TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI

Mawardi Pewangi

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan pendidikan Islam di era globalisasi. Pembahasan difokuskan pada bagaimana karakteristik era globalisasi? Bagaimana tantangan globalisasi terhadap pendidikan Islam? Bagaimana strategi pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan globalisasi? Data diperoleh melalui studi kepustakaan kemudian dianalisis relevansinya dengan fakta aktual yang terjadi dewasa ini. Ada tiga tantangan utama yang kini dihadapi oleh pendidikan Islam, yaitu kemajuan iptek, demokratisasi, dan dekadensi moral. Pada intinya lembaga-lembaga pendidikan Islam harus mereformasi kurikulumnya agar dapat menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing dalam menghadapi kompetisi global.

Kata kunci: Tantangan pendidikan Islam, Globalisasi.

This study aims to identify and analyze the challenges of Islamic education in the era of globalization. The discussion focused on how the characteristics of the era of globalization? How the challenges of globalization on Islamic education? How Islamic education strategy in facing the challenges of globalization? Data obtained through library research and analyzed their relevance to the actual facts that happened today. There are three main challenges now faced by the Islamic education, the advancement of science and technology, democratization , and moral decadence . At the core of Islamic educational institutions should reform the curriculum in order to prepare human resources for excellence and competitiveness in the face of global competition.

Keywords: Islamic educational challenges, globalization.


Full Text:

PDF

References


Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Cet. 1; Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Daulay, Haidar Putra. 2004. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Cet. 1; Jakarta: Kencana.

Darajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Echols, John M. Echols dan Hassan Shadily. 1993. Kamus Inggris-Indonesia. Cet. XIX; Jakarta: PT Gramedia.

Fajar, A. Malik. 1998. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.

_______. (ed), 1999. Platform Reformasi Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Indra, Hasbi. 2005. Pendidikan Islam Melawan Globalisasi. Cet. II; Jakarta: Rida Mulia.

Maarif, Ahmad Syafi'i. 1991. “Pemikiran tentang Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia,” dalam Muslih Usa, ed., Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Mastuhu, 1999. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Cet. 2; Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Bogor: Kencana.

Rahim, Husni. 2001. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia (Cet. 1; Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Rahman, Fazlur. Islam and Modernity, Transformation of an Intellectual Tradition, terj. Ahsin Mohammad, Islam dan Modernitas. Yogyakarta: Pustaka, 1985.

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Cet. 1; Jakarta: Kencana.

Sadegh, Bakhtiari. 1995. Globalization and Education Challenges and Opportunities. Iran: Journal Isfahan University.

Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam. Cet. 6; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H.A.R. 2008. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Cet. 9; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

__________, 1998. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.

Wahid, Marzuki. 2011. Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi. Bandung: Pustaka Hidayah.

Zubaedi. 2012. Isu-Isu Baru dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam dan Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL TARBAWI