SISTEM PEMBINAAN HALAQAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI DI MARKAZ TAHFIDZ ALQURAN AL-BIRR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas daya ingat hafalan quran pondok pesantren dan emosional quetient para alumni setelah kembali kemasyarakat”dan untuk mengetahui Penelitian ini adalah merupakan penelitian (Field Research). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan dengan jalan mengadakan penelitian secara langsung kelokasi yang menjadi tempat penelitian. Untuk melengkapi data penelitian digunakan instrnment penelitian observasi, wawancara, dokumentasi, sehingga data terkumpul dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,“Sistem Pembinaan Halaqah di Markaz Tahfidz Alquran Al-birr sudah diterapkan dan sudah menjadi program tahfidz Al-birr Malino yang diterapkan sejak dulu dan berjalan sampai saat ini” dimana dalam sistem pembinaan dalam menghafal Alquran yaitu, “sistem tahsin, sistem privat dan sistem mandiri” dan “faktor-faktor yang mendukung yaitu, mampu memahami ilmu tajwid dan mudah melafaskannya, kemauan santri itu sendiri, berkat dorongan dan motivasi orangtua, serta tidak jauh dari bimbingan ustdaz/pembina tahfidz”
Kata Kunci: Pembinaan Halaqah, Kecerdasan Emosional
The purpose of this study is to investigate the recall memorizing the Quran of students at boarding school and graduated emotional quotient after returning the society "and to know it. This is a research study (Field Research). The method used is to use the data collection methods used to conduct the research directly to location as the place to study. To complement the research data used instrument observational studies, interviews, documentation, so that the data is collected and analyzed. The results showed that the "System Development Halaqah in Markaz Tahfidz Qur'an Al-birr has been implemented and is already a program Tahfidz Al-birr Malino applied since the first and walked up to the moment" in which the coaching system in memorizing the Qur'an that, "the system tahsin, system of private and self-contained system "and" the factors that support that is, able to understand the science of tajwid and easy to pronounce it, the willingness of the students themselves, thanks to the encouragement and motivation of parents, and not far from the guidance ustdaz / builder Tahfidz"
Keywords: Halaqah Coaching, Emotional IntelligencFull Text:
PDFReferences
Al-Qur’anul Karim
Al Bukhari al-Ja'fi, Al-Bukhari, bin Hasyiati Sanadi, (Beirut: Dar al-Fikr, 1991), Jilid I.
Al-Quran dan Terjemah, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Quran, 1990.
AlHusna A Syalabi, 1988. Sejarah Pendidikan Islam, Terj. Prof. H. Muchtar yahya,Sanusi Latief Jakarta: Bulan bintang.
Agustian, Ary Ginanjar,2003ESQ Power Sebuah Inner Journey Melalui Al-Ihsan Jakarta: Arga.
Alder, Harry, Boost Your intelligence: Pacu EQ dan IQ and, terj. Christina Prianingsih ,Jakarta: Erlangga, 2001.
Firdaus, 1997. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Goleman, Daniel, 2004. Emotional Intelligence atau Kecerdasan Emosional MengapaEI lebih penting daripada IQ, Terj. T. Hermaya, Jakarta: GramediaPustaka Utama cet. XIV.
Langgulung Hasan, 2002. Pendidikan islam mengahdapi Abad ke-21, Jakarta:Pustaka.
Haikal, 1973.Sejarah Hidup Muhammad, terjemahan Ali Audah, Jakarta: Tinta Mas, Jilid I.
Yunus Mahmud, 1992. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Hidakarya Agung.
Murodi, 2009.Sejarah Kebudayaan Islam, Semarang: Karya Toha.
Nisar Samsul. 2007. Sejarah Pendidikan Islam (Menelusuri jejak sejarah pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia)Jakarta : Kencana.
Lubis Satria Hadi. 2010. Menggairahkan Perjalanan, Halaqah kiat agar halaqah lebih dahsyat full manfaat.Yogyakarta.Penerbit Pro-U Media.
Nawi syahruddin. 2014. Penelitian Hukum Normatif Versus Penelitian Hukum Empiris. Penerbit PT Umitoha Ukhuwah Grafika, Makassar.
Zuhairini, dkk, 2008.Sejarah Pendidikan Islam,cet.9, Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL TARBAWI