Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasi Belajar PAI

Wahyuni Wahyuni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi dilapangan mengenai pengaplikasian serta efektivitas model pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club (Keliling Kelompok) khususnya pada mata pelajan pendidikan Agama  yang di laksanakan di SMP Negeri 20 Antang Makassar. Jenis penelitian ini adalan PTK deskriptif ( Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting) yang dilakukan dengan tiga siklus. Data-data yang diperlukan dikumpulkan dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentati. Hasil `penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan.Dari hasil penelitian diperoleh Pada pra siklus, evaluasi hasil awal yang dicapai oleh siswa masih rendah yaitu 6,6% dengan rata-rata 50,95. Kemudian pada siklus I pencapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 36,6% dengan rata-rata 65,33, sedangkan pada siklus II pencapaian ketuntasan belajar sebesar 50% dengan rata-rata 70,33. dan pada akhir siklus III pencapaian ketuntasan belajar sebesar 77% dengan rata-rata 78, Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa penerapan model pembelajaran tipe round club (keliling kelompok)   dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar PAI sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A  di SMP Negeri 20 Antang Makassar, ternyata mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A  di SMP Negeri 20 Antang Makassar.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Round Club, Motivasi, dan Hasil Belajar

Abstrack

This thesis examines the implementation of cooperative learning model round club to increased motivation and learning outcomes of students in class VIII A of subject PAI in SMP Negri 20 Antang Makassar. In this thesis discussed about how the teacher becomes a facilitator in exercising their round type of learning model cooperative on the subjects  of religious education.The purpose of this research is describe the events that occurred in the field of the application as well as the efectivity of learning models cooperative round –type club, especially on the subjects of religious education in SMP Negri 20 Antang Makassar.The method of research is using descriptive PTK method (penelitian tindakan kelas) , consisted of planning, acting, observing, and reflecting performed with three cycles. The data collected by using the techniques of observation, interviews and documentation. The results of research using data analysis techniques by collecting data, reducing the data and take conclusions. The results obtained by pre-cycle evaluation of the results achieved by students is still low at 6.6% with average score 50.9, then in the first cycle students achievement in classical learning completeness of 36.6% with an average score 65.33, in the second cycle their mastery learning achievement of 50% with an average score 70.33, and at the end of or the third cycle their mastery learning achievement of 77% with an average score 78, these can be concluded that the application of learning round-type club in the implementation of teaching and learning activities PAI as part of an effort to improve motivation and learning in SMP Negri 20 Antang be able to improve their result of learning specially PAI

 

Keywords: Round Club Cooperative Learning Model, Motivation, and Learning Outcomes


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Cet. III; Jakarta: Bumi Aksara. 2013.

Arikunto, Suharsimi. dkk.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara. 2006.

Baharuddin. dan Esa Nur Wahyudi. Teori Belajar dan Pembelajaran. Cet. III; Yogyakarta: ar-Ruzz Media. 2010.

Departemen Agama RI. Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam . Jakarta : Dirjen Bimbagan Bahasa. 1984.

Departemen Agama RI. Al-qur’an dan Terjemahnya. Edisi 2002 Jakarta: al-Huda. 2005.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. I, Edisi IV; Jakarta: Gramedia. 2008.

Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. Cet. III; Jakarta: PT Riya Cipta. 2006.

Dimyati. Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2009.

Halifah. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe maryy go round terhadap hasil belajar matematika siswa pada Pokok Bahasan Linier di kelas VII SMP N 2 Bukit Tinggi. http://digilib.unp.ac.id/go=gdlhub-gdl-grey-2007Halifahs/ diakses, 20 April 2015.

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar dan Mengajar. Cet. III; Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2002.

Huda, Miftahul. Cooperatif Learning. Cet. V; Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2013.

Isjoni. Cooperative Learning, Efektifitas Pembelajaran Kelompok.Cet. IV; Bandung: Alfabeta. 2010.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2002.

Putra, Daulay Haidar. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Cet. I; Jakarta: Kencana, 2004.

Rusman. Model-model Pembelajaran. Cet. V. Edisi II; Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2010.

Saebani, Beni Ahmadi. Ilmu Pendidikan Islam. Cet I; Bandung: Pustaka Setia. 2009.

Sagala, Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Cet. VI; Bandung: Alfabeta. 2008.

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas.Cet. 1; Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2009.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Cet V ; Jakarta : Kencana. 2012.

Sardiman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Cet. 12; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2005.

Sarwono, Sarlito W. Pengantar Psikologi Umum. Edisi I ; Jakarta: Raja Grafindo. 2009.

Sefra, Djuni. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe keliling kelompok untuk meningktkan minat dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bioteknologi di SMA N 5 Bukit Tinggi.http:// digilib.unp.ac.id/go=gdlhub-gdl-grey-2008djunisefra/ diakses, 20 April 2015.

Setyosari, Punaji. Pendidikan dan pengembangan. Cet. VII; Jakarta: Kencana. 2004.

Shihab, Quraish. Tafsir al-Misbah.Jakarta: Lentera Hati. 2002.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. V; Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Sudijono, Anas. Statistik Pendidikan. Cet. 21; Jakarta: Rajawali Pers. 2010.

Sudjiono, Anas.Pengantar Statistik Pendidikan.Cet. XXIV; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Cet. XVI; Bandung: Alfabeta. 2012.

Taniredja, Tukiran. dkk. Model-model pembelajaran Inovatif dan Efektif. Cet. IV; Bandung: Alfabeta. 2013.

Tim Reality. Kamus Terbaru Bahasa Indonesia. Cet. 1; Surabaya: Reality Publisher. 2008.

Trianto.Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Cet. V; Jakarta: Prestasi Pustaka. 2011.

Usman, Uzer. Menjadi Guru Profesional. Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2000.

http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-round-club-atau.html#ixzz2npuON9b4 diakses, 20 April 2015.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v4i01.2129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.