Pendidikan Karakter Dalam Meraih Prestasi Belajar Prespektif Psikologi Dan Islam

Lailiyatul Maulidah, Abdul Muhid

Abstract


Prestasi belajar merupakan suatu yang ingin diraih setiap pesrta didik, guru akan merasa sangat bangga sekali melihat prestasi yang mampu diraih oleh peserta didiknya. Kurikulum Nasional yang saat ini digunakan pendidikan di Indonesia penilaian dalam menentukan prestasi belajar dapat diraih dengan banyak hal diantaranya menguasai cara belajar, trampil membagi waktu, mengerjakan tugas, menjaga kesehatan, berkarakter baik serta berdoa dan meminta restu oarang tua. Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang pentingnya meraih prestasi belajar serta menelaah proses penanaman pendidikan karakter dalam prespektif psikologi dan Islam. Karena dalam prespektif psikologi dan islam saling berkesinambungan untuk membentuk nilai-nilai karakter. Hasil temuan pada artikel ini menunjukkan bahwa dalam meraih prestasi belajar dapat ditempuh dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter. Dengan menerapkan nilai-nilai dalam pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demolratis, ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, sosial serta bertanggung jawab prestasi belajar mampu diraih oleh peserta didik.


Keywords


Pendidikan Karakter; Prestasi Belajar; Psikologi; Islam

Full Text:

PDF

References


Aep Saepudin, “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam” Syntax Literate, Vol. 3, No. 1(Januari 2018).

Agus Setiawan, “Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji),” Jurnal Dinamika Ilmu, Vol. 14, No. 1 (Juni, 2014).

Agustinus Hermino, Viengdavong Luangsithydeth, “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Psikologis Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Era Globalisasi Dan Multikultural” Manajemen Pendidikan Volume 24, Nomor 2, (September 2013).

Ahmad Syafi’i, Tri Marfiyanto, Siti Kholidatur Rodiyah, “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi” Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, (Juli 2018).

Hidayat, “Model Keterampilan Kecerdasan Emosional (EQ) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,” Vol. 4 No. 1 ( Juli-Desember 2011).

https://tafsirq.com/hadits/bukhari/1296

Masdewi, Mazarina Devi Teti Setiawati, “Korelasi Perilaku Makan Dan Status Gizi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Akselerasi Di Smp”, Teknologi Dan Kejuruan, VOL. 34, NO. 2, (September, 2011).

Muhammad Riza, “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam”, Jurnal As-Salam, Vol.1, No. 1, (Mei - Agustus 2016).

Musrifah, “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam”, Jurnal Edukasia Islamika Volume 1, Nomor 1, (Desember 2016).

Mustofa Kamal, “Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa” Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2, 2017.

Novita Rahmi, Manusia dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam, Jurnal Dewantara, Volume II, (Juli-Desember, 2016).

Nur Handayani, “Pengaruh Media pembelajar Untuk peningkatkan Prestasi belajar”, An-Nuha, Vol. 1, No. 2 (Desember 2014).

Suriadi, Pendidikan Islam Masa Rasulullah SAW, BELAJEA : Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 02, 2017.

Yoke Suryadana & Ahmad Hafdzil Haq, “Pendidikan Aklak Menurut Imam Al-Ghazali,” Jurrnal At-Ta’dzib, Vol. 10, No. 2 (Desember, 2015).




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v6i01.3535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lailiyatul - Maulidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.