PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Nely Maksudah

Abstract


Penelitian ini upaya untuk mengetahui apakah ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sidoharjo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket tertutup untuk variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya dengan nilai raport mata pelajaean pendidikan agama Islam  semester dua tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian seluruh siswa SD Negeri Sidoharjo sebanyak 65 responden.. Data penelitian yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan dilanjutkan dengan rumus korelasi product moment dibantu program SPSS Version 24.00 for windows.

 Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa (1) Variabel kondisi sosial ekonomi orang tua dari 65 responden yang berada dalam kategori baik sebanyak 27 siswa atau 41,54%, adapun dengan kategori sedang sebanyak 27 siswa atau 41,54%, dan dalam kategori rendah sebanyak 11 siswa atau 16,92%. (2) Variabel hasil belajar pendidikan agama Islam siswa dari 65 responden yang berada dalam kategori baik sebanyak 21 siswa atau 32,30%, adapaun dalam kategori sedang sebanyak 19 siswa atau 29,23%, dan dalam kategori rendah sebanyak 25 siswa atau 38,47%. Hasil pengolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana, diperoleh beberapa temuan yaitu nilai  70,183 dengan tingkat signifikan 0,000. Sumbangan yang diberikan oleh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar  52,7%. Adapun persamaan regresiyang diperoleh yaitu Y = 56,638 + 0,425X. 

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v4i02.2233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TARBAWI : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.