Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI di SMK Diponegoro Salatiga

Taufiqur Rohman, Deni Setyadi Nugraha

Abstract


Abstrak

Mata pelajaran PAI termasuk pelajaran penting. Harapan orang tua peserta didik  adalah supaya anak-anaknya dibina dan dibekali mengenai agama Islam agar kelak menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa.Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam yang dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Diponegoro Salatiga, 2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar PAI di SMK Diponegoo Salatiga dan 3) Menetahui faktor penunjang dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Diponegoro Salatiga.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa SMK Diponegoro Salatiga serta sumber sekunder berupa foto-foto kegiatan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1). strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di SMK Diponegoro Salatiga yaitu dengan melakukan pembiasaan dalam sekolah, menjadi tauladan yang baik untuk sebagai contoh bagi siswanya, berkolaborasi dengan minta bantuan guru lain dan siswa dalam pembelajaran agama di sekolah.2) Peningkatan motivasi belajar PAI siswa di SMK Diponegoro Salatiga pada pembelajaran PAI cukup meningkat dan berhasil, buktinya dengan banyaknya siswa yang bertanya ketika pembelajaran, mengerjakan tugas, waktu KBM siswa antusias, berdoa mulai pelajaran dan menutup. 3) Faktor penunjang dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa di SMK Diponegoro Salatiga adalah ada dua faktor, yang pertama faktor internal yaitu faktor yang ada dalam diri siswa tersebut dan yang kedua faktor eksternal yaitu faktor yang ada di luar diri siswa seperti guru, kepala sekolah dan sarana.

 

Kata kunci: Strategi, Pendidikan Agama Islam, Motivasi

 

Abstract

PAI is an important subject. The expectation of students' parents is that their children be nurtured and equipped with the knowledge of Islam so that they will become faithful and pious human beings. Diponegoro Salatiga, 2) Knowing the improvement of PAI learning motivation at SMK Diponegoo Salatiga and 3) Knowing the supporting and inhibiting factors in increasing the motivation of PAI learning at SMK Diponegoro Salatiga.

This type of research is a type of qualitative research with a descriptive approach. Data sources in this study include primary sources namely interviews with the Principal, Islamic Religious Education Teachers and students of Diponegoro Salatiga Vocational School and secondary sources in the form of photos of activities. This data collection is done by conducting interviews, observations, and documentation.

The results showed that: 1). Islamic Religious Education teacher strategy in increasing PAI learning motivation at Diponegoro Vocational School Salatiga is to make habituation in school, a good role model for example for students, collaborating with asking for help from other teachers and students in religious learning at school.2) Increasing learning motivation PAI students at SMK Diponegoro Salatiga on PAI learning have improved and succeeded, as evidenced by the large number of students asking questions when learning, doing assignments, when KBM students were enthusiastic, praying starting lessons and closing. 3) Supporting and inhibiting factors in increasing students' PAI learning motivation at Diponegoro Vocational School Salatiga are two factors, the first is an internal factor which is a factor within the student and the second is an external factor that is a factor outside the student such as the teacher, head school and facilities.

Keywords: Strategy, Islamic Religious Education, Motivation

 


Keywords


Keywords: Strategy, Islamic Religious Education, Motivation

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aat Syafaat, Sobari Sahrani, Muslih. Peranan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2008.

Abuddin Nata. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers. 2010.

Asdiqoh, Siti. Etika Profesi Keguruan, Yogyakarta: Trust Media Publishing. 2013.

Asmani Jamal Makmun. Managemen Strategis Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press. 2009.

Darajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.

Djamarah & Aswan Zein. Strategi Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara. 2002.

Hamalik Oemar. Pendidikan Guru Konsep dan Strategi. Bandung: Mandar Maju. 1991.

Hamzah B. Uno. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.

Kartono, K & Gulo, D. Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya. 2000.

Moeleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2007.

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2006.

Sardiman A.M. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Gravindo Persada. 2009.

Sugihartono, dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. 2007.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2010.

Sukmadinata. Metode dan Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan.Jakarta: Remaja Rosda Karya. 2010.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v5i02.3356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 taufiqur rohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.