Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Prestasi Akademik Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran

Amirah Mawardi, Syarifuddin Ondeng, Muh. Sain Hanafy, Muhammad Yaumi

Abstract


Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metodologis bercorak positivistic dan pendekatan ilmiah yang meliputi pendekatan pedagogis, psikologis, dan sosiologis. Responden dalam penelitian ini adalah dosen unismuh Makassar yang berjumlah 83 orang dengan teknik pengambilan sampel secara purposive(Purposive Sampling) Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan koesioner. Teknik pengolahan data dilakukan melalui analisis deskriptik dan analisis linear berganda.

Hasil penelitian  yang diperoleh  adalah : 1) Tingkat Kualifikasi akademik Dosen di Unismuh  Makassar berkategori baik dengan indicator jenjang pendidikan (74,7%), penguasaan materi (79,55), metode (73,1%), media dan sumber belajar (92,8%), dan kemampuan interaksi edukasi dalam proses belajar mengajar (98,8%)  2) Tingkat Prestasi Akademik Dosen di Unismuh Makassar berdasarkan indikator. kemampuan lisan, kemampuan tulisan, keterampilan , dan kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori  sedang. 3) Mutu Pembelajaran di Unismuh Makassar berdasarkan indicator input, proses, out put dan outcome berada pada kategori tinggi. 4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kualifikasi akademik terhadap mutu pembelajaran di unismuh Makassar terbukti dari nilai signifikansi 0, 502< 1,66 yang artinya H1 ditolak dan H0 diterimah. 5) terdapat pengaruh yang signifikan prestasi akademik dosen terhadap mutu pembelajaran dengan nilai  0,003< 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterimah.dengan demikian terdapat pengaruh antara 2 (dua) variable. 6) Terdapat pengaruh antara kualifikasi Akademik dan Prestasi akademik Dosen secara bersama sama terhada mutu pembelajaran di Unismuh Makassar . hal ini terlihat dari  F hitung yang diperoleh sebesar 6, 130 sedang F tabel sebesar 3,11. Ini menyatakan bahwa F hitung>F tabel,  berarti nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas (0,03< 0, 05) yang berarti bahwa kualifikasi akademik dan perstasi akademik  Dosen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran di Unismuh Makassar.

 

Kata Kunci: Pengaruh kualifikasi, Prestasi Akademik, Mutu Pembelajaran

Abstract

The type of this study is quantitative research with a positivistic methodological and scientific approach that includes pedagogical, psycological, and sociological approaches. The respondents of this study consisted of 83 Unismuh Makassar Lecturers. The sample was taken by purposive sampling technique. The data collection methods used were observation, documentation and questionnaires. The data was analyzed by using descriptive and multiple linear analysis.

            The result of the study showed: 1) the academic qualification level of lecturers in UNISMUH Makassar in good category with education level indicators (74.7%), mastery of material (79.55), teaching method (73.1%), media and learning resources (92.8%), and educational interaction skills in the teaching and learning process (98.8%). 2) The Academic Achievement of lecturers in Unismuh Makassar based on indicators; oral and writing ability, skills, and problem solving abilities are in the medium category. 3) The Learning Quality in Unismuh Makassar based on input, process, output and outcome are in high category. 4) There is no significant effect of academic qualification on the learning quality in Unismuh Makassar as evidenced by the significance value of 0,502< 1,66 which means H1 is rejected and H0 is accepted. 5) There is a significant effect of lecturers’ academic achievement on the learning quality with a value of  0,003< 0,05, which means that H0 is rejected and H1 is accepted. Therefore, there are the influences between two variables. 6) There is an effect between Academic qualifications and Academic Achievement of lecturers are jointly affected by the quality of learning in Unismuh Makassar. This can be seen from the F count obtained for 6.130 while F table is 3.11. This reveals that F count > F table which means that the lecturers’ academic qualifications and achievement have a significant effect on the quality of learning in Unismuh Makassar.

 

Keywords: Effect of qualitifications, Academic Achievement, Learning Quality

Full Text:

PDF

References


Abbas, Syahruizal. Manajemen Perguruan Tinggi. Cet. 2; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009

Departemen Agama RI. Al-Qur’anul Karim Terjemah Tajwid Berwarna. Jakarta: Jabal Raudhotul Jannah, 2009

Departemen Pendidikan Nasional. Pedoman Penjaminan Mutu (Quality Acssurance Pendidikan Tinggi) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi 2003

--------------------- Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. IV; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

-------------------- Permenristekdikti No.44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tingg. Depdiknas, 2015

H.Besterfield. Total Quality Management. Third edition, Prentice Hali, 2003

Http:///www.bps.go.id. diakses, tanggal, 10 Mei 2018

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Kerahasiaan Al-Quran. Vol. 14; Jakarta: Lentera Hati, 2006

Sukmadinata. Nana Syaodih. Metode Penenlitian Pendidikan. Cet.IV; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

Sobur. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia, 2006 .

Unismuh Makassar, Sumber Data PDPT Unismuh Makassar 2017/2018. Unismuh Makassar, 2018

------------------------- Pidato Rektor Unismuh Makassar pada wisuda ke 65, 9 Juli 2018. Unismuh Makassar, 2018

------------------------- Laporan Rektor pada Raker Unismuh Makassar T.A. 2018-2019. Unismuh Makassar, 2018

---------------------- Standar 5 Borang Akreditasi Unismuh Makassar tahun 2017. Unismuh Makassar, 2007




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Amirah Mawardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

View My Stats