Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Keterampilan Komunikasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nihayatul Amal Rawamerta - Karawang

Leenen Dilla, Achmad Junaedi Sitika, Ceceng Syarief

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan komunikasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas IX di SMP Nihayatul Amal Rawamerta  tahun ajaran 2020/2021 dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi, dan kajian dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif, validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keterampilan komunikasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Nihayatul Amal tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi (angket) yang menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw dalam proses belajar mengjar pelajaran agama islam sudak baik atau mendekati sangat baik. Hal ini berdasarkan frekuensi jumlah jawaban responden yang sangat setuju yaitu sebanyak 47(153%). Penerapan metode jigsaw berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan komunikasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah SMP Nihayatul Amal. Hal ini berdasarkan pada nilai  Thitung sebesar 8,821 > Ttabel sebesar 1,333 dan nilai probalitas (sig) 0,000 < ⍺ 0,05. Besarnya konstribusi (pengaruh) penerapan metode jigsaw terhadap keterampilan komunikasi belajar adalah 0,735 (73,5%).

Kata Kunci : Metode pembelajaran Jigsaw, Keterampilan Komunikasi Belajar

Abstrak

The purpose of this study was to improve students' communication skills in learning PAI class IX at SMP Nihayatul Amal Rawamerta for the academic year 2020/2021 by using the jigsaw type cooperative learning method. The method used in this study is a correlational research method. The research data were obtained through questionnaires, observations, and documentation studies. The data analysis technique used in this study is quantitative descriptive analysis, the validity of the data using the data source triangulation technique. The conclusion of this study is that the application of the jigsaw learning method can improve students' learning communication skills in Islamic religious education subjects at Nihayatul Amal Middle School for the 2020/2021 academic year. This is evidenced from the results of observations (questionnaires) which show that the application of the jigsaw method in the teaching and learning process of Islamic religious lessons is good or close to very good. This is based on the frequency with which the number of respondents who strongly agree is 47 (153%). The application of the jigsaw method has a positive and significant effect on students' learning communication skills in Islamic religious education subjects at Nihayatul Amal Middle School. This is based on the Tcount value of 8.821 > Ttable of 1.333 and the probability value (sig) 0.000 < 0.05. The magnitude of the contribution (influence) of the application of the jigsaw method on learning communication skills is 0.735 (73.5%).                                                                 

Keywords—Jigsaw learning method, Learning Communication Skills


Keywords


Jigsaw learning method, Learning Communication Skills

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sakee, U. (2014). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Tetrahedron Letters, 55, 3909.

Sholihah, H. A., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2016). Metode Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMP. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 160–167.

Arikunto,Suharsimi.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Departemen Agama RI. (2015). AL-Qur’an Terjemahan. CV Darus Sunah

Bandung:Alfabeta,2010

Prasetyo,H.2017.Statistik Dasar:Sebuah Panduan Untuk Penelitian Pemula

Susetyo,B.2010.Statistika Untuk Analisis Data Penelitian.Bandung:Refika Aditama

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuanatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Singgaribun, Masri dan Sofian E. 2020. Metode Penelitian Survai. LP3ES: Jakarta

Mel Sibermen,(2004).101 Staretgi Pembelajaran Aktif (Active Learning).Bandung: Nusa Media.hlmn 653

Robert E.Slavin.(2005).Cooperatif Learning.Bandung:Nisa Media.hlmn.235

Model Pembelajaran Jigsaw.

https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2016/01/20/model pembelajaran-jigsaw/

Rakhmat,Jalaludin.(2003).Psikologi Komunikasi.Bandung:Remaja Rosdakarya

Stikno Sobry.(2013).Belajar dan Pembelajaran.Lombok:Holistica

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Deepublish: Yogyakarta

Zuhairini dkk. 2010. Sejarah Pendidikan Islam. Bumi Aksara: Jakarta

Zakiah,Metode Khusus Pengajaran Agama Islam,Jakarta:Bumi Aksara 2008

Djaali,Psikologi Pendidikan,Jakarta:Bumi Aksara 2009

Hamalik,Oemar,Proses Belajar Mengajar,Jakarta:PT.Bumi Aksara,2001.Majid

Harmon, M., Skow, B., Simonson, P., Peck, J., Craig, R. T., Jackson, J. P., Simonson, P., Peck, J., Craig, R. T., Jackson, J. P., Pointon, D., Sugiyono, A., Thiel, C., Priyono, Sugiyono, S., Bentley, J. L., Van Fraassen, B. C., Creswell, John W. Edition, T., Hirschberg, W., … McCrae, R. R. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. In Philosophy of Science (Vol. 4, Issue 4). http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19528854%0Ahttp://libproxy.unm.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=a9h&AN=51827937&site=eds-live&scope=site%5Cnhttp://content.ebscohost.com.libproxy.unm.edu/ContentServer.asp?T=P&P=AN&K=51

Purwanti, E., Palupi, R. Z. P., Galuh, A., & Rianingsih, D. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Abad 21.

Rahman, A. (2012). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam - Tinjauan Epistemologi Dan Isi - Materi. Eksis, 8(1), 2053–2059.

Arsal, A. F., Biologi, M. P., Makassar, U. N., Makassar, K., Biologi, D. J., Makassar, U. N., & Makassar, K. (2020). KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK : STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 SIDRAP.

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17

Marfuah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26, 148–160.

Mukrimaa, S. S. (2014). 53 Metode Belajar Pembelajaran. 212.

Nurmala, R. S., & Priantari, I. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Discovery Learning Improving Communication Skills And Cognitive Study Result Through Discovery. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 1–10. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BIOMA/article/view/586

Sulaiman. (2017). METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) Penulis Dr . Sulaiman , MA.

Wati, M. ., Maulidia, I. ., Irnawati, & Supeno. (2019). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 2 Jember dalam Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning pada Materi Kalor dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 275–280.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v7i02.5595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Leenen Dilla, Achmad Junaedi Sitika, Ceceng Syarief

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.