Wahdatul Ulum Concept in Forming 21st Century Leaders
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v10i01.15266Abstract
Keharmonisan antara ilmu pengetahuan (ulum) dan spiritualitas merupakan esensi dari konsep Wahdatul Ulum dalam membentuk pemimpin abad ke-21. Wahdatul Ulum menggabungkan pengetahuan rasional dengan pemahaman spiritual, menciptakan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas. Pemimpin yang terbentuk dari konsep ini memiliki pemahaman mendalam tentang ilmu pengetahuan modern serta kesadaran akan nilai-nilai spiritual dalam mengambil keputusan. Mereka memanfaatkan pengetahuan untuk kebaikan umat manusia secara keseluruhan, memimpin dengan bijaksana, adil, dan empati. Pemimpin yang diangkat pada konsep Wahdatul Ulum mampu mengatasi tantangan kompleks abad ke-21 dengan solusi yang holistik dan berkelanjutan, menciptakan masyarakat yang sejahtera dan beradab. Melalui sudut pandang literatur dan studi kasus, jurnal ini menggambarkan bagaimana Wahdatul Ulum dapat menghasilkan pemimpin yang visioner, berintegritas, dan berempati, yang mampu menghadapi tantangan kompleks era modern dengan solusi yang holistik dan berkelanjutan. Analisis dalam jurnal ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana konsep Wahdatul Ulum dapat menjadi landasan bagi terbentuknya pemimpin yang berdaya saing, beretika, dan berdampak positif dalam memimpin masyarakat abad ke-21.
Kata Kunci: Konsep, Wahdatul Ulum, dan Kepemimpinan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com