Evaluasi Program Character Building Berbasis Model CIPP (Context, Input, Process, and Product) di Sekolah Alam Insan Kamil Kabupaten Gowa

Luluul Mukarromah, Misykat Malik Ibrahim, Saprin Saprin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program CB di SAIK dari aspek context, input, process, dan product. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan Mixed-Methods Research (MMR) dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product) oleh Daniel L. Stufflebeam. Adapun metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tahapan konteks; tujuan program CB adalah untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter PD, (2) tahapan masukan; pelaksanaan program CB sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan, (3) tahapan proses; penerapan program CB di SAIK diintegrasikan ke dalam pembelajaran, (4) tahapan hasil; program CB telah berhasil mencapai tujuan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Rekomendasi penelitian ini adalah (1) tahapan context; hal yang berkaitan dengan program perlu dibuat dalam bentuk softcopy dan hardcopy (2) tahapan input; fasilitator diberikan pelatihan tentang bagaimana karakter yang harus dibangun di sekolah, (3) tahapan process; perlu pendekatan dan kerjasama antara fasilitator dan orang tua siswa, (4) tahapan product; perlu ditingkatkan dalam penyusunan buku pedoman atau juknis pelaksanaan program CB.

Keywords


Evaluasi Program, Model CIPP, Character Building

Full Text:

PDF

References


Daradjat, Zakiah.Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Cet. VI; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Fasilitator Sekolah Alam Insan Kamil, Parent Handbook Sekolah Alam Insan Kamil. Cet. I; Makassar: SAIK, 2019.

Kurniawan, Heru. Sekolah Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2016.

Mulyanaha, Dina dkk., “Model Kurikulum Sekolah Alam Berbasis Karakter”. Jurnal Moral Kemasyarakatan: Vol. 5 No. 2, 2020.

Murdani, Septriani Murdani, Bahasa Bunda Bahasa Cinta. Jakarta: SoU Publisher, 2019.

Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. IV; Jakarta: Sinar Grafika, 2011.

Safar, Myra. Sekolah Di Atas Awan. Cet. I; Bandung: Thabi’ Press, 2015.

Widoyoko, Eko Putra. Evaluasi Program Pembelajaran. Cet. VI: Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Yamin, Moh. Sekolah yang Membebaskan: Perspektif Teori dan Praktik Membangun Pendidikan yang Berkarakter dan Humanis. Malang: Madani, 2012.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v8i02.9368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Luluul Mukarromah, Misykat Malik Ibrahim, Saprin Saprin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.