RESPON PETANI TERHADAP USAHATANI PORANG DI DESA PA’BUMBUNGAN KECAMATAN EREMERASA KABUPATEN BANTAENG

Ayu Yustika Putri, Ratnawati Tahir, Akbar -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Respon Petani Terhadap Usahatani Porang di Desa Pa’bumbungan Kecamatan Eremerasa   Kabupaten Bantaeng.

Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan  Menggunakan Teknik Non Probability Sampling dengan Sampling Jenuh (Sensus) yaitu metode penarikan sampel jika semua populasi di jadikan sampel. Sampel yang diambil adalah seluruh petani  di Desa Pa’bumbungan Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng yang melakukan usahatani porang yaitu sebanyak  25 orang. Sumber data menggunakan data   Primer dan data Sekunder yang di dapatkan melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode  deskriptif dengan  metode kualitatif secara survei. Alat Analisis   yang digunakan yaitu Skala Likert.

Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  dilakukan     diperoleh  hasil  bahwa respon petani terhadap usahatani orang di Desa Pa’bumbungan Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng berada pada tingkat respon tinggi (positif).  Rata- rata responden   berada pada respon tinggi dengan kalkulasi skor 3.01 dimana Petani sangat  tertarik  melakukan  Usahatani  porang namun  kurangnya ketersediaan bibit  menjadi kendala utama Petani sehingga petani belum maksimal dalam berusahatani porang di Desa tersebut, padahal peluang Usahatani Porang sangat menjanjikan bagi perekonomian petani saat ini.


Full Text:

PDF

References


Nuntufa, 2014. Pengaruh Kepribadian terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rofikhoh, Setiahadi, Puspitawati & Lukito (2017). Potensi Produksi Tanaman Porang (Amorphollus Muelleri Blume ) Di Kelompok Tani MPSDH Wono Lestari Desa Padas Kecamatan Dagangan Kabupaten Mediun. Junal Agri-Tek,17(2).




DOI: https://doi.org/10.26618/agm.v1i2.6000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats