Studi Korelasi Chatgpt Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Devis Naenggola, Albertos Albertos, Noperta Noperta

Abstract


Perkembangan teknologi semakin meningkat seperti teknologi yang biasa dipakai dalam dunia pendidikan yaitu chatGPT. ChatGPT memiliki dampak positif dan negatifnya namun tergantung bagaimana siswa memanfaatkannya dalam dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh chatGPT terhadap prestasi akademik mahasiswa PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan analisis data. Data diambil dari pengisian kuesioner yang diisi oleh mahasiswa PAI yaitu sebanyak 30 orang. Hasil analisis tes normalitas nilai berdasarkan uji kolmogorov-smirnov untuk data penggunan chatGPT normal, karena dilihat dari nilai signya (0,20) lebih besar dari (0,05) dan uji shapiro-wilk nilai sig nya (0,62) lebih besar dari (0,05), sedangkan data untuk prestasi belajar siswa tidak normal, itu dapat dilihat dari uji kolmogorov-smirnov nilai sig nya (0,03) lebih kecil dari (0,05) dan uji shapiro-wilk nilai sig nya (0,005) lebih kecil dari (0,05) Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan chatGPT pada siswa PAI tidak mempengaruhi prestasi akademiknya, karena chatGPT ini baru dikenal oleh siswa PAI sehingga tidak terlalu banyak siswa PAI yang mengenalinya maupun memanfaatkannya. Jadi sebagian siswa PAI tidak terlalu menggunakan chatGPT dalam proses pembelajaran namun ada sebagian siswa memanfaatkan chatGPT untuk mengerjakan tugas mereka.


Keywords


ChatGPT; Indek Prestasi Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


’amala, Y. T., Reditya, M. V. E., & Intan, sari nabila. (2023). Refleksi Mahasiswa dalam Berkeadaban Digital melalui ChatGPT Pendahuluan Perkembangan zaman yang semakin maju membuat setiap orang harus mampu mengikuti dan menguasai berbagai bentuk teknologi . Salah satunya yakni Society 5 . 0 yang bertujuan untuk mempe. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(2), 109–128. https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.3798

Ahyat, N. (2017). metode pembelajaran pendidikan agama islam. Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31. https://doi.org/https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5

Arochma, N., Elwis Ghaitza Purnaningsih, Nilam Kumallah Anggreani, & Asif Faroqi. (2023). Analisis Etika Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Ketidaketisan Penggunaan Chatgpt Oleh Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 508–515. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.404

Fatin, D. F., dinda tasya Saputri, andi aprilia, & Putra, viratama ika. (2024). DAMPAK DARI CHAT GPT BIOTEKNOLOGI. Jurnal Pendidkan Dan Pengajaran, 2(2), 13–20. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i2.818

Fitriya, & Lukmawati. (2016). Psikologi Kepribadian Teori dan Penelitian. Psikis Jurnal Psikologi Islam, 2(1), 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/psikis.v2i1.1058

Handoyo, E. R., Handoyo, E. R., Sugiarto, J., Lolo, A., & Chai, K. (2023). Identifikasi Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Kemampuan Berfikir Mahasiswa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Prodi Sistem Informasi Angkatan 2021. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 342–352. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7241

Hidayanti, W., & Azmiyanti, R. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi : Literature Review. Prosiding Senapan, 3(1), 83–91. https://doi.org/https://senapan.upnjatim.ac.id/index.php/senapan/article/view/288

Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). Persepsi Mahasiswa Ftik Iain Kerinci Terhadap Penggunaan Chatgpt Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13, 1–10. https://doi.org/10.23887

Misnawati. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 54–67. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.221

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. (2023). Pemanfaatan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25. https://doi.org/10.32511/flash.v9i1.1069

Ratnawati, O. A., Artuti, E., & Pancarita, P. (2023). Proses Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Menggunakan Kerangka Kerja Teori Mason Berbantuan ChatGPT Pada Analisis Real II. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 61–68. https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1814

Risnina, N. nindya permatasari, septica tiara indah nurulhusna, aliyya zahra, Anjelita, mushen febina, & wulaningtyas, cahya rakhmawati, nur aini. (2023). Pengaruh ChatGPT Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 119–132. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2364

Romah, Padli, F., Azizah, H. A., & Istiqomah, N. (2023). Peran ChatGPT dalam Pengalaman Belajar Mahasiswa di. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1127–1132.

Sahabuddin, A. (2023). ChatGPT: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus : Mahasiswa ITBM Polman di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i1.63

Saraswati, A. R., Karmina, V. A., Efendi, M. P., Candrakanti, Z., Rakhmawati, N. A., Informasi, S., Elektro, T., & Cerdas, I. (2023). Analisis Pengaruh ChatGPT Terhadap Tingkat Kemalasan Berpikir Mahasiswa ITS Dalam Proses Pengerjaan Tugas. Bahasa Dan Budaya, 2(4), 40–48.

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248

Vinika Vidia Putri, Iswatul Khasanah, S. S. (2023). Perspektif Mahasiswa Pendidikan Matematika UNISMA 2023 terhadap Penggunaan Artificial Intelligence (AI) ChatGPT dalam Penyusunan Seminar Proposal 1. Jurnal Pembelajaran,Riset,Dan Inovasi Matematika, 1, 1–13. https://doi.org/http://j-prima.pps.unisma.ac.id/index.php/J-PRIMA/article/view/7

Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., Ilham, S. R., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan Peluang Penggunaan Aplikasi Chat GPT Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Berbasis Dimensi 5.0. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 69–76. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4226




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v9i02.14361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Devis Naenggola, Devis Naenggola

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.