ANALISIS NILAI TAMBAH USAHA TERASI UDANG PADA AGROINDUSTRI PASSIANA’ DI KECAMATAN BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Annisa Safitri, Reni Fatmasari Syafruddin, Hasriani Hasriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tambah yang dihasilkan dari produk terasi udang pada agroindustri Passiana’ di Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan penentuan responden melalui purposive (sengaja). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dengan pemilik agroindustri dan dokumentasi pada lokasi penelitian. Analsis data yang digunakan yaitu analisis pendapatan dan nilai tambah metode Hayami. Hasil penelitian menunjukkan nilai tambah dari agroindustri terasi udang Passiana’ yaitu sebesar Rp. 16.729,75,- dengan rasio nilai tambah 24,77 persen. Sementara itu, keuntunganya yaitu sebesar Rp. 11.729,76,- dengan tingkat keuntungan 70,11 persen. 


Full Text:

PDF

References


Budhisatyarini, T. 2008. Seminar Nasional Dinamika Pembangunan Pertanian Dan Pedesaan : Tantangan dan Peluang Bagi Peningkatan Kesejahteraan Petani; Nilai Tambah Diversifikasi Hasil Usahatani Bawang Merah Menjadi Bawang Goreng. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Departemen Pertanian : Bogor.

Hayami, Y et al. 1987. Agricultural Marketing and Processing in Upland Java, A Prespective from Sinda Village. Coarse Grains Pulses Roots and Tuber Center (CGPRTC). Bogor. 75 hal.

Isnaini, Santi. (2010). Implementasi komunikasi pemasaran terpadu sebagai penyampai pesan promosi usaha kecil menengah (ukm) di Indonesia. Jurnal masyarakat dan kebudayaan politik. Volume 22, Nomor 4: 324- 332.

Mahmud M. Hanafi 2010. Economic. Ninth Edition. Harper And Row Publisher. New York.

MARS. 2015. Wanginya Bisnis Terasi di Indonesia. Diakses tanggal 10 Januari 2016

Soekartawi. 2008. Analisis Usahatani. Universitas Indonesian Press. Jakarta.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.




DOI: https://doi.org/10.26618/agm.v2i1.6839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats