STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KOPRA DI DESA BARUGAIA KECAMATAN BONTOMANAI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Reski Amalia Sari, Nailah -, Andi Rahayu Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang dihadapi pemilik usahatani kopra dalam proses pengembangan usahatani kopra di Desa Barugaia Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar serta untuk mengetahui strategi pengembangan usahatani kopra di Desa Barugaia Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar. penelitian ini dilakukan pada bulan desember hingga januari di Desa Barugaia Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Serta teknik penetuan informannya dilakukan dengan cara mengamati kondisi dilokasi penelitian serta survei kepada pelaku usahatani kopra yang berlokasi di Desa Barugaia Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan usahatani kopra di Desa Barugaia Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar sudah terbilang cukup efisien dilihat dari faktor internal dan faktor eksternalnya yang mendukung proses pengembangan usahatani kopra serta menerapkan beberapa strategi, diantaranya strategi produk, strategi promosi, strategi kualitas dan strategi fasilitas
Kata Kunci; Strategi Pengembangan Usahatani Kopra, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Kopra


Full Text:

PDF

References


Amrullah, (2016). Strategi Pengembangan Nilai Manfaat Langsung Kawasan Hutan Lambusango kepada Masyarakat Sekitar. Jurnal Kehutaan Unhas

Etika dalam Anisa. Nurul. 2021.Pengembangan Usaha Budidaya Udang Vaname yang ada di Desa Ampekale Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros.Skripsi. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Bosowa.Makassar.

Fahmi, I. 2013. Manajemen Risiko Teori, Kasus, dan Solusi, Bandung. Hunger & Wheelen dalam Anisa. Nurul. 2021.Pengembangan Usaha Budidaya Udang Vaname yang ada di Desa Ampekale Kecamatan BontoaKabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Bosowa. Makassar.

Kacang Vernis, Jurnal ilmiah Agribisnis dan Perikanan

Khairunisya, A. (2022). Analisis Daya Saing Ekspor Kopra Indonesia dan Papua Nugini di Pasar Internasional Periode 2000-2020 (Doctoral dissertation, Universita Jambi).

Nur Afni Evalia.(2015). Strategi Pengembangan Agroindustri Gula Semut Aren. Jurnal manajemen & Agribisnis. 12 (1), 57-57. Institut Pertanian Bogor.

Nursin, R., Kassa, S., & Sulmi, S. (2021). Analisis Nilai Tambah Pengolahan Kelapa Menjadi Kopra Di Desa Tangeban Kecamatan Masama Kabupaten Banggai. Agrotekbis: E-Jurnal Ilmu Pertanian, 9(5), 1253-1261.

Pearce and Robinson, (2016). Kewirausahaan Strategi, Jakarta, Salemba Empat

Prastio, H., Soetoro, S., & Hardiyanto, T. (2017). Analisis Saluran Pengembangan Kopra. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 3(1), 91-94.

Priharjanto,S (2012). Kelayakan Strategi Pengembangan Usaha Makanan Ringan pada PD Sinar Berlian di Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Manajemen

Ramang Husin Demolinggo.2015.Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Desa Bongo, Kabupaten Gorontalo, 1(2):67-82.

Rafika dalam Anisa. Nurul. 2021.Pengembangan Usaha Budidaya Udang Vaname yang ada di Desa Ampekale Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Skripsi. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Bosowa. Makassar.

Sri Lindawati,Muhammad Hendri, Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif Untuk Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, 2017.

Siregar, G. (2016). Analisis Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi. Jurnal Ilmiah Agribisnis. Universitas Muhammadiyah Sumatra

Supriyanto, E. S. (2016). Studi Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele di Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan. Jurnal AKSI




DOI: https://doi.org/10.26618/agm.v4i2.14312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats