Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Berbasis Kurikulum Merdeka Terhadap Kompetensi Guru PAI dan Budi Pekerti

Nur Marhamah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) berbasis kurikulum merdeka terhadap kompetensi guru PAI dan Budi Pekerti di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex-post facto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan positivistik dan pendekatan pedagogi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAI dan Budi Pekerti di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng yang berjumlah 49 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis regresi linear sederhana pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 6,423 > nilai ttabel=1,677, dan nilai sig < 0,05. Kontribusi pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 46,7%, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) berbasis kurikulum merdeka terhadap kompetensi guru PAI dan Budi Pekerti di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Implikasi dari penelitian ini yaitu sebagai bahan masukan bagi semua guru, khususnya guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan kompetensinya melalui beberapa program pelatihan yang diadakan oleh KKG, baik itu melalui kegiatan seminar, workshop, maupun in-house training.


Keywords


Kelompok Kerja Guru (KKG), Kurikulum Merdeka, Kompetensi Guru PAI dan Budi Pekerti

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. (2014). Al-Qur’an dan Terjemahnya (Cet. XVII). CV. Darus Sunnah.

Dewi, A. V., Wibisono, M. Y., & Hernawan, W. (2022). Amanah dalam Pandangan Hadis: Studi Tahkrij, Syarah, dan Tematik. Gunung Djati Conference Series, 8, 918. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/654/458

Egok, A. S. (2019). Profesi Kependidikan. CV. Pilar Nusantara.

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. PT Bumi Aksara.

Hasibuan, H. (2016). Studi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Forum Paedagogik, 8(2), 16–17. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/571/

Kasnowo, K., & Hidayat, M. S. (2022). Penguatan Kompetensi SDM Guru melalui Kurikulum Merdeka di SDN Jatirejoyoso. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(3), 33–38. https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i3.251

Keputusan Menteri Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, (2022).

Kemendikbudristek. (2022). Surat Edaran No.2774/H.H1/KR.00.01/2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah Bab VI Pasal 16, Pub. L. No. 16 (2010). https://peraturan.bpk.go.id/Details/130781/peraturan-menag-no-16-tahun-2010

Mulyasa, E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. PT.Bumi Aksara.

Palettei, A. D., & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 53. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Bab IV Pasal 8, Pub. L. No. 14 (2005). https://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

Santosa. (2022). Fenomena Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pemanfaatan Digitalisasi di Era 5.0. Jurnal Ekonomi Teknologi & Bisnis ( JETBIS ), 1(2), 85–94. https://jetbis.al-makkipublisher.com/index.php/al/article/view/12/41

Shihab, Q. (2012). Al-Lubab: Makna, Tujuan dan Pelajaran dari Surah-surah al-Qur’an. Lentera Hati.

Sudjana, N. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2009). Statistik untuk Penelitian (Cet. XIV). Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi: dilengkapi dengan Metode R&D (Cet. XXII). Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Winata, I. R. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru: Aktualisasi Keilmuan Melalui KKG. Jejak Pustaka.

Yumawan, R. L., & Anwar, C. (2022). Profesionalisme Guru Menurut Persfektif Al Quran dan Al Hadist. Basha’ir: Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir, 2(1), 32. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bashair/article/




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v9i02.15056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Marhamah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.