Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Sumiati Sumiati

Abstract


Abstrak

Guru memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan dan bidang kemasyarakatan. Tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup dan kehidupan. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa. Syarat yang berhubungan dengan pelajaran adalah guru hendaknya mengajarkan pelajaran yang sesuai dengan keahlian, guru hendaknya memiliki amanah ilmiah, guru hendaknya bersikap bijak dalam proses pembelajaran, guru hendaknya berpakaian bersih dan rapi. Syarat yang berkenaan dengan peserta didik maksudnya adalah guru hendaknya bersikap adil terhadap peserta didik, guru sebaiknya motivator bagi peserta didiknya dalam mencari ilmu pengetahuan, guru hendaknya memperhatikan tingkat perkembangan peserta didiknya, guru hendaknya melakukan evaluasi tehadap peserta didiknya.

Menurut Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah Bab I, pasal I, Ayat 4 dinyatakan bahwa : “Peserta didik adalah Anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran  yang tersedia pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu.( UU RI, No.20 Tahun 2003 , 2003; 3). Untuk itu peserta didik harus dipandang secara filosofis menerima keadaan dan keberadaannya. Inilah prinsif dasar pendidikan untuk peserta didik sehingga proses pendidikan dapat berjalan dengan baik. Ada empat sifat anak didik yang harus dimiliki antara lain : 1)Seorang anak didik harus membersihkan hatinya dari kotoran dan penyakit jiwa sebelum menuntut ilmu, 2)Seorang anak didik harus mempunyai tujuan menuntut ilmu, 3) Seorang anak didik harus tabah dalam menimbah ilmu pengetahuan, 4)Seorang anak didik harus menghormati guru. Oleh sebab itu tugas seorang guru tidaklah mudah, mereka yg berprofesi guru harus mampu melaksanakan segala peranannya dalam memberikan motivasi kepada peserta didik agar meningkat dan berkembang.

 

Kata Kunci :  Peranan, guru, Motivasi, Belajar, Siswa

Abstract

Teachers have a variety of tasks that implement in a dedication. The task covers the fields of profession, humanity and social affairs. Teacher’s task as a profession includes educating, teaching and training. Educating means continuing and developing the values of living and life. Teaching means continuing and developing science and technology, while training means developing in student skills. The terms related to the lesson are that the teacher should teach lessons that are appropriate to the expertise, the teacher should have a scientific mandate, the teacher should be wise in the learning process, the teacher should dress clean and neat. The terms relating to students mean that teachers should be fair to students, the teacher should be a motivator for students in seeking knowledge, teachers should pay attention to the level of development of their students, and teachers should evaluate their students.

According to law number 20 of 2003 on National Education System Chapter I, Article 1, Subsection 4, stated that: "Students are community members who try to develop their potential through the learning process that is available on certain pathways, levels and types of certain education (RI Law, No. 20 of 2003, 2003; 3)” That is why students must be seen philosophically to accept the situation and existence. This is the basic principle of education for students so that the educational process can run well. There are four characteristics of students that must be possessed, among others: 1) a student need to cleanse their scurrilous psyche and mental illness before studying, 2) a student must have a goal for studying, 3) a student must be resilient in seeking knowledge, and 4) a student must respect the teacher. Therefore the task of a teacher is not easy, those who are teachers must be able to carry out all their roles in providing motivation to students to increase and develop.

 

Keywords : Roles, Teachers, Motivation, Studying, Students


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abd. Rahman Gatteng , Menuju Guru Profesional dan Beretika, Cet.; I Yogyakarta; Graha Guru, 2009.

Ahmad Fauzi, Psikologi Umum, Cet. IV, Bandung: CV Pustaka Setia, 2008.

Amin Amirullah, M. Panduan Menyusun Proposal Skripsi Tesis dan Disertasi, Cet. I, Jakarta: Smart Pustaka, 2013.

Azhar Arsyad, media pembelajaran. Cet. XIV, Jakarta : PT Raja Grahafindo Persada, 2011

Chaeruddin “Etika Profesi dan Keguruan “ Fakultas tarbiyah dan keguruan UIN

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Al-Jumanatul Ali, 2004.

Dri Kartini Kartono, Kamus Lengkap Psikologi, Cet. VII, Jakarta: Rajawali Pers, 1981.

Eva Latipah, Pengantar Psikologi Pendidikan, Cet. I; Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani, 2012.

Haryu Islamuddin, Psikologi Pendidikan, Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Insan pelajar, 2012.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Cet. XI, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Mohammad Asrori, Psikologi Pembelajaran, Cet. I; Bandung: CV Wacana Prima, 2007

Mulyasa, Standar kompetensi sertifikasi guru. Bandung. Cet. IV; PT. Remaja Rosda Karya.

Poerwadarminta, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: PN. Balai Pustaka, 1985.

Purwa Atmaja Prawira, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, Cet. I; Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2012.

Republik Indonesia, Undang-Undang No 14 tahun 2005, Cet, I Bandung: PT. Adhikarya Persada 2009.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Ed, II, Cet. X, Jakarta: Rineka Cipta, 1982.

Sutrisno Hadi, Statistik, Jilid II, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.

Sudjana, Metode Statistik, Bandung, Tarsito, 1986.

Soejono Soekamto, Sosiologi Suata Pengantar, Jakart: Rajawali press. 1982.

Syaiful Bakri Djamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional, 1994.

UU RI, No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Citra Umbara, Bandung, 2003.

Winarto Surakhmat, Dasar dan Tehknik Research, Ed. VI, Bandung : Tarsito, 1987.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sumiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.