Pembelajaran Dzikir dan Do’a Sesudah Shalat Melalui Perkuliahan Daring (Study Diskriptif di Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan)

Risdiani Risdiani, Gigih Setianto

Abstract


Abstrak

Dampak pandemi covid-19 telah menimbulkan banyak perubahan pada berbagai sistem kehidupan, termasuk sistem pendidikan di Indonesia, khususnya Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP). Sebelum terjadinya panademi Covid-19 sistem perkuliahan di UMPP dilakukan secara tatap muka (luring/ofline). Namun demikian setelah terjadi wabah Covid-19, berdasar surat edaran Rektor tanggal 16 Maret 2020, sistem perkuliahan diberlakukan secara daring (online).

Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran pembelajaran dzikir dan do’a sesudah shalat dan hasil pembelajaran dzikir dan do’a melalui perkuliahan daring (online). Hasil penelitian mendiskripsikan bahwa pelaksanaan perkuliahan secara daring dengan menggunakan aplikasi WA Group dan Zoom Cloud Meeting dimulai dengan mempersiapkan materi baik berupa ppt maupun video pembelajaran, serta menyiapkan instrumen penilaian. Pelaksanakan perkulihaan menggunakan via WA Group dan Zoom Claud Meeting. Di akhir pembelajaran mahasiswa mengirimkan Video dzikir dan do’a sesudah shalat melalui WA Graup. Hasil evaluasi pembelajaran dzikir dan do’a menunjukkan rata-rata perolehan nilai pada kleas A dan Kelas B yang masing-masing kelas berjumlah 51. menunjukkan kategori nilai B. Adapun rinciannya,  kelas A mencapai 25 mahasiswa atau 49%, sedangkan pada kelas B terdapat 30 mahasiswa atau mencapai 58%.


Keywords


Dzikir dan do’a, Perkuliahan daring

Full Text:

PDF

References


Bilfaqih. Yusuf, Qomarudin. M. Nur, Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Sleman.: Deepublish, 2012

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Surat Edaran Nomor 262/E.E2/KM/2020 tentang Pembelajaran selama Masa Darurat Pandemi Covid-19 tanggal 23 Maret 2020

Firman, F., & Rahayu, S. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid- 19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. 31 Maret 2020

Majelis DIKTILITBANG PP Muhammadiyah, Surat Edaran Nomor 0297/EDR/1.3/H/2020 Tentang Pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 di lingkungan PTMA

Milman, N. B Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08- 097086-8.92001-4., 2015

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Di Sekolah, Madrasah, Dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali, 2012

Notoatmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta. 2010.

Nursalam, Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika, 2008.

Rektor UMPP, Surat Edaran Nomor 379/TU.01/III/2020 tentang Kegiatan Pembelajran Tatap Muka Yang Dialihkan Dengan Sistem Daring. Tanggal 16 Maret 2020

Rosenberg, Pemanfaatan Multimedia dalam Pendidikan, Newyork: Addison. Wesley Logman. 2001.

Shi, H., et. al., Radiological findings from 81 patients with COVID-19 pneumonia in Wuhan, China: a descriptive study. The Lancet Infectious Diseases. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(20)30086-4, 2020.

Siregar, et. al, Merekonstruksi alam dalam kajian sains dan agama: Studi kasus pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dampak Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/ 30700, 2020

Sohrabi, et. al., World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034, . 2020




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v6i02.4541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Risdiani Risdiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.