Paradigma Pendidikan Islam dalam Perspektif Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 129 dan 151

Kharisma Noor Latifatul Mahmudah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur utama yang harus menjadi kepribadian seorang pengajar dengan mengkaji ayat 129 dan 151 Surat al-baqarah. Metode dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research) yang bertumpu pada kajian dan telaah teks. Hal ini dilakukan karena sumber-sumber data yang digunakan adalah berupa data literatur. Disimpulkan bahwa bagi para pendidik Islam pada khususnya, sudah seharusnya dapat memahami peranannya sebagai pendidik. Memahami konsep tujuan pendidikan Islam dan menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan melihat perjuangan Nabi Muhammad SAW diharapkan pendidik Muslim mampu meniru kesabaran beliau dalam mendidik umatnya. Beliau mendidik dari nol hingga mengalami perubahan yang signifikan. Selain itu pendidik Muslim juga diharapkan mampu melahirkan generasi-generasi yang dapat diunggulkan sebagai khalifah fil ardhi, sehingga mampu memberikan kebijaksanaan dalam rangka perbaikan kesejahteraan dan kemajuan umat Islam. Hingga pada akhirnya mampu mengembalikan kejayaan umat Islam seperti dahulu kala.

 

[

This article aims to analyze the main elements which must become the personality of a teacher by studying verses 129 and 151 of the letter al baqarah. The method in this research is the literature (library research) which is based on the study an study of texts. This is done because the data sources used are in the form of literature data. It can be concluded that for Islamic educators in particular, it is supposes to understand their role as educators. Undestand the concept of the objektives of Islamic education and apply it in everyday life. By seeing the struggle of the prophet Muhammad SAW it is expected that Muslim educators are able to imitate his patience in educating his people. He educated from zero to experience significant changes. Besides that Muslim educators are also expexted ti be able to give birth to generations that can be seeded as khalifah fil ardhi, so as to be able to provide wisdom in the context of improving the welfare and progress of Muslims. Until finally able to develop the glory of the Muslims as before.]


Keywords


Pendidikan Islam, Surat Al-Baqarah ayat 129 dan 151

Full Text:

PDF

References


Ahmad H, Ilmu pendidikan Islam.Jakarta: Lembaga Pendidikan Umat, 2005.

Akhdiyat, Hendra dan Beni Ahmad Saebani, Ilmu Pendidikan Islam. Jilid Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Al-Ghazali, Abu Hamid, Ihya ‘Ulum Ad-Din, Al-Tsaqafah al-Islamiyah. Kairo, 1997.

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa, Tafsir al-Maraghi. Semarang: PT. Karya Toha Putra Semarang. Juz 2, 1993.

Al-Zarqan, Muhammad Abdul al-Adzim, Manahil al-‘irfan fi ‘Ulumil Alquran. Beirut: Daral-Fikr jilid 1, 1998.

As-Suyuthi, Jalaluddin, Sebab Turunnya Ayat Alquran. Terj, Tim Abdul Hayyie. Jakarta: Gema Insani, 2008.

Ash-Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi, Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nur Jilid 2. Jakarta: Cakrawala Publishing, 2000.

Departemen Agama, Alquran dan Terjemahnya. Surabaya: Duta Ilmu, 2009.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Kadir, Muslim A, Ilmu Islam Terapan: Menggagas Paradigma Amali dalam Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad Ke- 21. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1988.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum pendidikan Agama Islam; di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Press, 2005.

Nafis, Muhammad Muntahibun, Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2011.

Nata, Abuddin, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Qutub, Sayyid, Tafsir Fi Dzilalil Alquran. Jakarta: Gema Insani Press R, 2000.

Sada, Heru Juabdin, “Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an,” Jurnal Pendidikan Islam, 2015.

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Alquran Jilid I. Jakarta: Lentera Hati, 2000.

Sudiyono, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Sulaiman, Fiqh Islam. Bandar Lampung: Gunung Pesagi, 2000.

Thabatha`i, Sayid Muhammad Husain, Tafsir Al-Mizan, Terj, Ilyas Hasan. Jakarta: Lentera, 2010.

Thoifuri, Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail, 2007.

Watt, W. Montgomery, Pengantar Studi Alquran. Jakarta: Grafindo Persada, 1995.

Zed, Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v5i02.3135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kharisma Noor Latifatul Mahmudah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.