Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

Munirah Munirah

Abstract


Abstrak

Dalam proses pembelajaran di sekolah baik guru maupun siswa, pasti mengharapkan agar mencapai hasil yang sebaik-baiknya. Guru mengharapkan agar siswa berhasil dalam belajarnya, dan siswa mengharapkan guru dapat mengajar dengan baik, sehingga mereka memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Dalam kenyataan, harapan  itu tidak selalu terwujud, masih banyak siswa yang tidak memperoleh hasil yang memuaskan. Kesulitan dalam belajar siswa merupakan suatu gejala yang selalu dihadapi oleh guru, karena guru bertanggung jawab untuk mengatasinya, kesulitan belajar ialah suatu keadaan dimana siswa kurang mampu menghadapi tuntutan-tuntutan yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran sehingga proses dan hasilnya kurang memuaskan. Ini terjadi karena kemampuan siswa untuk melakukan tugas yang tidak seimbang dengan tuntunan pembelajaran. Ada siswa yang mendapatkan nilai tinggi dan rendah, bahkan ada pula siswa yang gagal dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kenyataan ini, menunjukkan bahwa masih banyak guru yang menghadapi sejumlah hambatan dalam proses pembelajaran di kelas.

Kesulitan dalam belajar merupakan suatu bentuk gangguan faktor fisik dan psikis yang mendasar yang meliputi pemahaman atau gangguan bahasa, lisan atau tulisan yang dengan sendirinya muncul berbagai kemampuan tidak sempurna untuk mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis atau membuat perhitungan matematika. Termasuk juga kelemahan motorik ringan, gangguan emosional akibat keadaan ekonomi, budaya atau lingkungan yang tidak menguntungkan. Selanjutnya untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami oleh siswa madrasah ibtidaiyah negeri (MIN) maka digunakan metode wawancara dengan guru yang terkait dengan permasalahan yang ada. Adapun kesulitan belajar yang dialami siswa MIN Turikale Kabupaten Maros yang merupakan hasil pengamantan dan hasil wawancara dengan beberapa guru yang ada di sekolah tersebut adalah kesulitan dalam mata pelajaran matematika yaitu berhitung, kemudian kesulitan memahami soal yang diberikan baik itu soal tertulis maupun soal pertanyaan yang ditanyakan langsung oleh guru dan kesulitan yang lainnya adalah terkadang siswa masih sangat sulit untuk mengeluarkan pendapatnya sendiri.

Kata Kunci: Peranan, Guru, Mengatasi ,Kesulitan, Belajar

 

Abstract

In the learning process at schools both teachears and students , surely expect to achieve the best results. The teacher expects that the students succeed in their learning, and students expect the teacher to be able to teach well, in order to they obtain satisfying learning outcame. In reality, the hope is not always realized. There are still many students who don’t get satisfactory result. The difficulties in student learning is a symptom that is always faced by the teacher because the teacher is responsible for dealing with it. The learning difficulties are a situation where students are less able to face the demands that must be made in the learning process, in order that the process and results are less satisfying. This happens because the students’ ability to perform tasks that are not balanced with the guidance of learning. There are students who get high and low scores, some students even fail to achieve learning goals. This fact shows that there are still many teachers who face a number of abstacles in the learning process in the classroom.

The difficulties in learning are a form of interference with basic physical and psychological factors which include language or verbal comprehension and impairment which naturally arises various imperfect abilities for listening, thinking, speaking, reading, writing or making mathematical calculations. Also includes mild motor weakness, emotional disturbaces due to unfavorable economic, Colorado or environmental conditions. Furthermore, to find out the learning difficulties experienced by public Madrasah Ibtidaiyah (MIN) students, the method of teachers is used which is related to existing problems. The learning difficulties experienced by students of MIN Turikale, Maros Regency, which were the result of observation and the results of interviews with several teachers in the school were difficulties in math subject, namely counting, then difficulty understanding the questions given both written questions and the question asked directly by the teacher and the other difficulties are sometimes students are still very difficult to express their own opinions.

 

Keywords: Role, Teacher, Overcoming, Difficulty, Learning


Full Text:

PDF

References


Abd. Rahman Gatteng , Menuju Guru Profesional dan Beretika, Cet.; I Yogyakarta; Graha Guru, 2009.

Amin Amirullah, Panduan Menyusun Proposal Skripsi Tesis dan Disertasi, Cet. I, Jakarta: Smart Pustaka, 2013.

Ansori Muhammad, Psikologi pembelajaran, Cet. II CV Wacana Prima; Bandung; 2008.

Azhar Arsyad, media pembelajaran. Cet. XIV, Jakarta : PT Raja Grahafindo Persada, 2011.

Chaeruddin “Etika Profesi dan Keguruan “ Fakultas tarbiyah dan keguruan UIN

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung, Al-Jumanatul Ali : 2004

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. IV, Jakarta: Balai Pustaka, 1985.

Mulyasa,E, Standar kompetensi Sertifikasi Guru,Cet. IV;Bandung;PT Remaja Rosdakarya,2009.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Cet. XII; Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Pupuh Faturrohman dan Sobri Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, Cet. I; Aditama, 2007.

Prihatin Eka, Guru sebagai Fasilitator. cet.; I Bandung ; PT. Karya Mandiri Persada, 2009.

Ramlan, Media dan Sumber Pembelajaran, universitas muhammadiyah pare- pare, 2003.

Ramadhy Sufyan dan permadi Dadi, Mengembangkan Kecerdasan, Cet; I Bandung, PT Sarana Karya Panca Nusa.

Rusman,M.P, Model-model Pembelajaran, Cet. 5; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Sumiati dan Asra, Metode Pembelajaran, Cet. I; wacana Prima, 2009.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta, 2011.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Ed, II, Cet. X (Jakarta: Rineka Cipta, 1982.

Sutrisno Hadi, Statistik, Jilid II (Yogyakarta: Andi Offset, 1988), h. 220

Sudjana, Metode Statistik, Bandung, Tarsito, 1986.

Undang-Undang RI, Guru Dan Dosen Sisdiknas, Cet. 1; Surabaya: Wacana Intelektual, 2009.

Winarto Surakhmat, Dasar dan Tehknik Research, Ed. VI, Bandung : Tarsito, 1987.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Munirah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

View My Stats