Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Strategi Peta Konsep Pada Siswa Kelas VII.1 MTSN Model Makassar Kota Makassar

Hj Budaya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII.1 MTsN Model Makassar Kota Makassar tahun 2015/2016. Penelitian ini di laksanakan di kelas VII.1 MTsN Model Makassar pada tahun pelajaran 2015/2016.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Berdasarkan analisis kuantitatif tes hasil belajar IPA siswa kelas VII.1 MTsN Model Makassar selama pelaksanaan siklus I masih banyak yang harus dibenahi agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Hal yang paling utama adalah kesadaran dan tanggung jawab siswa  selama mengikuti proses pembelajaran yang masih sangat lemah.. Akibatnya setelah diberi tes hasil belajar pada akhir siklus I masih  nilai dibawah nilai standar yang telah ditetapkan yaitu 6,5. Setelah diberi motivasi maka pada siklus II,  semangat belajar siswa meningkat. Akibatnya nilai yang diperoleh siswa setelah mengikuti tes hasil belajar siklus II   meningkat dengan nilai terendah 6,5. Nilai ini sesuai dengan batas minimal ketuntasan dalam pembelajaran. Tidak ada lagi siswa yang nilainya di bawah nilai standar. Dengan demikian proses pembelajaran dikatakan tuntas dan penggunaan metode pemetaan konsep berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.1 MTsN Model Makassar . Disarankan kepada teman-teman guru IPA agar dapat menerapkan strategi peta konsep dalam meningkatkan proses pembelajaran yang efektip dan efisien

Kata Kunci: Hasil belajar, strategi, dan peta konsep

Purpose of this study is to investigate the use of concept maps strategies to improve learning outcomes in grade IPA VII.1 MTsN Makassar Makassar City Model 2015/2016 year. This study was conducted in Makassar Model MTsN VII.1 class in the academic year 2015/2016. This study was conducted in two cycles and each cycle consisting of planning, action, evaluation and reflection. Based on the quantitative analysis of achievement test VII.1 grade science students MTsN Makassar Model for the implementation of the first cycle is still much to be improved in order to increase student learning outcomes. The most important thing is the awareness and responsibility of students during the learning process is still very weak .. As a result, after the achievement test given at the end of the first cycle is still valued below a predetermined standard value of 6.5. Once given the motivation then in the second cycle, the spirit of increased student learning. As a result, the value obtained by the student after following the test cycle II study results with the lowest score of 6.5. This value corresponds to the minimum limit of thoroughness in learning. No more student whose grade below the standard value. Thus the learning process is said to be complete and the use of concept mapping method succeeded in improving student learning outcomes VII.1 class MTsN Model Makassar. It is suggested to friends science teachers in order to implement the concept map strategies to improve the learning process is effective and efficient

Key Words:  Results of learning, strategies and concepts


Full Text:

PDF

References


Abdul Khalim, Hari Subgya dan Agus Tranggono; 2006,Sains IPA kelas VII, Bumi Aksara Jakarta

Bob Foster; 2004,Eksplorasi Sains IPA Untuk SMP kelas VII, Erlangga Jakarta

Budi Purwanto; 2004, Pelajaran IPA untuk kelas VII.1, Tiga Serangkai Solo

Dahar, R.W; 1989. Pemetaan Konsep, University Press, IKIP Bandung

Herbert, 1986. Kompodium Didaktis IPA LAAP,1975. Teaching and Learning

Marten Kanginan; 2004, Sains IPA SMP untuk kelas VII, Erlangga Jakarta

Nasution, 1982. Teknologi Pendidikan. Jemars Bandung

Novak J.D dan Goin.1985. Learning How to Lea

Ratna,W.D. 1989.Teori – Teori Belajar. Erlangga Jakarta

Sudjana, Nana. 1989. Teori Hasil Belajar

W.J.S. Poerdaminta, 1984. Kamus umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta

Yusuf Djadjadisastra,1974. Metodologi Pengajaran balai Pendidikan. Guru: Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



View JPF Stats

 Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015) Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.