Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA PGRI 2 Sampit

Fauzannur Fauzannur, Muslimah Muslimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa di SMA PGRI 2 Sampit. Menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Data penelitian ini terdiri dari dari data primer yang berkenaan adengan pembentukan karakter siswa di sekolah dan data sekunder yaitu …. Penggalian data dilakukan melalui observasi mendalam, wawancara nonterstruktur dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 1 orang guru PAI SMA PGRI 2 Sampit, dengan informennya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, guru bimbingan konseling dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PAI di SMA PGRI 2 Sampit sudah semaksimal mungkin menjalankan peran sosial dalam kehidupan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat dan berperan juga sebagai educator, dan peran sebagai motivator kegamaan/religius dengan memberikan pemahaman ajaran agama dan nilai-nilai keagamaan, meneladankan akhlak dan moral yang baik dalam menguatkan pembentukan karakter siswa agar menjadi lebih baik sesuai apa yang diharapkan sekolah, orang tua dan masyarakat.

Keywords


Peran guru PAI, Pembentukan karakter, Siswa

Full Text:

PDF

References


Alexandro, R., Misnawati, & Wahidin. (2021). Profesi keguruan (Menjadi Guru Profesional). Guepedia.

Effendi, H. R., Siminto, & Muslimah. (2023). Peran orang Tua dan Pendidik Dalam Pendampingan Anak di Era Gedget. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(1).

Fahrianur, F., Wahdah, N., Muslimah, M., & Hamidah, H. (2022). Pendampingan Belajar Al-Qur’an Dengan Penerapan Metode Iqra’ di Tpa Al-Muhajirin Sidomulyo Kelurahan Tumbang Tahai. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 237–244. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i3.3786

Fajri, N., Muslimah, M., Wahdah, N., & Hamidah, H. (2022). Pengkaderan Sumber Daya Manusia Sebagai Penerus Tenaga Pendidik di TPA Al-Muhajirin Sidomulyo. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 225–232.

Gunawan, A. R., & Amalia, R. (2020). Peran Guru PAI Dalam Bimbingan Konseling Siswa Bermasalah di SMA 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Eduprof: Islamic Education Journal, 2(35).

Hafizi, M. F. A., & Muslimah, M. (2021). Memahami Pendekatan Ilmiah Dalam Penelitian PAI. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1), 163–172.

Hamdanah, Rusmaniah, Rajiani, I., & Muslimah. (2024). Continuance Intention of Digital Education in Traditional Indonesian Higher Education: Policy implication forward. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(5). https://doi.org/10.24294/jipd.v8i5.3596

Hatiah, H., & Muslimah, M. (2024). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i3.642

Hikmah, N., Surawan, S., Ansari, M. R., Endah, E., & Muslimah, M. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT di SMP Muhammadiyah Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 652–663.

Hilal, U. Z. (2019). Peran Sosial Guru Pai dalam Masyarakat (Studi Pada Guru PAI SMP di Kecamatan Tempel). Jurnal Al Qalam, 20(1), 71. http://eprints.ums.ac.id/41842/7/BAB I.pdf

Is, S. S. (2017). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Siswa Shalat Berjama’Ah. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 33–42. https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.1018

Jentoro, Yusro, N., Yanuarti, E., Karolina, A., & Deriwanto. (2020). Peran Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Wasatiyah Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1).

Khanif, R., Muslimah, & Ahmadi. (2021). Urgensi Pengelolaan Keluarga Sebagai Madrasatul’ula Dalam Meminimalisir Dekadensi Moral Generasi Muda Masa Kini. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 103–112.

Khoirudin, I. A., & Muslimah, M. (2021). The Classification of Knowledge According to Imam Al-Ghazali. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 5(1), 75.

Maysara, N. W., Muslimah, & Wahdah, N. (2022). Pelatihan Tenaga Pendidik Tpa (Taman Pendidikan Al-Quran) di Sidomulyo Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 483–490. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.724

Munir, M., Syar’i, A., & Muslimah, M. (2021). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Tengah Arus Perkembangan Teknologi Digital. Prosiding Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1), 487–504.

Muslimah, Anwar, K., Ahmad, S., & Hafifah, W. (2024). Rationale and Formulation of the Featured Program of Hifdzul Qur’an at Junior High School. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(1), 100–120. https://doi.org/10.31538/tijie.v5i1.811

Muslimah, Musthofa, I., Yahya, M. D., Musthan, Z., & Wahyuni, A. (2022). Desain Pembelajaran Akhlak Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( Ctl ). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1149–1162.

Muslimah, Rahman, A., Hamdanah, Mazrur, & Tang, S. M. (2021). The Ways to Teach Children in Decision Making Based on Parents Educational Level. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(2), 198–207. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211055

Nasir, M., Erlinawati, E., & Muslimah, M. (2022). Membangun Kebersamaan Pendidikan Islam dalam Keluarga di Masa Pandemi Covid 19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Putri, E., & Husmidar, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.37251/jber.v2i1.132

Robiadi, R., & Muslimah, M. (2021). Memahami Pendekatan Ilmiah dalam Penelitian Pendidikan Agama Islam. Proceedings …, 1, 615–624. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/573

Sidiq, S. M., & Muslimah. (2024). Problematika Yang Dihadapi Guru di Sekolah Dalam Konteks Supervisi Pendidikan. Berajah Journal, 4(2).

Su’udi. (2022). Pembelajaran Konstruktivistik PAI dan Budi Pekerti Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter. PT Nasya Expanding Management.

Supaini, S. (2019). Guru Berkarakter: Antara Harapan dan Kenyataan. CV. Narasi Nara.

Suryanto, Jeniva, I., Muslimah, Matitale, V. T., Alberto, J. L., Arianti, S., Nurjanah, S., Sinaga, E. R., Tarigan, S. C., Venesa, Carolina, Esellina, Aprie, & Haliza, I. (2024). Pagelaran Seni Budaya Antar Etnis Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama. Rambideun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sya’bani, S. A. (2016). Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kerukunan Umat Beragama di SMAN 3 Mataram. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).

Syafrin, S., & Muslimah, M. (2021). Problematika Pembelajaran E-learning dimasa Pandemi Covid-19 bagi Santri Pondok Pesantren Al-Hasyimiyyah Kotawaringin Barat. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 10–15.

Syarnubi, S. (2019). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas Iv Di Sdn 2 Pengarayan. Tadrib, 5(1), 87–103. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3230

Tang S, M., Muslimah, M., & Riadi, A. (2020). The Concept of Multicultural Education in Al-Qur’an Surah Al-Hujarat Verse 11-13. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 8(2), 119–133. https://doi.org/10.21093/sy.v8i2.2558

Tang S, M., Muslimah, M., Riadi, A., & Mukmin, M. (2021). Implikasi Pedagogis Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 45-48 Mengenai Tugas dan Fungsi Guru Sebagai Pendidik. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 13.

Wahidah, Kiftiyah, K., & Muslimah. (2021). The Habitual Recitation of Reading Al-ma’tsurat in Forming Students’ Spiritual at SMP Muhammadiyah Sukamara (Pembiasaan Zikir Pagi Membaca Al-Ma’tsurat Dalam Membentuk Spiritual Peserta. Bulletin of Pedagogical Research, 1(2), 157. https://attractivejournal.com/index.php/bpr/index

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.

Zulfiyah, R. ‘Izzah, Ermawati, D., & Fardani, M. A. (2024). Karakter Resligius Siswa SD Melalui Nilai Gusjigang. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 09(01).




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v9i02.15672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fauzannur Fauzannur Fauzannur, Muslimah Muslimah Muslimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.