POLA PEMBIAYAAN DAN PENDAPATAN PETANI CENGKIH DI DESA MAMAMPANG KECAMATAN TOMBOLO PAO KABUPATEN GOWA

Muh. Ikmal Saleh, Abubakar Idhan, Syatir -

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Mamampang Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa pada bulan juni sampai bulan agustus 2017 yang bertujuan untuk mengetahui pola Pembiayaan dan pendapatan petani Cengkih di Desa Mamampang Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa.

Sumber data ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan dari seluruh responden melalui wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah disiapkan dan juga observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari perpustakaan, literatur dan instansi terkait yang terdiri dari Kantor Kepala Desa Mamampang Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa.

Populasi dalam penelitian ini adalah petani cengkih yang berada di wilayah Desa Mamampang Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa. Teknik Penentuan populasi dan sampel yang di ambil secara acak sederhana (sample random sampling) yang di mana jumlah petani cengkih sebanyak 228 orang dan setelah di lakukan penelitian di ambil 10% atau sebanyak 23 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pola Pembiayaan petani cengkih di Desa Mamampang Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa adalah menggunakan Pola mandiri dengan pendapatan rata-rata Rp.802.237 dan pola mitra mandiri Rp.948.145. Usaha tanaman cengkih yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta dapat menunjang kebutuhan saat peralihan musim tanaman perkebunan serta terdapat hubungan positif antara pola pembiayaan petani cengkih dengan pendapatan yang di peroleh.


Full Text:

PDF

References


ADB, 2004. Agriculture and Rural Development Straregi Study. Final Report Vol. 1- Main Report. SEARCA-IFPRI-CRECENT. Asian Devolopment Bank. Manila.

Bintoro, M. H. 1986. Budidaya Cengkeh: Teori dan Praktek. Lembaga Swadaya Informasi, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Hadiwijaya, T. 1886. Cengkeh: Data dan Petunjuk ke Arah Swa Sembada. PT. Gunung Agung, Jakarta

Najiati, S. dan Daniarti. 1992. Budidaya dan Penggunaan Pasca Panen Cengkeh. Penebar Swadaya Jakarta.

Haris Herdiansyah, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif.Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta.

Rita Hanafie, 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta: Andy

Soekartawi , 2006. Analisis usahatani. Penerbit Universitas Indonesia. UI. Press. Jakarta

Sumadi Suryabrata, 2014. Metodologi Penelitian.raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiarto dan M. Syukur, 2005. Keragaman Pembiayaan Usaha Tani Tembakau Besuki Na Oogost. Jurnal SOCA. Vol 5, No. 3.Fakultas Pertanian, Universitas Udayana. Denpasar.

Suratiyah, Ken. 2011. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta

Tapubolon, S.M.H. 2002. Kredit Untuk Petani. Sistem dan Usaha Agribisnis : Kecamatan Sang Pemikir. Harianto, R. Pambudy, Tungkot. S, dan Burhanuddin (EDS). Pusat Study Pembaangunan IPB dan USESE Fondatiaon. Jakarta.

Todaro, M.P. 2000. Economic Development (Sevent Edition). Addisison- Wesley, Inc. New York.

Tati Nurmala dkk. 2012 . Pengantar Ilmu Pertanian . Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.26618/agm.v1i2.5989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats