Pengaruh Interaksi Edukatif Dan Reward Punishment Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Sd Negeri 4 Kuripan, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus

Agil Nanda Pariangan

Abstract


Dalam konsep dan pelaksanaan pendidikan terdapat beberapa komponen yang terdapat di dalam sebuah pendidikan yaitu pendidik, peserta didik, kurikulum, proses belajar mengajar dan serana-praserana. Dari beberapa komponen-komponen pendidikan yang di sebutkan di atas yang sangat vital yaitu pada proses pembelajaran, karena di dalam  komponen proses pembelajaran ini terjadi  interaksi edukatif antara guru dan murid.  Interaksi edukatif merupakan suatu proses hubungan timbal balik yang memiliki tujuan yang khsus yaitu agar dapat mendewasakan peserta didik agar dapat berdiri sendiri, dapat menemukan jati diri peserta didik. Menurut Sardiman dalam memberikan motivasi kearah yang ingin dicapai, hubungan peserta didik dan pendidik harus bersifat edukatif. Dalam hal ini salah satu factor yang dapat menyebabkan interaksi berjalan dengan baik yaitu kemampuan seorang guru. Seorang guru dituntut agar mampu menggunakan sebagai macam keterampilan, strategi, dan alat bantu saat sedang berinteraksi dengan peserta didik. Alat bantu yang dimaksud didalam penelitian merupakan reward dan punishment. Jenis penelitian didalam penelitian ini merupakan jenis penelitian  asosiasif hubungan kausal dengan pendekatan Kuantitatif deskriptif. Populasi didalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 4 Kuripan pada tahun pelajaran 2021-2022 yang berjumlah 113 peserta didik, sampel nya 28 peserta didik dan tehnik pengambilan sampel menggunakan randem sampling atau secara acak. Tehnik pengumpulan data didalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis data berupa analisis normalitas, linieritas, regresi berganda dan koefesien determinan

Keywords


Interaksi Edukatif, PAI, Reward Punishment

Full Text:

PDF

References


Abu Ahamadi,Psikologi Sosial(Jakarta: Rineka Cipta, 1991), Hal. 284-28

Ahlak Profit kehidupan Sukses ( Surabaya elkaf, 2005 )

Dave Meier, The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif MerancangProgram Pendidikan dan Pelatihan, terjemahan Rahmani Astuti (Bandung : KAIFA, 2002),

Dave Meier, The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif MerancangProgram Pendidikan dan Pelatihan, terjemahan Rahmani Astuti (Bandung : KAIFA, 2002)

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat pengembangan penataran Guru Tertulis, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (Jakarta: Depdiknas, 2002), 1.

Kamus buku besar bahasa Indonesia tentang implementasi

Koestoer Partowisasto dan H. Hadisuparto,Diagnosa Dan Pemecahan Kesulitan Belajar(Jakarta: Erlangga, 1986), Hal 46

Lexy.J.moeloeng, metode penelitian kualitatif , ( Bandung;PT Remaja Rosdakarya ofset,2002) Hal 1415

Mattew B Milles dan A Micheael huberman. Analisis data kualitatif ( Jakarta;UI Pres 1992 ) Hal 6

Nana syaodih sukmadinata metode penelitian pendidikan ( bandung PT Remaja Rosdakarya 2005)

Oemar Hamalik, kurikulum dan pembelajaran ( Jakarta bumi aksara 2008 ) hal 14

Rose dan Nicholl Accelereted Learnign (2003:36)

Arends, Richard., Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar), ter. Helly Prayitno dan Sari Purwantani Prayitnodari, Edisi ke tujuh, Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2008.

Ermanelis, “Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pengertian dan Penyebab Takabbur Dalam Mata Pelajaran PAI T.P 2015/2016”, Jurnal TAZKIYA, Vol. 5, No.1,

Januari-Juni 2016.

Fathurrohman, Pupuh. et. al, Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: PT Refika Aditama, 2013.

Hamzah, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Majid, A. & Andayani, D. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Muslih, M; Wan Hasmah & Wan Mamat, “Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Komprehensif”, Forum Tarbiyah, Vol. 7, No. 1, Juni

Muslih, Moh. “Pelaksanaan Penilaian di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan”, Jurnal Penelitian, Vol. 3, No.2, 2006.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Sadirman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Penerbiat Bulan Bintang, 1996.

Shoimin, Aris., Mode

, Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media, 2014.

Sanjaya, Wina., Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta: 2015.

Suherman, Erman; et.al, Strategi Belajar Matematika Kontemporer, Bandung: UPI, 2003.

Wandi, A., “Implementasi Program Keagamaan dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SDIT Istiqomah Lembang”, Jurnal Tarbawi, Vol. 05, No. 02,

Wijaya, Rini; Febry Fahreza & Agus Kistian, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Mengembangkan Karakter Toleransi Dan Demokratis Siswa Pada Pelajaran PKn Kelas V Di SD Negeri Paya Peunaga”, Jurnal Bina Gogik, Vol. 6, No.2, September 2019.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Bandung: CV Nuansa Aulia.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v8i02.8713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agil Nanda Pariangan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.