Implementation of Polite and Courteous Attitudes of Students at TPA Babussalam Lam Ujong Aceh Besar

M Abrar Elzian Syahputra, Marzuki Abubakar, Abdul Haris Hasmar

Abstract


Karakter merupakan suatu komponen pokok dalam berkehidupan. Sopan santun menjadi salah satu karakter penting yang harus dimiliki setiap manusia. TPA merupakan salah satu lembaga pendidikan yang tekanan pendidikan keagamaan yang baik bagi seorang santri. Santri sebagai penerus bangsa dan agama diharapkan memiliki sikap sopan santun yang sesuai dengan ajaran agama. Sehingga diperlukan peran lembaga pendidikan seperti TPA sebagai penunjang. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui implementasi sikap sopan santun santri di TPA Babussalam Lam Ujong Aceh Besar dan faktor apa saja yang mempengaruhi sikap sopan santun tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana penelitian ini menggambarkan situasi dan fenomena yang terjadi di lapangan dengan yang sebenarnya melalui tiga tahapan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yakni sebanyak 4 orang. Hasil penelitian yang didiperoleh yakni penerapan sikap sopan santun santri di TPA Babussalam sudah cukup baik. santri sudah cukup mampu dalam menerapkan 9 indikator sikap sopan dan santun dengan baik dan sesuai dengan aturan dan norma yang ada. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi sikap sopan santun santri dapat dibagi menjadi dua macam yaitu faktor internal (pengetahuan, emosi, kecerdasan, dan motivasi) dan faktor eksternal (orangtua, lingkungan, sosial ekonomi, dan budaya).

Keywords


Implementasi; Sopan santun; Faktor

Full Text:

PDF

References


Anggito Albi, (2018), Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: Jejak.

Arif, Muhammad, (2019), Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Sopan Santun Anak di Raudhatul Athfal Al-Azhar Menganti, Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 10 (1): 31-41. Doi: 10.17509/cd.v 10i1.15756.

Dini, (2021), Penanaman Sikap Sopan Santun Dalam Budaya Jawa Pada Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No.2, hlm. 2059-2070.

Eka, (2021), Upaya Guru TPA Dalam Pembinaan Akhlak Anak di TPA Darussalam Desa Wonoerjo Lampung Tengah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Metro.

Farhatil, dkk, (2019), Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri, Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol. 12, No.2, hlm. 114-125.

Hajir, (2020), Pembentukan Karakter Anak Melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Basic Social, Jurnal UIN Alauddin Makasar, Vol. 5, No. 1, hlm. 53.

Hasil observasi di TPA Babussalam Lam Ujong Aceh Besar pada tanggal 22 sampai 23 maret 2025.

Hasil wawancara dengan Ghazi selaku santri di TPA Babussalam Lam Ujong Aceh Besar pada tanggal 21 maret 2025.

Hasil wawancara dengan M.Qusyairi selaku santri di TPA Babussalam Lam Ujong Aceh Besar pada tanggal 21 maret 2025.

Hasil wawancara dengan Ustad Rezal Fajmi,S.Pd selaku direktur TPA Babussalam Lam Ujong Aceh Besar pada tanggal 20 maret 2025.

Hasil Wawancara dengan Ustazah Rizka Munawarah,S.H selaku wali kelas TPA Babussalam Lam Ujong Aceh Besar pada tanggal 20 maret 2025.

Mardani, dkk, (2019), Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Ips 9 (2): 104-22. Doi: 10.37630/jpi.v9i2.189.

Putri, dkk, (2024), Bahaya Perilaku Membolos dan Kurangnya Sopan Santun Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Fakultas Keguruan dan Ilu Pendidikan, Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Rukajat Ajat, (2018), Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Researchlm Approach), Yogyakarta : Deepublish.

Setya Pinton Mustafa, ddk, (2020), Metodologi Penelitian Kuantitif, Kualitatif, dan Penlitian Tindak kelas dalam Pendidikan Olahraga, Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Sulistiyo dan Basuki, (2006), Metode Penelitian, Jakarta: Wedatama Widya Sastra

Suryani, (2017), Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok, E- Jurnal Mitra Pendidikan, 1:12-24.

Tomayahu Sulastri, Pengaruh Bimbingan Kelopok Teknik Bermain Peran Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa di MTs Al-Huda Kota Gorontalo, Universitas Negeri Gorontalo.

Vina, (2023), Skripsi, Implementasi Pembentukan Karakter Sopan Santun Anak Usia 4-6 Tahun di PAUD LAB School FTIK UIN K.I Abdurrahman Wahid Pekalongan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri K.H.Abdurrahman Wahid.

Wasriyani Norina, (2023), Penanaman Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Inayatushshibyan 2 Kota Banjarmasin, Journal Tunas Bangsa 10 (2): 92-104.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v10i01.17799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 M Abrar Elzian Syahputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.