KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SDN 39 SERING KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

Risma Handayani

Abstract


ABSTRAK

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif kualitatif. Hal ini memungkinkan peneliti melakukan penghayatan/pemaknaan terhadap gejala-gejala atau fenomena yang terjadi di dalam suatu lembaga pendidikan, atau berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku antar para pengelola pendidikan dalam situasi penyelenggara pendidikan, baik menurut perspektif peneliti sendiri (etic) maupun dari sumber data (emic). Gagasan inovatif Guru Pendidikan Agama Islam di SDN 39 Sering Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng adalah Pembaharuan atau inovasi dalam dunia kependidikan sering diartikan sebagai suatu upaya lembaga pendidikan dalam menjembatani masa sekarang dan masa yang akan datang dengan cara memperkenalkan program kurikulum atau metodologi pengajaran yang baru sebagai jawaban atas perkembangan internal dan eksternal dalam dunia pendidikan yang cenderung mengeja efisiensi dan efektivitas. Adapun langkah-langkah guru PAI  di SDN 39 Sering Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dalam mendesain media PowerPoint adalah sebagai berikut: (1) Telaah Tujuan Instruksional (TIK) pokok bahasan yang akan diajarkan. Pilih TIK yang pencapaiannya memerlukan media, dalam hal ini menggunakan media transparansi. (2) Telaah materi untuk menentukan jenis media yang diperlukan. (3) Keadaan pembelajar. Perhatikan keadaan pembelajar untuk mempertimbangkan kesulitan pelajaran, kecepatan penyerapan, tingkat perbendaharaan kata yang akan dipakai. (4) Menentukan bentuk program transparansi.



Keywords


Kata Kunci: Kreativitas, Guru dan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu dan Suro Tri Prasetyo, Strategi Belajar Mengajar. Cet. I; Bandung: CV. Pustaka Setia, 1997.

Ali Muhammad dan Muhammad Asrori, Psikologi Remaja: perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

--------------. Ilmu Pendidikan. Cet. I; Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1991.

A.M., Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. X; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003.

Arif, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Siputat Pers, 2002.

Asrori, H. Mohammad. Psikologi Pembelajaran. Cet.I; Bandung: CV. Wacana Prima, 2007.

Damopolii, Muljono. Pesantren Modern IMMIM Pencetak Muslim Modern. Cet. I; Jakarta: Rajawali Perss, 2011.

Daradjat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: CV. Toha Putra, 2001.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kamus Besar Bahasa Indonesia,. Jakarta: Balai Pustaka, 2008.

Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Getteng, Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Cet. VI; Yogyakarta: Graha Guru, 2011.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi guru. Cet. VI; Bandung, 2009.

Mappanganro. Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah. Ujungpandang: Yayasan Ahkam, 1996.

Moeloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.

Muhammad Jufni. Jurnal Kreativitas Guru PAI dalam Mengembangkan Bahan Ajar di Madrasah Aliyah Jeumala Amal Leung Putu, 2015

Muhaimin. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Rajawali Perss, 2011.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Cet. X; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Munandar, S. C. Utami. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Naim, Ngainun. Menjadi Guru Inspiratif, Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Cet. II;Yokyakarta; Pustaka Pelajar, 2009.

An-Nahlawi, Abd al-Rahman. Usul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa ‘Asalibuha, diterjemahkan oleh Herry Noer Ali dengan judul, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Cet. II; Bandung: CV. Diponegoro, 1992.

Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Cet. I; Bandung: Refika Aditama, 2009.

Nasution, S. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Akasara, 1995.

Nata, Abuddin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Group.2009.

Nurdin, Syafruddin dan M. Basyirun Usman, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum,. Jakarta: Ciputat Pres, 2002.

Nur Kholis. Jurnal Pengaruh Kreatifitas Guru dalam Mengajar terhadap Minat Belajar Rumpun PAI Siswa Kelas V di MI NU Ngadiwarno Sukorejo Kendal, 2011

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23 dan 24 tahun 2006, http//www. depdiknas.go.id. 15 Mei 2014.

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PN. Balai Pustaka, 1986.

Ramayulis. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cet. IV; Jakarta: Kalam Lia, 2005.

--------------. Pendidikan Islam dalam Rumah Tangga. Cet. 1; Jakarta: Kalam Mulia, 1987.

Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers, 2005.

Salim Agus, Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran,. Jakarta: Kencana, 2008.

Siahaan, Henry N. Peranan Ibu Bapak Mendidik Anak. Bandung: Angkasa, 2008

Shihab M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, 2009

Slameto. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Cet. XII; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sobur, Alex. Anak Masa Depan. Cet. X; Bandung : Angkasa, 1991.

Subroto, B. Suryo. Proses Belajar Mengajar. Cet. I; Jakarta: PT.Rineka Cipta, 1997.

Sudjana, Nana. Proses Belajar Mengajar,. Cet. III; Jakarta: Rajawali Press, 1989.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung; Alfabeta, 2010

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Cet. V; Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 1990.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Cet. II; Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 1999.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.

Team Didaktik Metodik Kurikulum IKIP Surabaya, Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum PBM. Cet. V; Jakarta: PT. Raja Grafindo, 1993.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,. Bandung: Sinar Grafika, 2005.

Usman, M. Basyiruddin. Metodelogi Pembelajaran Agama Islam. Cet. I; Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Wijaya, Cece dkk Upaya pembaharuan dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.

Yaumi Muhammad, Aliran dan Psikologi. (Jakarta: PPs UNJ, 2010), h. 01

Yunus, Mahmud. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Jakarta: Hidayat, 1983.

--------------. Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran. t.c; Jakarta: PT. Hidakarya Agung, t.th.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v5i01.3343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Risma Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

View My Stats