Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Membentuk Pribadi Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Sdn 24 Macanang Kabupaten Bone

Astina Aras, Muh. Khalifah Mustami, Muh. Rapi

Abstract


Terjadinya tawuran di kalangan pelajar,tindak asusila, penganiayaan yang menggambarkan peningkatan dalam perilaku kriminal serta merupakan indikator yang menunjukkan terjadinya degradasi dan krisis akhlak, moral dan etika sosial. Penguatan pendidikan karakter menjadi simbol penguatan karakter kebangsaan dan dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi saat ini. Untuk itu, pendidikan nasional harus berfokus pada penguatan karakter di samping pengembangan intelektual berupa kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk pelaksanaan penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan paedagogik dan sisiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi trangulasi waktu. Hasil Pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SDN 24 Macanang mencakup penguatan pendidikan karakter yang berbasis kelas, berbasis budaya dan berbasis masyarakat.


Keywords


Character Strengthening Education, Quality of education, Akhlakul Karimah

Full Text:

PDF

References


Anshori Isa. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah.” Halaqa: Islamic Education Journal (online), Vol. 1, No. 2,

(https://www.researchgate.net/publication/321939290_Penguatan_Pendidikan_Karakter_di_Sekolah, diakses pada tanggal 21 November 2019).

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

B. Marjani Alwi. 2014. Pendidikan Karakter: Solusi Bijak Menyikapi Perilaku Menyimpangi Anak. Makassar: Alauddin University Press.

Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Proyek Peningkatan Pelayanan Kehidupan Beragama, Pusat Direktorat JendralB imbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji.

Hendarman, dkk. 2017. Konsep dan Pedoman: Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Idi, Abdullah dan Safarina. 2016. Etika Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jejen Musfah. 2012. Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta:Prenada Media Group.

Masnur Muslich. 2013. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Kritis Multidimensional. Jakarta: Bumii Aksara.

Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2013. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Kritis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngainun. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Pupuhi Fathurrahman. 2013. iPengembangani Pendidikani Karakter. Bandung:i PTi Refikai Aditama.

Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Saptono. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun PPK. 2016. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter:Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Yaumi. 2014. Pendidikani Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta; Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v7i01.4790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 asti tina aras, Muh. Khalifah Mustami, Muh. Rapi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.