Evaluasi Program Mutu Pelaksanaan Pembelajaran pada Tahapan Transactions (Suatu Pendekatan Model Stake’s Countenance Evaluation)

Ferdinan Ferdinan, Nurhayati Nurhayati

Abstract


 

 

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan jenis penelitian kombinasi (mixed methods). Pendekatan penelitian, yaitu: pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini terdiri atas Rektor, Wakil Rektor I, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas, dan Kasubdit SDM Universitas dan yang menjadi responden yaitu 32 Ketua Prodi dan 70 Ketua Tingkat. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, studi dokumentasi, dan lembar observasi. Penilaian untuk setiap aspek evaluasi dikategorikan menjadi tiga tingkatan: tinggi, sedang, dan rendah.  Pengambilan keputusan dikategorikan menjadi tiga tingkatan: tercapai, kurang tercapai, dan tidak tercapai. Penelitian evaluasi ini memberikan beberapa kesimpulan,  yaitu gambaran pelaksanaan pembelajaran di Unismuh Makassar pada tahapan proses (transactions) menunjukkan bahwa: 1) penguasaan dosen dalam menyusun dan menyiapkan administrasi perkuliahan dari 7 subaspek  yang dievaluasi  terdapat 6 subaspek  telah memenuhi kriteria objektif dan 1 subaspek yang kurang tercapai yaitu kemampuan dosen dalam menyusun buku ajar, 2)) penguasaan dosen dalam pelaksanaan perkuliahan menunjukkan bahwa dari 15 subaspek yang dievaluasi 13 subaspek sudah tercapai sesuai standar objektif dan 2 subaspek yang belum terpenuhi yaitu dosen tidak memberikan sanksi kepada mahasiswa yang terlambat 30 menit dalam mengikuti perkuliahan dan dosen belum menyampaikan materi kuliah dengan berbasis IT, 3) interaksi dosen dengan mahasiswa dalam perkuliahan, dari 4 subaspek yang dievaluasi semuanya telah memenuhi standar objektif, dan 4) kemampuan dosen dalam melakukan evaluasi hasil perkuliahan  menunjukkan bahwa dari 12 subaspek yang dievaluasi terdapat  10 subaspek sudah tercapai sesuai standar objektif dan 2 subaspek kurang terpenuhi.

Kata Kunci: Evaluasi, Mutu Pembelajaran dan Transactions

Abstract

 

               This study is an evaluation study using mixed methods. Research approach, namely: case study approach. The data sources of this study consisted of the Chancellor, Deputy Chancellor I, Chairperson of the Quality Assurance Agency, Chair of the Faculty Quality Assurance Unit, and the Head of Sub-directorate of Human Resources of the University and respondents, namely 32 Chairmen of Study Programs and 70 Chairmen. Data collection techniques are interviews, documentation studies, and observation sheets. Assessments for each aspect of evaluation are categorized into three levels: high, medium, and low. Decision making is categorized into three levels: achieved, less achieved, and not achieved. This evaluation study provides several conclusions, namely the description of the implementation of learning in Unismuh Makassar at the stages of transactions shows that: 1) the mastery of lecturers in preparing and preparing lecture administration from 7 sub-aspects evaluated, there are 6 sub-aspects that meet objective criteria and 1 sub-aspect is lacking achieved, namely the ability of lecturers in preparing textbooks, 2)) mastery of lecturers in lecturing shows that out of 15 sub-aspects evaluated 13 sub-aspects have been achieved according to objective standards and 2 sub-aspects that have not been fulfilled, namely lecturers do not sanction students who are 30 minutes late in attending lectures and lecturers have not delivered IT-based lecture material, 3) lecturer and student interaction in lectures, of the 4 sub-aspects evaluated all met objective standards, and 4) lecturers' ability to evaluate lecture results showed that from 12 sub the evaluated aspects have 10 sub-aspects that have been achieved according to objective standards and 2 sub-aspects have not been fulfilled.Keywords: Evaluation, Learning Quality and Transaction

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabbar, Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoritis dan Praktis untuk Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara 2009)

Arikonto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)

Boulmetis John dan Phyllis Dutwin, The ABCs of Evaluation: Timeless Techniques for Program and Project Managers (San Fransisco: A Wiley imprint, 2005)

B.Uno, Hamzah. Assessment Pembelajaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013), h. 3.

Daryanto, Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2016), h. 14-15

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesiat (Edisi ke empa; Jakarta: Pusat Bahasa, 2013)

Deviana Syuju’I, Muhammad, Implikasi Paedagogis Qs. Al-Hasyr Ayat 18 Tentang Dasar Teori Evaluasi Pendidikan Islam (Bandung, 13 Juli 2017)

Glasman, Naftaly S. dan David Nero Glasman, Evaluation in Decision Making: The Case of School Administration (North America, 1998)

Ibnu Rusn, Abidin. Pemikiran al-Gazali tentang Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998)

Purwanto, Ngalim Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012), h. 5.

Poerbakawatja, Soegarda, Ensiklopedi Pendidikan (Jakarta: Gunung Agung, 1992)

Ramly, Mansyur, Mengukuhkan Peranan Lembaga Pendidikan dalam Mewujudkan Sumberdaya Manusia yang Berkualitas (Perspektif Islam), (Seminar Nasional, Unismuh Makassar, 30 Mei 2016

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2013, Pasal 2 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sallis, Edward. Total Quality Management in Education (London: Stylus Publishing Inc, 2002)

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Rajawali Grafindo Persada, 2003)

Sutikno, Muzayanah. Evaluasi Program Pendidikan (Jakarta: PPS UNJ, 2009), h.1.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v4i01.2126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ferdinan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.