Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fikih Siswa
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi dilapangan mengenai pengaplikasian serta efektivitas model pembelajaran aktif Tipe Quiz Team khususnya pada mata pelajaran fikih yang di laksanakan di MA Ainus Syamsi Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalan PTK deskriptif ( Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting) yang dilakukan dengan tiga siklus. Data-data yang diperlukan dikumpulkan dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentati. Hasil `penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada pra siklus, evaluasi hasil awal yang dicapai oleh siswa masih rendah yaitu 21 % dengan rata-rata 67,14. Kemudian pada siklus I pencapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 36% dengan rata-rata 72,14, sedangkan pada siklus II pencapaian ketuntasan belajar sebesar 64 % dengan rata-rata 77,50. kemudian naik menjadi 100 % pada siklus III dengan rata-rata 82,86 artinya telah melewati kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 dengan kualifikasi nilai baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, ternyata mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI B IPA Pada Mata Pelajaran Fikih di MA Ainus Syamsi Kabupaten Maros.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Aktif Quiz Team dan Hasil Belajar
Abstract
This thesis examines the Active Learning Model Quiz Team to increased learning outcomes for Class XI B IPA students on subject Fikih In MA Ainus Syamsi Maros. This thesis discussed about how the teacher becomes a facilitator in the implementation of active learning model Type Quiz Team The purpose of this research is describe the events that occurred in the field of the application and effectiveness of active learning model Quiz Team, especially on the subjects fikih in the MA Ainus Syamsi Maros. The method of research is using descriptive PTK method (Classroom Action Research), which consists of planning (planning), implementation (acting), observation (observing) and reflection (reflecting) performed by three cycles. The data required are collected by using observation techniques, interviews and dokumentation. `Results were analyzed using data analysis techniques, namely by collecting data, reducing the data and draw conclusions. Based on the results obtained in the pre-cycle, the evaluation of the initial results achieved by students is still low at 21% with an average of 67.14. Then on the first cycle students' achievement in classical completeness 36% with an average of 72.14, while in the second cycle of mastery learning achievement of 64% with an average of 77.50. then rose to 100% in the third cycle with an average of 82.86 meaning that it has passed the minimum completeness criteria (MCC) is 75 with qualification baik.Dengan value thus be concluded that the application of active learning model Quiz mode Team as part of an effort to improve results student learning, was able to improve student learning outcomes for Class XI B IPA students on subject fikih In MA Ainus Syamsi Maros.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrohman, Mulyono. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. 1999.
Ahmadi, Lif Khorun. dkk. Pembelajaran Akselerasi. Cet. I; Jakarta: Prestasi Pustaka. 2011.
Angkowo, Robertus. dan A. Kosasih. Optimalisasi Media Pembelajaran. t.Cet.; Jakarta : PT Grasindo. 2007.
Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara. 1991.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara. 2013.
Arikunto, Suharsimi. dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. 2006.
Darmadi, Hamid. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta. 2010.
Departemen Agama RI. Al-qur’an dan Terjemahnya. Edisi 2002; Jakarta: al-Huda. 2005.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. I. Edisi IV; Jakarta: Gramedia. 2008.
Depdiknas. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas. 2006.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2009.
Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. Cet. III; Jakarta: PT Riya Cipta. 2006.
Drajat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara. 2006.
Ekosusilo, Madyo. Dasar-Dasar Pendidikan. Semarang: Effhar Offset. 1990.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2006.
Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Cet. III; Bandung : Sinar Baru Algesindo. 2002.
Hatch, J. Amos. Doing Qualitative Research Education Settings. t.Cet.; Albany : State University Of New York Press. 2002.
Hidayat, Komaruddin. dkk. Mereka Berbicara Pendidikan Islam. Cet .I; Jakarta: PT Raja Grafindo Raja. 2009.
MD, Safari. Evaluasi Pembelajaran. Cet. I; Jakarta : Direktorat Tenaga Pendidikan. 2003.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pranata. 2005.
Natsir, M. Metode Penelitian. Cet. IV; Jakarta: Galia Indonesia. 1988.
Ningtyas, Rida Catur. Penerapan Model Pembelajaran Quiz team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 02 Bangun Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Malang : Universitas Muhammadiyah. 2013.
Paizaluddin. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta. 2013.
Patilima, Hamid. Metode Penelitian Kualitaif. Cet.II; Bandung : Alfabeta. 2007.
Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Cet. XVIII; Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2002.
Purwanto, M. Ngalim. Psikology Pendidikan. Bandung : Rosdakarya. 2007.
Putra, Daulay Haidar. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Cet. I; Jakarta: Kencana. 2004.
Remiswal. Reski Amelia. Format Pengembangan Strategi Paikem Dalam Pembelajaran Agama Isam. Cet. I; Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013.
Ridwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru - Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. 2008.
Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA. 2012.
Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Cet. VI; Bandung: Alfabeta. 2008.
Salahudin, Anas. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia. 2011.
Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2009.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. t.Cet; Jakarta : Rajawali. 2007.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2007.
Sari, Ningrum Herlinawati. Pengaruh Metode Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Aisyiyah Unggulan Gemolong Tahun 2014/2015. Surakarta : Universitas Muhammadiyah. 2015.
Sarwono, Sarlito W. Pengantar Psikologi Umum. Edisi I; Jakarta: Raja Grafindo. 2009.
Shihab, Quraish. Tafsir al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati. 2002.
Silberman, Melvin L. Active Learning : 101 Strategies To Teach Any Subject. Toronto : Allyn Bacon. 2007.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cet. V; Jakarta : Rineka Cipta. 2010.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 1996.
Sudijono, Anas. Statistik Pendidikan. Cet. XXI; Jakarta: Rajawali Pers. 2010.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cet. XV; Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya. 2010.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Cet. XI; Bandung: Alfabeta. 2010.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cet. XVI; Bandung: Alfabeta, 2012), h. 231
Suprijono, Agus Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Cet. X; Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.
Suryabrata, Sumadi. Psikology Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2004.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Cet. XII; Jakarta: PT Raja Grafindo. 2012.
Taniredja, Tukiran. dkk. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Cet. IV; Bandung: Alfabeta. 2013.
TIM DOSEN FIP_IKIP MALANG. Pengatar Dasar-Dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional. 1981.
Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Cet, I; Jakarta: Bumi Aksara. 2006.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Cet. IX; Jakarta : Bumi Aksara. 2012.
Usman, Uzer. Menjadi Guru Profesional. Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2000.
DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v4i02.2789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ahsan Taqwim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.