KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF HADITS
Abstract
Pendidikan karakter adalah menanamkan karakter tertrtu sekaligus ,memberikan benih agar peserta didik mampu menumbuhkan karakter khasnya pada saat menjalani kehidupan di masyarakat. Dengan menjalani sejumlah gagasan atau model karakter tidak akan membuat peserta menjadi kratif, namun membutuhkan sebuah konsep yang matang mampu menumbuhkan karekter siswa. Salah satu konsep pendidikan karakter yang telah lama dibuat oleh Rasulullah lewat Hadits-haditsnya. Konsep pendidikan karakter yang digambarkan dalam hadist Rasulullah sangat penting untuk di kembangkan dan dipelajari. Adapun kualitas hadis tentang konsep pendidikan karakter adalah dari sanad maka hadis bersatus sahih li zatihi, demikian juga dari sahih segi matan. Sementara konsep pendidikan karakter dalam hadits ada dua. Pertama, pembentukan karakter yang didasari keteladanan akan menuai kebaikan bagi dirinya sendiri dan orang lain. Oleh karenanya pengaruh keluarga sebagai tempat pendidikan pertama bagi sang anak harus berupa orang-orang yang baik pula. Kedua,dalam pandangan Islam, manusia lahir di dunia ini membawa
fitrah,potensi, kemampuan dasar, atau pembawaan (hereditas).
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Perspektif Hadits
ABSTRACT
Character education is to instill certain character at once, giving the seeds so that learners are able to cultivate its distinctive character at the time into the life of the community. By taking some ideas or models will not make the character become creative participants, but requires a mature concept was able to grow the character of students. One concept of character education that have long been made by the Prophet through the Hadith-hadith. The concept of character education that is described in the hadith the Prophet is very important to be developed and studied. As for the quality of the hadith about the concept of character education is of sanad become Shahih li zatihi, as well as valid in terms of honor. While the concept of character education in the hadith there are two. First, the establishment of which is based on the exemplary character will reap goodness for himself and others. Therefore, the influence of family as the first school for the children should be good ones anyway. Secondly, in the view of Islam, man is born in this world bring the nature, potential, basic abilities, or nature (heredity).
Keyword: Character Education, Hadith Perspektif
Full Text:
PDFReferences
Yasin, A Fatah, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press, 2008
Muhammad, Abu Bakar, Hadits Tarbawi III, Surabaya: Karya Abditama, 1997
Abdullah, Abdurrahman Saleh, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.
Q-Anees, Bambang, dan Adang Hambali, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’ân, Bandung: PT. Simbiosa Rekatama Media, 2008.
Suprayogo, Imam, Generasi Miskin Tauladan,http://www.facebook.com, diakses pada tanggal 5 Februari 2013.
al-Bukhari, al-Ja’fi, Muhammad bin Isma’il Abi Abdullah. Sahih al-Bukhari, Juz IV, Cet. 1; Dar T}auq al-Najah, 1422 H., t.t.
Juwairiyah, Hadits Tarbawi, Yogyakarta: Teras, 2010
Hidayatullah, M. Furqon, Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010
Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur’ân, Jakarta: Lentera Hati, 2008.
Ni’matulloh.et. all, Pendidikan Karakter Dalam Persfektif Pendidikan Islam,http://nimatulloh.blogspot.com, diakses pada tanggal 5 Februari 2013.
Mudyarahardjo, Redja dkk., Materi Pokok Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Universitas Terbuka, 1995.
Sayadi, Wajidi, Hadis Tarbawi: Pesan-pesan Nabi Saw. Tentang Pendidikan, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2009.
DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL TARBAWI