PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian statistik deskriptif kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh variabel kedidiplinan guru terhadap prestasi belajar siswa SMP Unismuh Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Unismuh Makassar yang berjumlah 153 orang. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 30 % dari populasi yaitu sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan tersebut dianalisis dengan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh antarvariabel, yaitu pengaruh variabel kedisiplinan guru terhadap preatsi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kedisiplinan guru di SMP Unismuh Makassar berdasarkan data, diperoleh nilai R sebesar 0, 714 yang menunjukkan pengaruh yang sangat besar antar variabel. Selain itu diperoleh R square sebesar 0,51 yang menunjukkan bahwa kedisiplinan guru mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMP Unismuh Makassar 51, % dan sisa yaitu 49% yang dipengaruhi variabel lain.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Prestasi belajar
This research is a quantitative descriptive statistics, to determine the effect of variable kedidiplinan teachers on student achievement SMP Unismuh Makassar. The study population was all students of SMP Unismuh Makassar totaling 153 people. Is Sample in this research taken as much as 30% of the population of many as 50 people. The collection techniques using observation, giving inquiry, interviews, and documentation. The collection were analyzed using regression analysis to determine the effect among variables, namely the effect of variable preatsi discipline of teachers to student learning. The results showed that the implementation of the discipline of teachers in junior hight school Unismuh Makassar based on the inquiry, obtained by the R number of 0, 714 which shows the enormous influence among variables. Additionally obtained R-square of 0.51 indicating that the discipline of teachers affect student achievement in junior hight school Unismuh Makassar 51,% and the remainder of which 49% are influenced by other variables.
Keywords: Discipline, learning achievement
Full Text:
PDFReferences
Abdul Mujib, Muhaimin. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasional, Bandung: Trigenda Karya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cet. XIII; Jakarta : PT Rineka Cipta Al-qur’anul Karim dan Terjemahannya
Asmani, J Ma’mur. 2011. Tips Sukses Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, Cet. I; Yogyakarta: Diva Press
Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru: dari Prajabatan, Induksi, Ke Profesional Madani, Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Departemen Agama RI. 2006. Al quran dan Terjemahannya. Bandung: PT Syamil Cipta Media
Getteng, Rahman. 2011. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika, Cet. III; Yogyakarta: Graha Guru.
Isa, Muhammad Kamal. 1994. Manajemen Pendidikan Islam, Cet. I; Jakarta: PT Fikahati Aneska.
Meichati, Siti. 1975. Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP IKIP
Nawawi, Hadari. t.th. Metode Penelitian Bidang Sosial (Cet.VIII; Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Prijodarminto, Soegeng. 1994. Disiplin Kiat Menuju Sukses, Cet II, Jakarta: CV Pradnya Paramit
Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan, Cet. XIX; Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Cet. IV; Jakarta: PT Rineka Cipta
Srijanto Djarot, Waspodo Eling, BA, Mulyadi. 1994. Tata Negara Sekolah Menengah Umum. Surakarta: PT Pabelan
Sudjana, Nana. 1991. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Administrasi. Cet. XV; Bandung : CV Alfabeta
Sukardi, Ketut Dewa. 1983. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, Cet. I; Surabaya: Usaha Nasional.
Sutrisno, Hadi. 1975. Statistik, Jilid II, Yogyakarta: Yayasan Psikologi UGM.
Tohirin. 2006. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.349
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL TARBAWI