Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakater Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim

Andi Mihrajuddin, Muqowwim Muqowwim

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis mengenai rekontruksi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’lim Muta’allim. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan atau library research, yakni penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data, kitab-kitab atau karya tulis Ilmiah yang ada kaitannya dengan objek penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Dari hasil penilitian nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Ta’lim Muta’allim yaitu seperti: Niat baik, musyawarah, sabar dan tabah, hormat dan khidmah, istiqomah dan kerja keras, menghargai diri sendiri, bercita-cita tinggi, tawakkal, kasih sayang dan saling menasehati, mengambil pelajaran (Istifadhah). Dari hasil temuan tersebut dapat dikatakan bahwan kitab tersebut masih relevan untuk digunakan bagi dunia pendidikan islam di zaman sekarang.


Keywords


Nilai, Pendidikan, Pendidikan Karakter, Ta’lim Muta’allim

Full Text:

PDF

References


Aljufri, Syekh Abdul Kadir. 2009. Terjemah Ta’lim Muta’allim, Sebuah Panduan Bagi Para Penuntut Ilmu. Surabaya: Mutiara Ilmu.

Fahmi, Muhammad Nahdi dan Sofyan Susanto. 2018. “Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan. Volume. 7, No.2.

Hasanah, Uswatun dkk. 2019.“Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab ta’lim muta’allimdan ayyuhal waladkarya syeikh burhanuddin al-zarnuji dan imam ghazali”. Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 2 Tahun.

Hendrawan. 2019. Pendidikan Karakter Era Milenial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kosim, Muhammad. 2011. “Urgensi Pendidikan karakter”. Jurnal KARSA, Vol. IXI No. 1.

Khasanah, Wakhidatul dkk. 2019. “Peranan Remaja Masjid Ar-Rahman Dalam Pembentukan Karakter Remaja Yang Religius Di Desa Waekasar Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru”. Jurnal Kuttab, Vol. 1, No.1.

Khamalah, Nur. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah”. Jurnal Kependidikan, Vol. 5 No. 2.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2017. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purbajati, Hafidz Idri. 2019. “Relevansi Kitab Ta’lim Muta’allim dengan Pendidikan Masa Kini (Tinjauan Faktor-faktor Pendidikan)”. Munaqasyah Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran LPPM STIB Banyuwang. Volume. 1 No. 1.

Putry, Raihan. 2018. “Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas”. International Journal of Child and Gender Studies. Vol. 4, No. 1.

Salim, Ahmad. 2015. “Manajemen Pendidikan Karakter Di Madrasah (Sebuah Konsep dan Penerapannya)”. Jurnal TARBAWI Volume 1. No. 02.

Susanti, Rosa. 2013. “Penerapan Pendidikan Karakter di Kalangan Mahasiswa”. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6.

Utami, Ratnasari Diah. 2015. “Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah”. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 2, No. 1.

Woro, Sri dan Marzuki. 2016. “Peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik di smp negeri 2 windusari Magelang”. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, No. 1.

Zaim, Muhammad. 2020. “Pemikiranpendidikan Al-Zarnuji (Rekontruksi Epistimologi Pendidikan Modern Berbasis Sufistik-Etik)”. Jurnal Muslim Heritage. Volume 5, Nomor 2.

الشيخ زرنوج. شرح تعليم المتعلم. سورابايا : دار العابدين




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v7i02.4792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 andi mihrajuddin S.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.