RANTAI PASOK JAGUNG HIBRIDA (Zea Mays) DI KECAMATAN KALUKKU KABUPATEN MAMUJU

Nur Silfiah Amin, Kamaruddin -

Abstract


Penelitian ini bertujuan  menganalisis kondisi rantai pasok jagung di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju menggunakan kerangka Food Supply Chain Network (FSCN), menganalisis kinerja rantai pasok jagung di Kecamatan Kalukku, yang dilakukan oleh lembaga pemasaran rantai pasok. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu penelitan dengan cara mendeskripsikan keadaan di lapangan dari sejumlah individu yang di wawancara secara langsung. yang dijadikan sampel dengan menggunakan kuisioner. Teknik penarikan responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah snowball sampling, dimana peneliti menggunakan metode ini secara sengaja dalam menentukan responden jumlahnya bisa kurang atau lebih banyak dari anggota rantai pasok ini dianggap sesuai dalam  memberikan informasi yang diperlukan sesuai dengan kriteria tertentu yang diinginkan peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi rantai pasok jagung di Kecamatan Kalukku belum berjalan dengan baik. Sasaran pasar memiliki target yang jelas namun terdapat permasalahan dalam optimalisasi sasaran rantai pasok, yaitu petani tidak ditunjang dengan pengetahuan mengenai kualitas jagung yang baik. Pengukuran kinerja rantai pasok yang dilakukan dengan pendekatan efisiensi pemasaran menunjukan bahwa rantai pasok masih belum mencapai kinerja optimal, satu dari dua saluran pemasaran memiliki nilai rasio biaya dan keuntungan rendah walaupun marjin dan farmer’s share bernilai tinggi.


Full Text:

PDF

References


Amin, N. S. (2022). Efisiensi Pemasaran Jagung Bisi-18 (Zea Mays) Di Desa Keang Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju. AgriMu, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.26618/agm.v2i2.7810

BP3K, 2022. Luas Lahan, Jumlah Produksi dan Produktifitas Jagung Kec. Kalukku

Setiawan. A. 2009. Studi Peningkatan Kinerja Supplay Chain Management sayuran dataran tinggi terpilih di Jawa Barat. Bogor : Program Pasca Sarjana Ilmu Manajemen, Departemen Manajemen Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.26618/agm.v4i1.11368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats