Implementasi Pendidikan Islam Dalam Optimalisasi Kecerdasan Emosional: Perspektif Psikologi Pendidikan

Nidaan Khafiyya, Wantini Wantini

Abstract


Studi ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berfokus pada studi kepustakaan dengan menelaah teks-teks Al-Qur'an, hadits, kitab-kitab, buku dan jurnal yang berkaitan permasalahan dalam penelitian ini.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif. Penelitian ini menemukan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang besar terhadap pendidikan agama Islam. Pendidikan Islam dalam proses pembentukan kecerdasan emosional dan moral anak bersumber pada Al-Qur'an dan hadits. Pendidikan Islam berupaya agar manusia mampu menanamkan nilai-nilai agama dan moral. Kecerdasan emosional penting dalam pengendalian diri serta bagaimana sikap dan perilaku dalam menghadapi lingkungan selaras dengan tujuan pendidikan Islam. Implementasi pendidikan Islam dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional adalah membangun akhlak Islami yaitu dengan melatih diri sendiri untuk berbuat ikhlas, bertawakal, sabar dan melakukan segala sesuatu sesuai dengan kadar dan kemampuan.


Keywords


kecerdasan emosional, Pendidikan Islam, optimalisasi

Full Text:

PDF

References


AB, A. (2021). Membangun Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Tazkirah, 5(1), 246–271.

Abuddin Nata. (2012). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia (Edisi 4 Ce). Kencana.

Abuddin Nata. (2018). Psikologi Pendidikan Islam (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Afifuddin Harisah. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Prinsip dan Dasar Pengembangan (Cetakan 1). Deepublish Publisher.

Arieska, O., Syafitri, F., & Zubaedi. (2018). Pengembangan Kecerdasan Emosional (Emosional Quotient) Daniel Goleman pada Anak Usia Dini dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Al-Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 103–116.

Daulay, H. P. (2014). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat (Nurussakinah Daulay (ed.); Cetakan 1). Kharisma Putra Utama.

Ghufron, M. N. (2016). Peran Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Toleransi Beragama. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 4(1), 138–153.

Goleman, D. (2003). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi (Cetakan Ke). PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional (Cetakan Ke). PT Gramedia Pustaka Utama.

HM, E. M. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Jurnal Tadrib, II(2), 1–16.

Kistoro, H. C. A. (2014). Kecerdasan Emosional dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XI(1), 1–18.

Mardjun, A. N. (2007). Urgensi Pendidikan Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Hunafa, 4(4), 333–338.

Masruroh, A. (2014). Konsep Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Pendidikan Islam. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 67–68.

Masyitoh, D. (2020). Urgensi Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kecerdasan Sosial, Emosional Anak. Journal of Elementary School (JOES), 3(1), 47–60. https://doi.org/10.31539/joes.v3i1.571

Murni, D. (2016). Kecerdasan Emosional Menurut Perspektif Al-Quran. Jurnal Syahadah, 5(1), 95–117. http://www.ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/syahadah/article/view/71/67

Nisa, A. W. C., & Susandi, A. (2021). Kontribusi Pendidikan Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(02), 154–170. https://doi.org/10.37542/iq.v4i02.236

Riyadi, I. (2015). Integrasi Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional dalam Kurikullum Pendidikan Agama Islam di SMA: Perspektif Daniel Goleman. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 12(1), 141–163.

Sulaiman, H., Ismail, Z., & Yusof, R. (2013). Kecerdasan Emosi Menurut Al-Quran dan Al-Sunnah : Aplikasinya Dalam Membentuk Akhlak Remaja. O-JIE The Online Journal of Islamic Education, 1(2), 51–57.

Sulaiman, M., Hamdani, M. D. Al, & Azis, A. (2018). Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 78–109.

Toto Suharto. (2013). Filsafat Pendidikan Islam (Aziz Safa (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Wahyuni, N., & Bahtiar, A. R. (2017). Hubungan Emotional Quotient Dengan Kemampuan Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Keagamaan. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 77–84. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.360

Zakiyah. (2019). Pendidikan Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam (Arifin Suryo Nugroho (ed.); Cetakan ke). UM Purwokerto Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v8i01.8701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nidaan Khafiyya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.