Penerapan Metode Muraja’ah Darasa Patappulo Seddi pada Majelis Qurra’ Wal Huffadz As’adiyah di Masjid Jami’ Sengkang

Ahmad Syafi'i, Hasyim Haddae, Munir Alimuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penerapan, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya mengatasi hambatan penerapan metode muraja’ah darasa patappulo seddi pada MQH As’adiyah di Masjid Jami’ Sengkang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Metode yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk penerapan terbagi kepada tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan, santri menyiapkan kemampuan menghafal dan kondisi jasmaniah, seperti tidak lapar/tidak kenyang dan tidak mengantuk. Prosesnya, santri menyetor hafalan lalu guru menyimak. Santri putra dilaksanakan di masjid pukul 13.30-14.30, sedangkan santri putri dilaksanakan di asrama pukul 16.00-17.30. Evaluasi berupa ujian Syahadah. (2) Pendukung metode ini dari segi internal yaitu niat yang baik, disiplin, dan rajin. Adapun dari segi eksternal, didukung oleh motivasi dari orang tua, alumni, teman seperjuangan, serta guru, buku firqah, aturan, dan strategi muraja’ah. Faktor penghambat dari segi internal yaitu malas dan niat yang salah. Adapun dari segi eksternal, yakni pacar-pacaran, satu lokasi dengan MTs As’adiyah Putri 1 dan Putri 2, HP, ajakan teman luar, dan motor. (3) Upaya mengatasi hambatan penerapan metode ini yaitu rajin ziyadah dan muraja’ah serta mengurangi tidur, meluruskan niat, menjaga pandangan, serta diberi kebijaksanaan dan berkoordinasi dengan orang tua/wali santri.

Keywords


Metode Muraja’ah Darasa Patappulo Seddi, MQH As’adiyah Masjid Jami’ Sengkang

Full Text:

PDF

References


Abdulwaly, Cece, 60 Godaan Penghafal Al-Qur’an dan Solusi Mengatasinya, Sukabumi: Farha Pustaka, 2019.

al-Bukhari, Abdullah Muhammad bin Isma’il, Sahih Bukhari, Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah, 1996.

al-Faruq, Umar, 10 Jurus Dahsyat Hafal Al-Qur’an, Surakarta: Ziyad Books, 2014.

Hasyim, Abdul Wahid, Strategi Penghafalan Alquran pada Lembaga Majelis al-Qurra’ wa al-Huffaz Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang Kabupaten Wajo, Makassar: Fakultas Pascasarjana, UIN Alauddin, 2020.

Hulobova, Renata, “Improving in Quality of Teaching by Modern Teaching Methods,” Problems of Education in the 21st Century, vol. 25, h. 58-66, 2010.

Mariam Adawiah Dzulkifli dan Abdul Kabir Hussain Solihu, “Methods of Qur’anic Memorisation (Hifz): Implication of Learning Performance,” Intellectual Discourse, vol. 26, no. 2, 2018.

al-Munawwar, Said Agil Husain, Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalihan Hakiki, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Rollnick Marissa dan Elizabeth Mavhunga, “The Place of Subject Matter Knowledge in Teacher Education,” International Handbook of Teacher Education, vol. 5, 2016.

Shihab, M. Quraish, Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Shihab, M. Quraish, dan Najeela Shihab, Hidup Bersama Al-Qur’an 1: Moderasi dan Tujuan Pendidikan Agama Islam Tanya Jawab Seputar Puasa, Zakat, Haji, Al-Qur’an, Agama, dan Budaya, Tangerang: Lentera Hati, 2021.

Shihab, M. Quraish, Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan, 2007.

Sunawan, Diagnosa Kesulitan Belajar, Semarang: UNNES, 2009.

Supardi, Suparman, Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa, Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2012.

Suryabrata, Sumardi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Ubaid, Majdi, 9 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur’an, Solo: Aqwam, 2014.

Uno, Hamzah B, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Waktifillah, Indar, “Problematika Menghafal Al-Qur’an Bagi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Mu’allimat Malang,” Malang: Fakultas Pascasarjana, Universitas Islam Malang, 2022.

Wardah, Atik Murobbiyatul. “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an: Studi Multikasus di TK Khairunnas Nurul Hayat Surabaya dan SMP Khairunnas Nurul Hayat Tuban”. Tesis, Surabaya: Pascasarjana UIN Sunan Ampel, 2019.

Wiranto, Muhammad dan Nasri Akib, “Larangan Mendekati Zina dalam QS Al-Isra’/17 Ayat 32: Analisis Kajian Tahlili,” El-Maqra’: Ilmu Al-Qur’an, Hadis, dan Teologi, vol. 2, no. 1, 2022.

Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah, 2010.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v8i01.9338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Syafi'i

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.