan Pengolahan Kacang Tanah, Mengadakan Pertemuan Rutin Yang Menjembatani Program Pemerintah Dan Petani/Kelompok Serta Industri Rumah Tangga, Meningkatkan Kuantitas Dan Peran Kelompok Tani, Meningkatkan Kualitas Ilmu Dan Pengetahuan Petani Melalui Pendidikan Dan Pelatihan, Melakukan Koordinasi Dan Kerjasama Antara Petani, Penyedia Sarana Produksi, Pedagang, Industri Rumah Tangga Dan Lembanga Keuangan, Menguatkan Kebijakan Pemerintah Tentang Penetapan Harga Dasar Dan Suku Bunga Kredit, Menciptakan Kawasan Khusus Budidaya Kacang Tanah dan Meningkatkan Penggunaan Pupuk Dan Pestisida Organik Serta Peralatan Ramah Lingkungan. Berdasarkan metode analisis data yang digunakan dengan model analitycal hierarchy process dan bantuan aplikasi Expert Choice 11, maka diperoleh hasil bahwa model pengembangan agribisnis yang paling baik digunakan adalah melakukan koordinasi dan kerjasama antara petani, penyedia sarana produksi, pedagang dan industri rumah tangga dan lembaga keuangan. Hal itu dibuktikan dengan didapatkannya nilai 0.131 sebagai nilai tertinggi dalam perbandingan berpasangan tersebut.

Full Text:

PDF

References


Arifin, B. 2004. Analisis Ekonomi Pertanian Indonesia, PT Kompas Media Nusantara, Jakarta.

Budi Setiawan, Avi dan Fafurida. 2014. Strategi Pengembangan Usahatani Kedelai Di Kabupaten Grobogan Dengan Pendekatan Analysis Hierarchy Process (AHP). Skripsi S1 Fakultas Pertanian UNS. Semarang.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

David, Fred R. 2004. Manajemen Strategis; Konsep-konsep. PT intan Sejati.Klaten.

Dinas Pertanian (Tanaman Pangan dan Hortikultura) Kabupaten Bantaeng. 2016. Laporan Produksi Tahunan Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bantaeng Tahun 2016. Dipertan Bantaeng. Fausan, Mohamad.2014. Profitabilitas dan Efisiensi Teknis Usahatani Bawang Merah di Kabupaten Bantul dan Nganjuk. Jurnal Sepa. Vol. 11 No.1 September.

Halim, Abdul. 2004. Pengaruh Jarak Tanam dan Pemberian Berbagai Dosis Kotoran Ayam terhadap Pertumbuhan dan Produksi Kacang Tanah (Arachis hypogae L). Skripsi. Departemen Budidaya Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor

Handayani, Sri. 2007. Strategi Pengembangan Agribisnis Kedelai (Glicyne max L Merril) di Kabupaten Sukoharjo. Skripsi S1 Fakultas Pertanian UNS. Surakarta.

Novianto, Aan. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis (Studi Pada Industri Kerajinan Gerabah Desa Negara Ratu Kecamatan Natar). Skripsi S1 Fakultas Ekonomi UGM. 2017. Yogyakarta.

Peningkatan Produksi Kacang-Kacangan dan Umbi-umbian Mendukung Kemandirian Pangan. Bogor : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan.

Pitojo, S. 2005. Benih Kacang Tanah. Yogyakarta : Kanisius

Rangkuti, Fredy., 2006, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Prathivi, M. N. (2012). Strategi Penganekaragaman Konsumsi Pangan Menuju Pola Pangan Harapan Tahun 2015 di Kota Jambi. Jakarta: Institut Pertanian Bogor. LIPI.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suratyah, Ken.2016. Ilmu Usahatani. Edisi Revisi.Swadaya. Jakarta. Warsana. 2007. Analisis Efisiensi dan Keuntungan Usahatani Jagung (Kasus di desa Randubalang Kabupaten Blora). Thesis Program Studi Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Universitas Diponogoro.

Taufik, Muhammad. 2014. Strategi Pengembangan Agribisnis komoditas Sayuran di Sulawesi

Selatan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Selatan. Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/agm.v2i2.7711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats