PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT,RECITE, DAN REVIEW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI

Astriani Wangka, Mustahidang Usman

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research (CAR). Dalam  Penerapan strategi pembelajaran ( preview, question, read, reflect,recite, dan review) PQ4R  siswa dituntut untuk lebih kreatif dan aktif dalam membaca dan menyimak, menelaah materi yang disajikan, sehingga kepecayaan dirinya dapat muncul sehingga ia dapat lebih aktif  dalam kelas, dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa, sehingga dalam proses belajar mengajar siswa lebih menyenangkan dan lebih serius belajar.  Hasil penelitian membuktikan bahwa Penerapan strategi pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, dan review (PQ4R) sangat berpengaruh dalam  meningkatkan prestasi belajar PAI siswa SMA Neg. 1 Anggeraja, yang ditandai dengan kian meningkatnya hasil belajar siswa dari siklus ke siklus yang lain yakni ketuntasan hasil belajar  pada pra siklus 37, 03 %, siklus 1 yakni  44,44 %, dan siklus 2 yakni 81,48%.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, PQ4R , Prestasi Belajar

 

This study uses classroom action research or classroom action research (CAR). In the Application of instructional strategies (preview, question, read, reflect, Recite, and review) PQ4R students are required to be more creative and active in reading and listening, assessing the material presented, so trust he may appear so that he can be more active in the classroom, can foster self-confidence of students, so that students in the learning process more fun and more serious about learning,. Research shows that learning strategies Implementation preview, question, read, reflect, Recite, and review (PQ4R) is very influential in improving learning achievement of high school students PAI Neg. 1 Anggeraja, characterized by ever increasing student learning outcomes from cycle to another cycle that mastery learning outcomes in pre-cycle 37, 03%, ie 44.44% cycle 1 and cycle 2 which is 81.48%.

 

Keyword: Learning Strategies, PQ4R, Achievement


Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo.2013.Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme Dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta:PT.Rajawali Pers

Al Barry, M. Dahlan. 1994. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Arkala

Asril, Zainal.2012. Micro Teaching: Disertai Denga Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers

Bahri Djamarah, Syiful dan Asuan Zaid. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Darmansyah.2010. Strategi Pembelajran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Departemen Agama RI. 2006 Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan . Jakarta :Dirjen Pendidikan Islam

Departemen Agama RI. 2009. Al- Qur’an dan Terjemahnya. Bandung : PT sigma examedia arkanleema

Departemen pendidikan nasional. 2005. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Hasibah. 2012. Efektifitas Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Berdasarkan Pendekatan Terbuka Terakhir (Open-Ended Approach) Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah Kabupaten Selayar. Makassar: UNISMUH

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi: Referensi

Kunandar.2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Propesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers

Munarfah, Andi dan Mahammad Hasan.2009. Metode Penelitian. Jakarta:Cv. Pratika Akasara Semesta

Nata, Abuddin.2011. Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Purwanto,Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rusman. 2012. Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Propesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers

Trianto.2007. model- model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik.

Universitas Muhammadiyah Makassar.2008. Pedoman Penulisan Skripsi. Fakultas Agama Islam.

UU. Sisdiknas No. 20 tahun 2003




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL TARBAWI