PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT,RECITE, DAN REVIEW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research (CAR). Dalam Penerapan strategi pembelajaran ( preview, question, read, reflect,recite, dan review) PQ4R siswa dituntut untuk lebih kreatif dan aktif dalam membaca dan menyimak, menelaah materi yang disajikan, sehingga kepecayaan dirinya dapat muncul sehingga ia dapat lebih aktif dalam kelas, dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa, sehingga dalam proses belajar mengajar siswa lebih menyenangkan dan lebih serius belajar. Hasil penelitian membuktikan bahwa Penerapan strategi pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, dan review (PQ4R) sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa SMA Neg. 1 Anggeraja, yang ditandai dengan kian meningkatnya hasil belajar siswa dari siklus ke siklus yang lain yakni ketuntasan hasil belajar pada pra siklus 37, 03 %, siklus 1 yakni 44,44 %, dan siklus 2 yakni 81,48%.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, PQ4R , Prestasi Belajar
This study uses classroom action research or classroom action research (CAR). In the Application of instructional strategies (preview, question, read, reflect, Recite, and review) PQ4R students are required to be more creative and active in reading and listening, assessing the material presented, so trust he may appear so that he can be more active in the classroom, can foster self-confidence of students, so that students in the learning process more fun and more serious about learning,. Research shows that learning strategies Implementation preview, question, read, reflect, Recite, and review (PQ4R) is very influential in improving learning achievement of high school students PAI Neg. 1 Anggeraja, characterized by ever increasing student learning outcomes from cycle to another cycle that mastery learning outcomes in pre-cycle 37, 03%, ie 44.44% cycle 1 and cycle 2 which is 81.48%.
Keyword: Learning Strategies, PQ4R, Achievement
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo, Sutarjo.2013.Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme Dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta:PT.Rajawali Pers
Al Barry, M. Dahlan. 1994. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Arkala
Asril, Zainal.2012. Micro Teaching: Disertai Denga Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers
Bahri Djamarah, Syiful dan Asuan Zaid. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Darmansyah.2010. Strategi Pembelajran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Departemen Agama RI. 2006 Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan . Jakarta :Dirjen Pendidikan Islam
Departemen Agama RI. 2009. Al- Qur’an dan Terjemahnya. Bandung : PT sigma examedia arkanleema
Departemen pendidikan nasional. 2005. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Hasibah. 2012. Efektifitas Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Berdasarkan Pendekatan Terbuka Terakhir (Open-Ended Approach) Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah Kabupaten Selayar. Makassar: UNISMUH
Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Jambi: Referensi
Kunandar.2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Propesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers
Munarfah, Andi dan Mahammad Hasan.2009. Metode Penelitian. Jakarta:Cv. Pratika Akasara Semesta
Nata, Abuddin.2011. Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Purwanto,Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rusman. 2012. Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Propesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers
Trianto.2007. model- model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik.
Universitas Muhammadiyah Makassar.2008. Pedoman Penulisan Skripsi. Fakultas Agama Islam.
UU. Sisdiknas No. 20 tahun 2003
DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.359
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL TARBAWI